in: News | July 3, 2020 | by: Dian Syarifuddin

Samsung Resmi Luncurkan SSD SATA 870 QVO

Samsung yang merupakan salah satu produsen ternama dunia di ranah pasar SSD (Solid State Drive), belum lama ini meluncurkan SSD SATA terbaru yaitu 870 QVO. Bagi Anda yang mengamati perkembangan SSD, tentunya tahu bahwa SSD ini merupakan generasi kedua dari SSD SATA Samsung sebelumnya, yakni 860 QVO yang diluncurkan pada Desember 2018 silam.

Sebagai generasi penerus dari sebelumnya, Samsung 870 QVO tentu saja kembali hadir dengan mengandalkan chip QLC NAND (Quad-Level Cell) serta dengan form factor 2.5″ interface SATA. Namun untuk 870 QVO ini, Samsung mencoba menyediakan dengan varian kapasitas yang lebih lapang lagi hingga 8 TB.

Dr. Mike Mang, selaku President of the Memory Brand Product Biz Team dari Samsung Electronics, mengutarakan bahwa Samsung 870 QVO akan memungkinkan para konsumen untuk lebih menikmati lagi sebuah media penyimpanan dengan kapasitas yang jauh lebih besar namun memiliki performa yang lebih baik dibanding HDD.

Kini kami menyajikan kapasitas 2 kali lipat (8 TB) pada 870 QVO ini dibanding generasi pertamanya dan tentu saja SSD ini telah ditingkatkan kinerja dan juga keandalannya“, Ujar Dr. Mike Mang, sebagaimana berita yang kami kutip dari Tech Power Up.

Mengenai spesifikasinya, Samsung 870 QVO mengandalkan controller buatan sendiri, Samsung MKX yang dipadankan dengan NAND Samsung 1Tbit 92L 3D QLC. SSD ini diklaim menawarkan kecepatan sequential Read/Write mencapai 560 MB/s dan 530 MB/s. Samsung mengklaim bahwa 870 QVO ini sangat bisa diandalkan pengguna harian pada PC mereka.

Samsung juga memberikan software pendukung berupa Samsung Magician 6 Software untuk memantau kondisi SSD serta Data Migration yang dapat digunakan untuk cloning SSD. Samsung 870 QVO ini tersedia dalam 4 pilihan kapasitas, mulai dari 1 TB, 2 TB, 4 TB dan 8 TB. Harga yang ditawarkannya mulai dari USD 129.99 untuk yang kapasitas 1 TB.

Tags:

Share This: