in: Display | August 19, 2020 | by: Irham

Review Cooca S6G Pro: Smart TV 4K Android 10 55″ Murah Terbaik

Saat ini produk smart TV bukan lagi barang elektronik yang sangat canggih, mengingat perangkat dengan kategori tersebut sudah banyak dijumpai dipasaran, dan juga sudah banyak digunakan oleh konsumen saat ini.

Namun ditengah maraknya produk Smart TV yang beredar di pasaran, tidak semua smart TV bisa dikatakan sebagai yang terbaik. Tentunya kita butuh kriteria khusus, bagaimana produk smart TV yang dapat disebut sebagai yang terbaik, dari segi harga dan fitur yang ditawarkan.

Kami memiliki beberapa wish list berikut ini, yang setidaknya bisa menjadi acuan seperti apa produk smart TV yang canggih untuk saat ini. Diantaranya yaitu :

  • OS yang handal, tak hanya sekedar sarana hiburan namun mengijinkan perkembangan penggunaan
  • Navigasi menu yang responsive
  • Performa yang cukup memadai, semisal menjalankan game yang terinstal didalamnya.
  • Memiliki fitur canggih seperti Voice Command dan sebagainya
  • Konektivitas yang lengkap, baik dengan kabel maupun nirkabel
  • Layar beresolusi tinggi (4K,HDR)
  • Speaker yang mencukupi, bukan sekedar ada
  • Dapat menangkap saluran TV biasa (tanpa Internet) dan TV Digital Indonesia (DVB-T2)

Coocaa baru-baru ini meluncurkan produk smart TV terbaru mereka yaitu Coocaa S6G Pro. Perangkat ini memiliki ukuran 55 inci, dengan beragam fitur yang ditawarkan yang nampaknya cukup memadai untuk menjawab kriteria yang kami sebutkan diatas, juga dengan harga yang terjangkau

Produk tersebut telah hadir di meja pengujian Jagat Review, dan telah kami uji secara langsung untuk membuktikan klaim yang ditawarkan. Simak ulasan lengkapnya berikut ini!.

Desain

Coocaa S6G Pro memiliki tampilan yang cukup mewah dengan mengusung desain Ultra-thin Infinity Screen, dimana perangkat ini datang dengan bezel yang sangat tipis. Meski bukan yang paling tipis di industri smartTV saat ini, tapi bisa dibilang untuk kelas harga yang ditawarkan, smart TV memiliki bezel yang lebih tipis dibandingkan para rivalnya.

Sekedar informasi, perangkat yang kami uji ini yaitu dengan panel berukuran 55 inci dengan resolusi 4K, yang dibanderol dengan harga Rp 5 jutaan. Di seri ini yaitu S6G Pro, Coocaa memiliki beberapa line up produk mulai dari harga Rp 4 juta hingga 9 juta.

Perubahan yang cukup kami suka di smart TV Coocaa ini dibandingkan produk-produk sebelumnya yaitu kini S6G Pro memiliki frame berwarna hitam. Ini membuat pandangan kita tidak lagi terdistraksi pada frame saat menyaksikan konten pada layar.

Pada bagian tengah bawah terdapat lampu indikator TV, dan tidak banyak hal lain yang ditampilkan. Seperti kebanyakan TV lainnya yang memiliki tampilan minimalis, semua kontrol lebih banyak disematkan pada perangkat remote.

Beralih ke bagian belakang, di sisi kanan bawah terdapat tombol joystik 5 arah untuk pengaturan fungsi. Joystik ini bisa digunakan untuk melakukan pengaturan jika sewaktu-waktu anda tidak menemukan remote atau semisal kehabisan baterai.

Lalu di bagian tengah kanan, terdaat beberapa konektor interface yang bersusun dari atas ke bawah diantaranya yaitu Konektor AV, Konektor kabel antena, 2x USB port, 3x HDMI, 1 digital output dan Port ethernet. Sementara itu di bagian tengah kiri hanya terdapat port untuk kabel power.

Paket Penjualan

Di dalam paket penjualannya, selain unit TV Coocaa menyediakan beberapa atribut yang cukup umum tersedia pada perangkat TV yaitu diantaranya remote, baterai AA, 2 stand beserta murnya, kabel power, dan kabel AV.

Ya, meski tidak ada bracket punggung dalam paket penjualan, pemasangan di dinding tetap bisa dilakukan dengan penambahan aksesoris.

Spesifikasi dan Fitur

Untuk mesin utamanya, Cooca S6G Pro dibekali dengan prosesor Quad Core ARM Cortex A53 1,5 GHz dan dilengkapi GPU Mali G52. Dengan dapur pacu tersebut, smart TV ini akan memberikan pengalaman penggunaan yang mulus dan lancar.

Coocaa S6G Pro juga dibekali dengan chip Chameleon Extreme 2.0. Chip ini menyuguhkan AiPQ Image Quality Adjustment dan Pure HDR dengan kemampuan decoding hingga  HDR 10. Selain itu S6G Pro bahkan mendukung video codec standard AV1, yang bisa meningkatkan compression rate lebih tinggi dan menghemat penggunaan bandwidth.

Bersama dengan chip pengolah grafis tersebut, smart TV ini juga memiliki media penyimpanan sebesar 32GB dan RAM berkapasitas 2GB. 32GB bisa dianggap sangat besar untuk sebuah SmartTV. Bahkan, RAM 2GB-nya bisa dikatakan salah satu yang terbesar yang tersedia sekarang.

Smart TV ini juga memiliki konektivitas Bidirectional Bluetooth 5.0. Jadi selain bisa terkoneksi ke beragam perangkat Bluetooth, TV ini bisa menjadi perangkat audio Bluetooth bagi gadget Anda. Juga dapat digunakan untuk mengirimkan signal audio ke perangkat speaker/headphone Bluetooth.

Keunggulan lainnya yang ditawarkan ada pada sistem operasi. Ya, TV ini telah menggunakan sistem operasi terbaru dari Android yaitu Android 10. Ini juga membuatnya dengan mudah bisa terkoneksi ke ekosistem Google dan ribuan produk smarthome lainnya.

Dengan Google Playstore yang tersedia, pengguna bisa menginstal beragam aplikasi yang tersedia. Selain itu pengguna juga dapat mengontrol TV menggunakan voice command, menggunakan fitur Google Asisstant yang tersemat. Ini semakin membuat Cooca S6G Pro pantas disebut sebagai Android TV.

Selain tampilan visual, smart TV tentu tak lengkap jika belum menghadikan pengalaman audio yang juga berkesan. Perangkat ini dibekali dengan Deocode Dolby dan DTS theatre sound effect yang akan membuat pengalaman menikmati konten video jadi kian mengasyikkan. Suara Bass terdengar lebih besar, treble dan vocal terdengar jernih. Dilengkapi pula dengan sistem proteksi untuk pergantian volume secara mendadak.

Selain menggunakan remote, pengguna juga bisa mengontrol Smart TV ini menggunakan smartphone mereka. Cukup instal aplikasi iCasting dan hubungkan ke Coocaa S6G Pro, maka kita dapat mengontrol smart TV tersebut.

Cooca S6G Pro juga memiliki fitur Casting, dimana pengguna bisa menampilkan konten secara casting dari smartphone ke TV. Berbeda dengan mirroring yang menampilkan konten yang sama antara layar smartphone dan TV, casting memungkinkan pengguna untuk “melempar” konten video di layar TV dari smartphone. Pengguna juga tidak lagi memerlukan perangkat lain seperti Chromecast, dan bisa langsung menghubungkannya ke perangkat TV.

Coooca juga menjanjikan penggunaan AI untuk rekomendasi yang pas untuk disuguhkan di tampilan awal. Tentunya ini kan membutuhkan waktu untuk mempelajari kebiasaan kita.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES