in: News | August 12, 2020 | by: Irham

Xiaomi Luncurkan SmartTV Tembus Pandang, Mi TV LUX OLED Transparant Edition

Xiaomi meluncurkan televisi pintar terbaru mereka yaitu Mi TV LUX OLED Transparant Edition. Sesuai namanya, smartTV ini memiliki layar yang transparan atau tembus pandang, yang saat dalam keadaan mati hanya terlihat seperti jendela, namun saat dinyalakan akan menampilkan gambar yang seolah melayang.

Mi TV LUX OLED Transparent Edition memiliki panel berjenis OLED yang transparan dengan ukuran 55 inci. Panel ini memiliki rasio kontras statis diklaim 150.000: 1, warna 10-bit, dan cakupan 93% dari DCI-P3.

Baca Juga: ASUS Siapkan Monitor Gaming dengan Interface HDMI 2.1

Mi TV LUX OLED Transparant

Panel ini juga memiliki refresh rate yang tinggi yaitu 120Hz dan juga menawarkan interpolasi gerakan MEMC 120Hz. Xiaomi juga mengklaim SmartTV ini memiliki response time pada pixel yang tinggi yaitu mencapai 1ms.

Di dalamnya, Mi TV LUX OLED Transparent Edition memiliki chipset MediaTek 9650. Didukung dengan pemrosesan gambar AI Master Smart Engine dari Xiaomi yang menawarkan lebih dari 20 algoritma pengoptimalan gambar, dengan 5 skenario algoritma penggunaan utama.

Mi TV LUX Transparent Edition juga memiliki fitur yang disebut AI Master for Audio. Fitur ini dapat memilih mode audio secara otomatis sesuai dengan konten yang diputar. Selain itu adapula dukungan Dolby Atmos yang akan membuat suara menjadi lebih megah.

Bezelnya cukup tipis yaitu berukuran 5,7mm. Dengan komponen yang sebagian besar diletakan pada di bagian bawah, perangkat SmartTV ini hanya bisa diletakan dengan dudukan, dan tidak dapat dipasang di dinding menggunakan braket.

Mi TV LUX OLED Transparant

Mi TV LUX Transparent Edition berjalan dengan sistem operasi Android dengan antar muka MIUI yang dirancang khusus untuk TV. UI juga disesuaikan tampilan transparan. Ada juga mode tampilan Always-On untuk menampilkan gambar dan teks saat TV tidak digunakan.

Mi TV LUX OLED Transparent Edition dibandrol dengan harga CNY 49.999 atau sekitar Rp 100 jutaan. 7.200. Televisi ini akan mulai dijual di China pada 16 Agustus 2020 mendatang.

Baca Juga: Mini Projector Indonesia GV1 Review: Display 100 Inch Lengkap dengan Fitur Android SmartTV

Teknologi TV/Monitor transparan pada Mi LUX OLED ini sebenarnya bukanlah yang pertama kali di dunia. Layar transparant sebelumnya banyak digunakan sebagai Digital Signage di pertokoan dan sebagainya.

Namun untuk penggunaan komersial rumahan, bisa dibilang Xiaomi Mi TV LUX OLED Transparent Edition ini adalah yang pertama. Tahun lalu, LG telah memamerkan produk prototipe mereka namun belum ada kelanjutan pada produk komersial. Kemungkinan teknologi OLED yang digunakan pada Mi LUX OLED Transparent Edition ini menggunakan panel transparan dari LG.

Secara visual, layar TV transparan sebenarnya tidak begitu mengesankan. Jenis TV ini lebih diarahkan pada estetika daripada penggunaan keluarga atau penggemar video yang praktis.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES