in: News | September 12, 2020 | by: Irham

Ini Spesifikasi Matebook X, Laptop Super Tipis dari Huawei

Huawei baru saja memperkenalkan laptop terbaru mereka yaitu Huawei Matebook X Pro.  Meskipun mungkin tidak lebih unggul dari segi spesifikasi dibandingkan dengan Matebook X Pro, namun yang jelas, Huawei Matebook X terbaru dari Huawei ini benar-benar tampil menakjubkan dengan desain tipis yang dihadirkannya.

Matebook X akan menjadi primadona baru dari Huawei yang siap bersaing di pasar laptop flagship. Meskipun juga agak membingungkan karena produk mewah ini justru dirilis setelah versi Pro-nya diluncurkan.

Baca Juga: HMS Jadi Ekosistem Aplikasi Mobile Terbesar Ketiga di Dunia

Spesifikasi Huawei Matebook X

Layarnya pun memiliki bezel sangat tipis yaitu dengan rasio screen to body sebesar 90%. Huawei mengklaim ini adalah laptop dengan bezel paling tipis di dunia saat ini. Layar Matebook X ini berukuran 13 inci, sedikit lebih kacil dibandingkan Matebook X Pro yang menggunakan layar 13,9 inci.

Spesifikasi Huawei Matebook X

Untuk panelnya menggunakan LTPS Display yang memiliki resolusi 3K (3000x2000p) dengan tingkat kecerahan 400nits, serta sRGB 100%. Ini jug telah menggunakan layar touch screen sehingga pengguna bisa mengoperasikannya lebih leluasa.

Spesifikasi Huawei Matebook X

Dengan bezel yang tipis tersebut, tampaknya memang tak ada ruang untuk menempatkan kamera Webcam. Tapi Huawei untuk menghadirkan Webcam, yang justru terlihat lebih inovatif dengan desain recessed camera yang ditempatkan di bawah tombol F7. Terdapat pula sensor fingerprint yang diletakan bersamaan dengan tombol power.

Spesifikasi Huawei Matebook X

Dibalik body yang sangat tipis dengan ketebalan 13,6mm serta bobot hanya 1Kg ini, terdapat prosesor terbaru dari Intel yaitu 10th Generation Intel® Core™ i5-10210U processor yang juga terintegerasi dengan Intel® UHD Graphics sebagai pengolah gambar.

Baca Juga: Siap Hadir Di Indonesia, Ini Spesifikasi Huawei Watch GT 2 Pro

Lalu untuk kapasitas memorinya, Huawei Matebook X menyediakan RAM dengan pilihan 8GB / 16GB LPDDR3 2133MHz. Tampil dengan body sangat tipis, membuat laptop baru Huawei hadir tanpa kipas. Huawei juga cukup percaya dengan prosesor Intel yang terpasang, tidak akan membutuhkan manejemen suhu yang kompleks, karena prosesor ini diklaim akan sangat stabil untuk urusan suhu kerja.

Disamping itu Huawei melengkapi dengan desain engsel yang akan terangkat saat body laptop di bentangkan, untuk sirkulasi udara yang lancar. Pada bagian touch pad terdapat Huawei Share Tag, dimana pengguna bisa mentransfer data dari smartphone hanya dengan menyentuhkannya di area touchpad tersebut.

Laptop ini juga menjadi yang pertama di line-up produk Huawei, menggunakan teknologi Wi-Fi. Dimana kecepatan maksimal yang didapat yaitu hingga 2,4Gbps dibandingkan WiFi 5 yang hanya 866Mbps.

Untuk pengisian dayanya, Matebook X menggunakan adaptor dengan output 65W. Bobotnya sekitar 600gram, jadi jika pengguna menenteng perangkat ini akan membawa total beban sekitar 160gram saja.

Di bagian interface, Huawei menyediakan dua buah port USB Type C, dimana kedua port ini bisa digunakan untuk mentransfer data dan juga mengisi daya. Huawei menyediakan docking khusus bagi pengguna yang ingin menghubungkan perangkat ke port lain seperti USB Type A, HDMI dan lain-lain.

Harga dan Ketersediaan

Huawei MateBook X akan hadir dengan Windows 10 Home yang telah terpasang sejak penjualan. Empat warna yang dihadirkan yaitu Silver, Green, Blue dan Pink.

Perangkat ini akan tersedia secara globalpada bulan Oktober. Model Core i5 akan dibanderol dengan harga € 1.599 atau sekitar Rp 28 jutaan. Sedangkan untuk versi Intel Core i7 akan  memiliki harga yang lebih tinggi yaitu € 1.799 atau sekitar Rp 31 jutaan. Belum ada informasi apakah produk ini akan menyusul Matebook X Pro untuk tersedia di Indonesia.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES