in: News | August 7, 2020 | by: Irham

ASUS Siapkan Monitor Gaming dengan Interface HDMI 2.1

Asus digadang-gadang akan meluncurkan monitor gaming terbaru, dimana monitor ini akan menjadi yang pertama memiliki fitur konektor HDMI 2.1. HDMI 2.1 disebut-sebut sebagai standar interface terbaru, yang akan digunakan di berbagai perangkat teknologi di waktu mendatang.

Setidaknya ASUS akan meluncurkan tiga ukuran untuk monitor terbarunya ini, yaitu 43 inci, 27 inci dan 32 inci. Meski belum mengumumkan secara detail mengenai produk ini, namun ASUS membocorkan bahwa monitor gaming ini memiliki resolusi 4K (3840x2160p) dengan refresh rate sebesar 120Hz.

Monitor gaming ASUS ROG HDMI 2.1

Allion Labs, salah satu perusahaan terkemuka yang berspesialisasi dalam pengujian produk, memastikan bahwa monitor Asus dapat memberikan bandwidth 48Gbps penuh melalui serangkaian tes Fixed Rate Link (FRL) yang ketat, termasuk FRL Electrical, FRL Pixel Decoding dan FRL Protocol.

Baca Juga: Spesifikasi PC untuk Project Cars 3

ROG ASUS HDMI 2.1 Monitor

“ROG adalah mitra pertama yang menyediakan monitor gaming HDMI 2.1 untuk sertifikasi. Sebagai laboratorium pengujian terkemuka di dunia, misi kami adalah memastikan produk atau layanan sebelum diluncurkan. Kami sangat senang menjadi bagian dari kesuksesan ROG dan monitor gaming yang inovatif ini, ”kata Brian Shih, Wakil Presiden Konsultasi Validasi Logo & HW di Allion Labs.

Monitor gaming dengan konektor HDMI 2.1  dari ASUS ini diperkirakan akan tersedia pada akhir tahun 2020 mendatang. Sayangnya ASUS belum memberikan tanggal rilis spesifik serta harga yang akan ditawarkan.

HDMI 2.1, Standar Baru Interface Audio/Video Berkecepatan Tinggi

HDMI 2.1 sendiri baru ada pada konsol game Playstation 5 dan juga XBox Series X, yang mana kedua perangkat tersebut juga telah memiliki dukungan visual 4K. Sementara produsen kartu grafis seperti Nvidia dan AMD juga dikabarkan tengah mempersiapkan produk terbaru dengan dukungan interface tersebut.

HDMI 2.1 Perbandingan Bandwith

Peningkatan yang ditawarkan HDMI 2.1 sangat signifikan dibandingkan dengan generasi sebelumnya yaitu HDMI 2.0. Kapasitas bandwith yang ditawarkan yaitu mencapai 48Gbps, sementara pada HDMI 2.0 hanya sebesar 18Gbps.

Baca Juga: Review ASUS ROG Zephyrus Duo 15 GX550: Laptop Content Creator “Kelas Sultan”!

HDMI 2.1 juga mendukung tampilan video dengan resolusi yang lebih tinggi yaitu mencapai 10K, 8K@60FPS atau 4K@120FPS. Dengan dukungan tersebut, pastinya akan meningkatkan pengalaman visual.

Terutama bagi para gamers, kini mereka dapat memainkan game dengan kualitas grafis tinggi di refresh rate serta resolusi yang tinggi. Selain itu latency yang dihadirkan jauh lebih rendah dengan teknologi yang disebut Quick Frame transport.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES