in: News | August 10, 2020 | by: Irham

Nikon Rilis Aplikasi, Ubah Kamera DSLR/Mirrorless Jadi Webcam

Dengan meningkatnya kebutuhan pengguna akan kamera untuk kebutuhan video conference saat ini, beberapa brand kamera profesional merilis fitur aplikasi yang memungkinkan pengguna untuk mengubah kamera DSLR atau Mirrorless mereka menjadi kamera webcam.

Setelah Canon dan Fujifilm, kini giliran Nikon yang merilis software dengan fitur serupa. Aplikasi tersebut yaitu Nikon Webcam Utility. Dengan aplikasi ini pengguna bisa langsung menyambungkan perangkat kamera DSLR atau Mirrorless Nikon mereka ke komputer untuk dijadikan sebagai webcam.

Nikon Webcam Utility

Aplikasi ini tersedia secara gratis dan dapat diunduh oleh pengguna Nikon dengan cuma-cuma melalui situs resmi Nikon. Namun Nikon Webcam Utility ini masih dalam versi Beta (versi 0.9.0), dan baru tersedia untuk pengguna PC berbasis Windows.

Dengan aplikasi ini, pengguna juga tidak perlu lagi menggunakan perangkat capture card, cukup menghubungkannya menggunakan konektor USB maka perangkat kamera langsung bisa digunakan sebagai webcam.

Nantinya pengguna tinggal memilih platform output yang digunakan, apakah aplikasi video conference seperti Zoom, Google Meets, dan Microsoft Team, atau menggunakan platfrom live streaming seperti Youtube, Twitch dan Facebook.

Adapun perangkat kamera Nikon yang mendukung fitur aplikasi ini antara lain yaitu DSLR dengan seri Nikon D6, D850, D780, D500, D7500, dan D5600, serta semua line up kamera Mirrorless Nikon.

Nikon juga berencana akan segera meluncurkan aplikasi Webcam Utility ini pada platform MacOS. Untuk informasi mengenai penggunaanya, dapat diakses langsung melalui situs resmi Nikon.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES