in: News | August 22, 2020 | by: Friska Suryawinata

Microsoft akan “Matikan” Layanan Internet Explorer Tahun 2021

Sudah menjadi bahan “bercanda” ketika seseorang berbicara tentang bagaimana mereka menggunakan browser bawaan Microsoft, Internet Explorer, yang dipakai untuk mengunduh aplikasi browser lain yang mereka inginkan.

Namun demikian, harus diakui bahwa Internet Explorer sendiri merupakan salah satu browser “tertua” yang pernah dimiliki oleh Microsoft hingga saat ini, sebelum kemudian Microsoft memperkenalkan “Edge” yang merupakan versi jauh lebih baru dari Internet Explorer yang kini berbasis Chromium. Dengan kehadiran “Edge” yang kini lebih bertenaga tersebut, bukan hal yang aneh bagi Microsoft untuk kemudian memutuskan menutup layanan Internet Explorer mulai tahun 2021 mendatang.

Microsoft menyebutkan, dilansir dari Indian Express, bahwa penutupan layanan Internet Explorer ini akan 17 Agustus 2021, dengan pihaknya akan melakukan update terhadap Microsoft Edge pada 9 Maret 2021 sehingga Edge di masa mendatang tidak akan memiliki “legacy” dari Internet Explorer dan sama sekali baru.

Sejauh ini, Microsoft memang “gencar” untuk membuat para pengguna Windows 10 untuk memakai browser Edge dengan basis Chromium tersebut, yang harus diakui memang lebih ringan dan mirip seperti menggunakan Chrome biasa. Edge yang diperkenalkan pertama kali di tahun 2015 ini memiliki beragam peningkatan, baik dari segi performa maupun tampilan utamanya. Namun karena masih dianggap “baru”, Internet Explorer kerap masih menjadi browser yang digunakan demi “solusi kompabilitas” ketimbang sebagai browser internet.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES