in: News | September 18, 2020 | by: Irham

Kenalkan XiaomenLv, Robot Logisitk Buatan Alibaba Cloud

Alibaba kembali menggelar konferensi developer tahunan mereka, yaitu Apsara 2020 yang kali ini diadakan secara online. Ini merupakan gelaran yang ke-12 dimana Alibaba menggelarnya pertama kali pada tahun 2009 silam.

Di Apsara 2020 ini, Alibaba Cloud mengumumkan beberapa teknologi terbaru. Salah satunya adalah kendaraan tanpa awak yang dikembangkan oleh DAMO Academy bernama XiaomanLv. Robot ini digunakan untuk pengiriman logisitik, yang tentunya bekerja secara otomatis mengirimkan barang ke tujuan.

Baca Juga:  Percepat Pengembangan Talenta Digital di Indonesia, Bertambah Lagi Tiga Kampus Menjadi Mitra Alibaba Cloud

Alibaba Cloud XiaomenLv (3)

“Kami telah berinvetasi di smart logistik selama beberapa tahun, guna memenuhi permintaan pengiriman yang tinggi, baik di bisnis kami maupun masyarakat luas. Kami meluncurkan XiaomanLv yang juga akan mendukung ekosistem logsitik kami yaitu Cainiao dalam memenuhi komunitas, kampus dan pusat-pusat bisnis di China,” ujar Jeff Zhang, President of Alibaba Cloud Intelligence.

Alibaba Cloud XiaomenLv

XiaomanLv dikembangkan tentunya dengan teknologi machine learning yang reliable, untuk robot ini dapat mengetahui jadwal dan rute pengiriman barang logisitik. Robot ini juga didukung dengan pemetaan GPS, yang tetap bekerja optimal bahkan di kondisi minim sinyal seperti di dalam gedung, basemen dan lain lain.

XiaomanLv dapat mengangkut hingga 50 paket sekaligus, dan mampu menempuh jarak hingga sekitar 100 km. Semua hal itu dapat dilakukan oleh robot tanpa awak ini hanya dalam satu kali pengisian daya.

Baca Juga: Alibaba Cloud Summit 2020: Komitmen Alibaba Cloud sebagai Tulang Punggung Intelijen Digital di Dunia

Robot ini juga mampu mengenali adanya rintangan atau hambatan di sekitarnya sehingga dapat terhindar dari kecelakaan lalu lintas. Semuanya mengandalkan teknologi canggih seperti teknologi 3D Point Cloud Semantic Segmentation (PCSS), dan deep learning, untuk memprediksi arah pergerakan objek di sekitarnya.

Robot ini bisa mengantar hingga 500 paket dalam satu hari. Saat ini pengiriman online tengah meningkat pesat di China. Diprediksi, akan ada peningkatan transaksi online dari 200 juta per hari menjadi 1 miliar perhari pada tahun-tahun mendatang.

Kedepannya Alibaba akan mengembangkan robot-robot serupa pada layanan hospitality seperti pariwisata, di bandara dan lain-lain.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES