in: Graphics Card - Highlights | July 1, 2020 | by: Friska Suryawinata

Menjajal GeForce GTX 1650 GDDR6: GTA V 100 FPS Hanya Sekitar 100W?

Salah satu hal yang kerap menjadi pertanyaan untuk tim Jagat Review adalah bagaimana caranya untuk bisa merakit PC gaming yang mantap dengan bergantung kepada performanya. Tapi tidak sedikit juga yang menginginkan peracikan PC gaming dengan konsumsi daya lebih efisien dan hemat.

Untuk pembahasan kali ini, kami akan mencoba merakit PC gaming hemat daya dengan komponen berdaya rendah terutama di GPU, performa masih mumpuni untuk bermain game AAA kualitas 1080p, menggunakan GPU bukan IGP, dan cost masih terjaga.

Kenapa Konsumsi Daya Penting?

Ketika berbicara tentang PC gaming, terutama jika melihat dari aspek GPU atau graphics card, ada dua hal yang umumnya menjadi fokus utama: performa dan konsumsi daya. Tapi menurut kami di tim Jagat Review, ada satu hal lagi yang sebenarnya juga tidak kalah penting untuk dibahas, yaitu Performance per Watt, atau mudahnya power efficiency.

Komponen yang didesain untuk berjalan di performa tinggi, umumnya akan membutuhkan daya yang juga tidak kalah tingginya. Hal ini juga berlaku kebalikannya di mana komponen yang berjalan di performa rendah, daya yang digunakannya juga akan rendah. Yang menjadi pertimbangan di sini adalah bagaimana caranya untuk bisa menjalankan performa yang tinggi, namun dengan diimbangi bersama konsumsi daya yang rendah.

Mengapa demikian? Salah satu alasannya bukan hanya untuk menghemat tagihan listrik saja, tetapi bagaimana konsumsi daya rendah ini kemudian berhubungan sangat erat dengan panas yang perlu dibuang oleh perangkat. Hal inilah yang kemudian disebut sebagai Thermal Design Power, di mana TDP ini merupakan rating yang dibutuhkan untuk memperkirakan pendinginan yang dibutuhkan oleh komponen tertentu. TDP ini bukan angka pasti, tetapi sebagai bantuan untuk memperkirakan apakah kalibrasi sensor power dari sebuah komponen modern ini sesuai dengan limitasi TDP atau tidak. Berdasarkan dari pengertian tersebut, artinya GPU dengan rating TDP yang tinggi, umumnya akan cenderung memiliki panas lebih tinggi juga. Sementara komponen dengan TDP rendah bisa karena adanya form factor tertentu seperti misalnya cooling lebih kecil, atau regulator daya lebih ringkas.

Dalam pembahasan kali ini, tujuan kita adalah untuk mencapai power efficiency dengan mencari komponen TDP rendah tetapi masih memiliki performa yang memadai. Salah satu GPU yang akan kami bahas merujuk pada pembahasan efisiensi daya ini adalah GPU Inno3D GeForce GTX 1650 GDDR6 Compact.

Inno3D GeForce GTX 1650 GDDR6 Compact

Dari seluruh GPU yang hadir hingga saat ini, GTX 1650 merupakan GPU yang memiliki rating TDP rendah dan memiliki efisiensi daya yang baik, di mana hal ini bisa optimal jika TDP berada di range kecil.

Untuk Inno3D GeForce GTX 1650 GDDR6 Compact ini sendiri dipilih karena berbagai hal lainnya, seperti card yang mungil atau compact dengan dimensi 160 x 116 mm 2-slot dan single fan sekitar 9 cm, cocok untuk digunakan di Mini-ITX sekalipun. Slot output yang dimiliki terdiri dari 2x Display Port dan 1x HDMI, tanpa memiliki 6-pin power serta memiliki rating TDP maksimal 75W.

 

Seri GTX 1650 bukanlah GPU baru, di mana tipe ini telah dirilis pada tahun 2019 lalu. Tapi jika melihat dari informasi GPU-Z, GTX 1650 merupakan GPU dengan Turing paling kecil dengan kode nama TU117, dilengkapi Shader Unit 896. GTX 1650 ini dilengkapi dengan memory 4 GB dengan Bus Width 128 bit. Sebelumnya, GTX 1650 hadir dengan GDDR5, setelah akhirnya mendapatkan peningkatan ke GDDR6.

Boost Clock dari GTX 1650 GDDR6 sendiri sebenarnya lebih rendah dibandingkan dengan GTX 1650 GDDR5, dengan rated Boost berada di angka 1590Mhz. Tapi tentu saja, Boost Clock secara actual akan memiliki skor lebih tinggi. Dengan pengujian 3DMark Fire Strike Stress Test yang kami lakukan terhadap Inno3D GeForce GTX 1650 GDDR6 Compact ini memperlihatkan bahwa Boost Clock berada di angka kisaran 1620-1740 Mhz dengan rata-rata di 1686 Mhz.

GTX 1650 GDDR6 ini mungkin tidak familiar untuk pengguna PC desktop, tetapi lebih sering digunakan untuk laptop gaming dengan ukuran tipis. Dengan banyak digunakan untuk laptop gaming, maka GTX 1650 GDDR6 ini seharusnya memiliki efisiensi daya yang baik untuk bisa bekerja optimal di range low power up to 75W.

Apakah GTX 1650 GDDR6 ini cocok untuk dirakit bersama komponen lain untuk menghasilkan Pc hemat daya? Kita simak pembahasan selanjutnya, yaitu uji performanya.

Testbed

Dalam mengukur performa dari GTX 1650, dalam pembahasan ini, kami menggunakan Inno3D GeForce GTX 1650 GDDR6 Compact, adapun testbed yang kami gunakan terdiri dari:

  • Ryzen 3 3300X Turbo Disable, 45W
  • Chipset AMD B350 Micro ATX
  • 2x8GB DDR4-3200CL16
  • 256GB SATA SSD
  • PSU 450W

Menggunakan testbed di atas, kami bisa mendapatkan Idle Power dari PC rakitan ini berada di angka 40W. Sayangnya, kami tidak memiliki Mini ITX maupun PSU yang lebih kecil dari 450W untuk pengujian kali ini.

Selain menggunakan Inno3D, kami juga menggunakan GPU lain yang bisa menjadi pertimbangan untuk PC dengan konsumsi daya di bawah 150W sebagai berikut:

GTX 1050 Ti 4GB GDDR5

GTX 1650 GDDR5 4GB

GTX 1060 6GB

Untuk melihat seperti apa efisiensi daya yang dimiliki oleh seluruh GPU tersebut, kami mencoba untuk membandingkan hasil skor untuk 3DMark Fire Strike Graphics dengan Total System Power yang bisa dilihat lewat tabel di bawah ini.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES