in: News | September 1, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo Perkenalkan Yoga 9i & Yoga Slim 9i – Berlapis Kulit dengan Intel Tiger Lake & Thunderbolt 4

Tidak hanya memperkenalkan Laptop Gaming Legion Slim 7i, Lenovo juga menghadirkan dua Laptop Thin & Light terbaru mereka – Yoga 9i dan Yoga Slim 9i. Lenovo Yoga 9i diposisikan sebagai penerus dari Yoga C940 sementara Yoga Slim 9i menjadi penerus Yoga S940. Akhiran huruf “i” menandakan kedua Laptop tersebut akan menggunakan prosesor Intel.

Lenovo Yoga 9i

Seperti pendahulunya, Lenovo Yoga 9i hadir dalam Form Factor Laptop Convertible/2-in-1 dengan empat mode penggunaan yaitu Laptop Mode, Stand Mode, Tent Mode, dan Tablet Mode. Lenovo Yoga 9i tersedia dalam dua pilihan ukuran layar yaitu 14 inci dan 15,6 inci. Tentunya versi 14 inci akan punya ukuran bodi lebih kecil dengan 31,8 x 21 x 1,46~1,57 CM sementara versi 15,6 inci hadir dengan dimensi 35,5 x 23,8 x 1,75~1,97 CM.

Untuk spesifikasi Hardware, Lenovo Yoga 9i versi 14 inci akan ditenagai prosesor Intel generasi terbaru dengan Codename Tiger Lake sementara versi 15,6 inci akan menggunakan prosesor Intel Core i9/i7 10th Gen H-Series dengan Codename Comet Lake. Untuk kapasitas RAM, konfigurasi tertinggi keduanya adalah 16 GB dengan kapasitas Storage maksimal 1 TB SSD NVMe PCIe untuk versi 14 inci dan 2 TB SSD NVMe PCIe untuk versi 15,6 inci. Sementara untuk sistem grafis akan menggunakan IGP Intel untuk versi 14 inci dan GeForce GTX 1650 Ti untuk Lenovo Yoga 9i dengan layar lebih besar. Tentunya Lenovo Yoga 9i tetapi dilengkapi konektor Thunderbolt sehingga performa grafis dapat ditingkatkan dengan menggunakan eGPU. Istimewanya, untuk versi 14 inci sudah menggunakan Thunderbolt 4.0 sementara versi 15,6 inci menggunakan Thunderbolt 3.0. Perbedaan versi Thunderbolt itu tampaknya dipengaruhi oleh prosesor yang digunakan.

Sebagai produk kelas Premium, tidak aneh jika bodi Lenovo Yoga 9i menggunakan material kelas atas seperti Aerospace-grade Metal. Jika ingin tampil lebih Premium, tersedia opsi dengan lapisan kulit asli untuk bagian punggung layar Laptop.

 

Lenovo Yoga 9i menggunakan Smart Sensor “Haptic” Touchpad yang membuat permukaan Palmrest tampak menyatu dengan area Touchpad.

Stylus dengan tempat penyimpanan khusus di bodi kembali dihadirkan di Lenovo Yoga 9i. Baterai Stylus akan langsung diisi ulang begitu dimasukkan ke tempat penyimpanan. Tentunya tempat penyimpanan khusus membuat pengguna tidak perlu takut lagi akan ketinggalan atau kehilangan Stylus.

Lenovo Yoga 9i dengan layar 14 inci dan 15,6 inci tersedia dalam dua pilihan resolusi yaitu Full HD dan 4K. Versi Full HD menggunakan panel IPS dengan tingkat Color Gamut 100% sRGB serta tingkat kecerahan 400 Nits untuk versi 14 inci dan 500 Nits untuk versi 15,6 inci. Sementara versi 4K menggunakan panel IPS dengan tingkat kecerahan 500 Nits. Untuk tingkat Color Gamut, layar 4K versi 14 inci adalah sebesar 90% DCI-P3 dan 100% sRGB untuk versi 15,6 inci.

 

Sistem pendingin Lenovo Yoga 9i tampak dilengkapi dua buah Heatpipe dan dua buah kipas. Lenovo juga menambahkan sejumlah lubang ventilasi untuk membantu sirkulasi udara lebih lancar di beberapa bagian bodi.

 

Lenovo Yoga Slim 9i

Lenovo Yoga Slim 9i merupakan alternatif dari Yoga 9i untuk mereka yang lebih menyukai Form Factor Laptop klasik. Seperti namanya, Lenovo Yoga Slim 9i ini punya bodi lebih tipis dibandingkan Yoga 9i (14 inci) dengan ketebalan hanya berkisar 1,39~1,46 CM dengan luas penampang yang mirip. Pilihan ukuran layar hanya satu yaitu 14 inci tetapi tersedia dua opsi resolusi yaitu 4K dan Full HD. Versi Full HD menggunaan panel IPS 400 Nits dengan tingkat Color Gamut 100% sRGB. Sementara versi 4K menggunakan panel IPS 500 Nits dengan tingkat Color Gamut 90% DCI-P3 dan kemampuan Touchscreen. Dapur pacu Lenovo Yoga Slim 9i tentunya menggunakan konfigurasi yang sama dengan Yoga 9i (14 inci) dengan prosesor Intel generasi terbaru yang akan segera diluncurkan. Tentunya penggunaan prosesor Intel generasi terbaru itu membuat Laptop ini mampu menyediakan konektor Thunderbolt 4.0.

Bodi Lenovo Yoga Slim 9i dibuat menggunakan mesin SNC dari material alumunium. Tentunya jika ingin tampil lebih Premium, tersedia opsi dengan lapisan kulit asli untuk bagian punggung layar Laptop.

Lenovo Yoga Slim 9i juga menggunakan Smart Sensor “Haptic” Touchpad yang membuat permukaan Palmrest tampak menyatu dengan area Touchpad.

Pada Lenovo Yoga Slim 9i kini dilengkapi Electrical Privacy Shutter untuk mematikan aliran listrik ke komponen kamera agar lebih aman. Fitur Flip to Boot juga hadir dimana Laptop akan langsung menyala saat layar dibuka.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES