Review Hikvision Alarm: Anti Maling Canggih!

Reading time:
August 8, 2020
AX Kit

Jika mendengar nama Hikvision, umumnya yang lebih diingat adalah produk CCTV-nya. Hikvision sendiri bisa dibilang sebagai perusahaan paling terdepan untuk bidang produk CCTV yang dimilikinya tersebut, tetapi tahukah Anda bahwa Hikvision memiliki produk lainnya?

Hikvision memiliki sejumlah produk yang bukan CCTV, sepert misalnya access control untuk pintu yang umum digunakan di kantor atau apartemen, sistem flow control untuk lalu lintas, parking guidance, layar seperti monitor, TV, signage dan lain sebagainya, dan juga sistem alarm yang akan kita bahas lebih lanjut kali ini.

Intrusion Alarm Network Camera

Sudah datang di lab pengujian Jagat Review, terdapat Hikvision Intrusion Alarm Kit yang cocok untuk digunakan di tempat tinggal atau bahkan perkantoran dan ruang kerja skala kecil hingga menengah.

DS-PWA32-KS (433 MHz) – AX Wireless Panel Kit

IMG

Panel Kit ini memiliki isi yang terdiri dari:

  • Wireless Security Control Panel (DS-PWA32-HS)
  • Wireless Magnetic Contact (DS-PD1-MC-WWS)
  • Wireless PIR (Passive Infra Red) Detector (DS-PD2-P10P-W)
  • Wireless Keyfob (DS-19K00-Y)

Apa fungsi dari kit ini? Secara keseluruhan, kit ini merupakan paket berisi komponen alarm, panel kontrol, serta remote untuk perlindungan terhadap intrusi atay penyusup. Kit ini memungkinkan untuk memberikan sinyal peringatan jika ada penyusup masuk ke area tertentu dengan Wireless PIR Detector, atau ketika ada jendela atau pintu yang terbuka dengan Wireless Magnetic Contact.

Trigger Alarm Magnetic Contact

Sistem alarm bisa memberikan notifikasi ke pengguna melalui email, SMS, dan telepon, sehingga pengguna bisa dengan cepat mengetahui ketika ada penyusup mencoba masuk. Selain itu, sistem ini bisa dikombinasikan dengan sistem CCTV untuk menangkap gambar/video ketika penyusup terdeteksi. Sistem ini juga bisa dikontrol dengan mudah untuk arm/disarm menggunakan remote Wireless Keyfob.

Spesifikasi Wireless Security Control Panel (DS-PWA32-HS)

Control Panel

Control Panel ini mampu menampung hingga 32 wireless detector dengan dukungan koneksi ke 8 keyfob dan 2 sirine. Konektivitas menggunakan 3G/4G, Ethernet, dan Wi-Fi (2.4 GHz, 082.11 b/g/n), serta memiliki konektivitas wireless 433 MHz dengan jangkauan hingga 800 meter di ruang terbuka. Control panel juga memiliki dukungan IVaaS (Intruder Verification as a Service) dengan dukungan koneksi ke 2 channel video dengan CCTV untuk perekaman video pre/post alarm, dengan total durasi video 7 detik.

Notifikasi alarm bisa dikirimkan melalui aplikasi di smartphone, SMS, atau telepon di mana mendukung hingga 8 nomor telepon yang berbeda. Khusus untuk SMS dan telepon, harus ada kartu SIM aktif yang terpasang ke unit ini. Penjadwalan Auto Arm/Auto Disarm juga tersedia.

SMS Notification

Sumber daya berasal dari DC-In dengan baterai berkapaiasta 4520mAh. Jadi, ketika listrik padam, sistem masih bisa bekerja hingga kurang lebih 12 jam dengan menggunakan baterai. Control Panel juga memiliki Tamper Detection untuk mendeteksi upaya sabotase atau pengrusakan perangkat, kemudian terdapat Voice Guide/Voice Prompt yang berfungsi agar perangkat bisa “menyebutkan” status kondisi perangkat saat terjadi perubahan kondisi. Control Panel ini tentunya cocok untuk penggunaan di ruang indoor.

Baterai Control Panel

Pada unit ini, pada sisi depan terdapat lampu indikator (power, fault, link, dan arm/disarm, alarm). Sisi kanan terdapat tombol function (tekan 1x untuk add detector, 2x untuk signal check). Sisi bawah & kiri terdapat lubang masuknya kabel, dan sisi belakang (di balik cover) terdapat slot SIM Card, tamper spring, reset, mode switch, dan konektor DC In & Ethernet, baterai).

Spesifikasi Wireless Magnetic Contact (DS-PD1-MC-WWS)

DSCF0079

Magnetic Contact ini memiliki fungsi untuk mendeteksi apakah pintu atau jendela dalam kondisi terbuka atau tertutup. Karena memanfaatkan magnet, maka ketiak dua bagian alat ini berada di posisi yang berdekatan, menandakan pintu atau jendela dalam keadaan tertutup. Varian di paket DS-PWA32-KS (433 MHz) ini menggunakan radio 433 MHz, dengan jangkauan hingga 800 meter untuk area terbuka, serta memiliki baterai CR123A yang memiliki daya tahan hingga 2 tahun. Tamper Detection juga ada pada Magnetic Contact ini untuk mendeteksi upaya sabotase atau pengrusakan perangkat.

IMG 20200728 223630

Pada unit ini, sisi depan terdapat lampu indikator warna merah dan hijau, sisi belakang terdapat tamper button, dan baterai berada di bagian dalam di mana pengguna perlu membuka cover bodi untuk bisa mengaksesnya.

Spesifikasi Wireless PIR Detector (DS-PD2-P10P-W)

DSCF0084

PIR Detector ini memiliki fungsi untuk mendeteksi adanya intrusi ke suatu area oleh seseorang atau beberapa orang dengan memanfaatkan imaging dengan infra red. Rentang deteksi dengan panjang hingga 10 meter, angle 85 derajat, kecepatan obyek 0.3 m/s hingga 3 m/s, serta animal immunity hingga 24 kg. Artinya, sistem tidak akan memberikan peringatan bila obyek yang masuk ke area pemantauan adalah binatang peliharaan dengan berat sekitar 24 kg.

Trigger Alarm PIR Detector

Varian pada paket DS-PWA32-KS (433 MHz) ini tentu saja menggunakan radio 433 MHz, dengan jangkauan hingga 800 meter untuk area terbuka, dan menggunakan baterai CR123A dengan daya tahan hingga 2 tahun. Tamper detection juga diberikan pada perangkat ini untuk mendeteksi sabotase perangkat, serta memiliki mounting yang tersedia untuk pemasangan di dinding maupun atap.

IMG 20200728 223743

Pada unit ini, sepintas di sisi luar terlihat hampir tidak ada apapun, kecuali LED indikator di sisi depan. Tapi ketika cover terbuka, dari arah depan terlihat ada:

  • Baterai
  • Tamper Button
  • Registration Button (untuk proses pairing ke control panel)
  • Jumper untuk high sensitivity atau low sensitivity
  • LED indikator untuk signal strength

Spesifikasi Wireless Keyfob (DS-19K00-Y)

DSCF0081

Kemudian untuk Wireless Keyfob, varian di paket DS-PWA32-KS (433 MHz) ini tentu saja menggunakan radio 433 MHz, dengan jangkauan hingga 300 meter untuk area terbuka. Unit ini memiliki 5 tombol yang terdiri dari:

  • Stay Arming
  • Away Arming
  • Disarm
  • Clear Alarm
  • Panic Alarm
Keyfob

Pada unit ini, ada lampu LED Indicator untuk menunjukkan apakah perintah sukses dikirim ke control panel, serta berjalan dengan baterai CR2032.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…