in: Networking | July 20, 2020 | by: Friska Suryawinata

(VIDEO) Perangkat BARDI: Solusi Smart Home Cerdas dan Terjangkau

Mungkin ada dari Anda para pembaca yang belum pernah mendengar atau kurang familiar dengan brand “BARDI”. Brand ini sendiri merupakan brand lokal dari Indonesia yang mengkhususkan diri untuk menjual perangkat pendukung dan solusi Smart Home.

BARDI Smart Home ini berjalan dengan dukungan platform AI+IoT dari Tuya, di mana Tuya sendiri merupakan platform yang banyak digunakan oleh produk smart home dari berbagai jenis brand lainnya di dunia. Platform Tuya ini sendiri bisa dikatakan sebagai salah satu platform untuk smart home yang paling terdepan saat ini.

Kali ini, mari kita mengenal lebih jauh tentang solusi Smart Home dari brand lokal kita, BARDI.

Ragam Produk BARDI Smart Home

Smart Bulb

Produk ini merupakan lampu pintar yang bisa dikontrol melalui aplikasi untuk menyala atau mati, brightness, serta warnanya. Semua Smart Bulb dari BARDI Smart Home menggunakan ulit E27, di mana ulir ini adalah yang paling umum digunakan di Indonesia. Varian Smart Bulb dari BARDI Smart Home terdiri dari:

  • 9W Dim CCT
  • 7W RGBW
  • 9W RGBWW
  • 12W RGBWW

IR Remote

Produk ini merupakan pemancar infra red pintar, di mana fungsinya bisa menggantikan remote control elektronik rumahan. IR Remote bisa digunakan untuk kontrol perangkat elektronik daam rumah saat kita berada di luar rumah (misalnya, untuk AC). Remote ini juga bisa digunakan untuk mengontrol beberapa perangkat sekaligus, selama masih berada di jangkauan atau line-of-sight dengan sudut penggunaan 360 derajat. Varian dari IR Remote dari BARDI Smart Home terdiri dari:

  • 8M – BLK: jangkauan 8 meter
  • 10M – BLK: jangkauan 10 meter

Portable Plug

Plug listrik pintar dari BARDI ini bisa dipasang ke wall socket dan dikontrol on/off melalui aplikasi. Portable plug ini dapat menjadi opsi untuk pengaturan on/off perangkat yang tidak bisa dikontrol melalui remote infra red (misalnya, dispenser air panas, coffee maker, dll). Kapasitasnya sebesar 16 Ampere, tipe plug EU dengan tersedia child safety yang berbentu penutup lubang plug sehingga tidak mudah dicolok oleh anak kecil, serta terdapat fitur pemantauan penggunaan daya listrik secara real-time.

Smart Wall Socket

Fungsi utamanya hampir mirip dengan Portable Plug milik BARDI, namun Smart Wall Socket perlu dipasang untuk menggantikan wall socket tradisional yang sudah terpasang di dinding lebih dulu. Smart Wall Socket ini mungkin akan lebih cocok ketika dipasang saat rumah yang tengah direnovasi atau sejenisnya. Smart Wall Socket ini terdapat opsi plug EU (kapasitas 16A) atau dengan adaptor universal (kapasitas 13A).

Extension Power Strip

Fungsi dar Extension Power Strip ini juga mirip dengan Portable Plug, tetapi perangkat ini membutuhkan lebih dari satu soket listrik yang bisa diatur on/off dari jauh menggunakan aplikasi. Extension Power Strip memiliki 4 plug EU dan 3 port USB 5V/2.1A, dan setiap port/plug yang ada pada extension dapat diatur on/off secara terpisah.

Light Wall Switch

Saklar pintar dari BARDI Smart Home ini dapat diatur on/off dari jauh melalui aplikasi. Switch ini juga bisa digunakan untuk mengontrol lampu non-smart bulb yang ada di rumah, atau apapun yang membutuhkan saklar yang dapat dikontrol dari jarak jauh. Switch ini memiliki permukaan kaca, dnegan aktivasi menggunakan sentuhan pada permukaan kaca di tempat “tombol” berada. Switch ini hanya memiliki opsi On/Off saja, dengan memiliki daya hingga 800 W per switch.

Door Lock DL

Perangkat berupa smart door lock ini dapat dibuka dan ditutup melalui aplikasi, di mana juga mendukung penguncian menggunakan RFID, PIN, fingerprint, serta kunci tradisional. Smart door lock ini dilengkapi dengan baterai, sehingga tidak membutuhkan kabel daya listrik dari luar. Baterai pada smart door lock ini mampu bertahan hingga 6 bulan pemakaian untuk buka atau tutup pintu kurang lebih 10 kali dalam sehari, serta sudah bersertifikasi IP54 splash proof.

IP Camera

Perangkat ini merupakan network camera dengan fitur audio dua arah. Pemantauan dari IP Camera ini bisa dilakukan secara jarak jauh melalui internet. Kamera ini juga mendukung fitur Night Vision untuk penggunaan di tempat gelap, serta terdapat fitur notifikasi otomatis ketika mendeteksi terdapat pergerakan di waktu dan area tertentu. IP Camera dari BARDI ini memiliki slot Micro SD dengan dukungan kapasitas maksimal hingga 128 GB untuk perekaman video.

Sistem RGB Lightning

Sistem ini terdiri dari LED strip dan adaptor, di mana bisa digunakan untuk tata cahaya ruangan dengan kontrol mati/nyala, brightness, serta warna melalui aplikasi. Satu LED Strip memiliki panjang 2 meter, dengan brightness di kisaran 50 lumens hingga 350 lumens. Opsi 16 juta warna juga ditawarkan lewat LED Strip tersebut, atau juga terdapat warna putih dengan range warm white (2700K) hingga cool white (6500K). LED Strip ini bisa dihubungkan juga ke LED Strip yang laagar panjang yang diinginkan bisa tercapai. Kontrol dari LED Strip ini ada di unit adaptor, dengan opsi terdiri dari:

  • Adaptor 1A RGBWW: mendukung LED Strip hingga panjang 4 meter.
  • Adaptor 4A RGBWW: mendukung LED Strip hingga panjang 12 meter.

Selain sejumlah produk yang disebutkan di atas, BARDI sendiri masih memiliki beragam produk pendukung Smart Home lainnya, seperti produk untuk keamanan rumah (door sensor dan sirine), hewan peliharaan (feeder dan water fountain), serta robot vacuum.

Penggunaan Produk BARDI Smart Home

Untuk bisa menggunakan produk dari BARDI Smart Home, menggunakan satu aplikasi saja untuk bisa mengontrol semua produk dari BARDI Smart Home, di mana aplikasi ini bisa ditemukan melalui Google Play Store dan Apple App Store. Seluruh produk dari BARDI ini mendukung Wi-Fi 2.4 GHz, jadi pengguna butuh memastikan terdapat jaringan Wi-Fi 2.4 GHz yang mampu menjangkau posisi pemasangan produk-produk tersebut.

Setup awal untuk produknya tergolong mudah, karena BARDI menyediakan quick guide untuk pemasangan dan setup awal produk-produk mereka di dalam kemasan paket penjualannya. Pengguna hanya perlu mengikuti panduan tersebut, dan produk pun dapat digunakan dengan baik dan benar. Buku manualnya sendiri sudah tersedia dalam bahasa Indonesia, di mana akan lebih memudahkan untuk pengguna lokal di Tanah Air. Selain itu, Kontrol produk dari BARDI Smart Home ini secara umum mudah dilakukan, baik dari jaringan lokal maupun melalui internet. BARDI Smart Home ini juga kompatibel dengan Amazon Alexa, Google Assistant, serta Apple Siri.

Untuk mengetahui lebih lengkap tentang produk BARDI Smart Home, bisa disimak lewat video berikut ini:

Tags:

Share This: