in: News | August 11, 2020 | by: Irham

Huawei Garap PC dengan Prosesor Sendiri, Performa Saingi Intel Core i9 Coffee Lake

Huawei dikabarkan tengah menyiapkan produk PC Desktop, dimana perangkat ini memiliki nama Pangu. Adapun produk PC ini dipersiapkan oleh Huawei untuk pasar domestik di China.

Yang menarik, PC Desktop ini akan menghadirkan prosesor besutan Huawei sendiri yaitu Kunpeng 920 atau dikenal juga sebagai Hi1620. Dalam sebuah laporan di media IT lokal di China, menyebutkan kalau performa dari prosesor ini mampu menyaingi prosesor Intel Core i9-9900K Coffee Lake.

Baca Juga: Review Huawei MateBook D 14: Laptop AMD yang Sangat Optimal, Layak Dicontoh!

Huawei Pangu PC Kunpeng 920

Kunpeng 920, digarap dengan basis mikroarsitektur Arm Neoverse N1 (codename Ares), dengan menawarkan konfigurasi inti 24 hingga 64 core, berjalan dengan clockspeed antara 2,4 GHz dan 3 GHz.

Prosesor ini diproduksi oleh TSMC dengan fabrikasi 7nm, sebelum akhirnya TSMC harus memutus semua hubungan dengan raksasa teknologi asal China tersebut, yang disebabkan oleh peraturan dari AS.

Baca Juga: Tamat, Huawei Mate 40 Bakal Jadi yang Terakhir Pakai SoC Kirin

Pada produk PC Desktop Pangu, Huawei akan memasangkan prosesor Kunpeng 920 ini dengan memori SO-DIMM 8 GB, SSD Samsung 512 GB, dan kartu grafis seluler AMD Radeon 520. Pangu hadir dengan monitor 23,8 inci dengan resolusi 1920 x 1080 dan color gamut 70% NTSC.

Huawei Pangu PC Kunpeng 920

Sayangnya PC Desktop ini tidak dapat diperluas, karena prosesor Kunpeng 920 ini disolder langsung ke motherboard, dan untuk aspek seperti memori dan kartu grafisnya juga tidak mendukung komponen lain.

Bahkan untuk sistem operasinya,PC Desktop ini bakal menggunakan UOS (Unified Operating System), yaitu OS buatan China. Pengguna tidak bisa menginstal OS lain seperti Windows, karena perangkat ini memang dikhususkan di pasar China.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES