in: News | September 17, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Lenovo Rilis Laptop ThinkBook Plus: Berikan Produktivitas Lebih dengan Dua Layar

Pertama kali diperkenalkan pada bulan Januari lalu di ajang CES 2020, Laptop Bisnis terbaru Lenovo ThinkBook Plus akhirnya resmi dirilis di Indonesia. Sambil tetap mempertahankan desain khas produk ThinkBook, Laptop ThinkBook Plus menawarkan daya tarik unik yang tampaknya belum ditemukan di Laptop konvensional lainnya. Lenovo menambahkan layar kedua di ThinkBook Plus yang diklaim dapat membuat produktivitas para pekerja menjadi lebih baik lagi.

 

Menurut survei yang dilakukan Lenovo, pekerja generasi Millennial dan Gen-Z banyak melakukan Multitasking saat sedang mengerjakan pekerjaan utamanya. Sambil mengerjakan pekerjaan utamanya, pekerja juga melakukan hal lain seperti memeriksa Email, Social Media, Chat, Online Shopping, dan masih banyak lagi. Aktivitas sampingan itu membuat pekerja kehilangan fokus dari pekerjaan utamanya dan membuat produktivitas kerja menurun. Dibutuhkan waktu tidak sebentar untuk melakukan aktivitas sampingan tersebut dan kembali memfokuskan diri ke pekerjaan yang seharusnya dilakukan. Belum lagi jika aktivitas sampingan itu dilakukan dengan perangkat berbeda seperti Smartphone.

Lenovo ThinkBook Plus mencoba mengatasi hal yang dialami pekerja dengan menghadirkan sebuah Laptop dengan dua layar. Berbeda dengan laptop dua layar lainnya, layar kedua Lenovo ThinkBook Plus menggunakan panel e-Ink (Electronic Ink) yang biasanya digunakan perangkat seperti e-Book Reader. Layar tersebut memiliki ukuran 10,8 inci dengan resolusi 1920 x 1080 piksel dengan kemampuan menampilkan warna 16 Gray Level. Layar kedua Lenovo ThinkBook Plus juga merupakan layar Touchscreen dengan lapisan Corning Gorilla Glass untuk perlindungan dari goresan. Tersedia Lenovo Precision Pen yang membuat aktivitas menulis dan menggambar lebih mudah. Tentunya layar kedua juga dapat dioperasikan dengan menggunakan jari.

Layar kedua Lenovo ThinkBook Plus punya kemampuan seperti menampilkan waktu, tanggal, kondisi cuaca, dan juga kapasitas baterai Laptop. Pengguna juga dapat memeriksa notifikasi Email masuk dan agenda kegiatan pada layar kedua itu. Tidak ketinggalan layar e-Ink dapat digunakan untuk menggambar (sketsa, diagram, atau yang lainnya), menulis, atau membaca dokumen (e-Book, PDF, dan masih banyak lagi). Hasil menggambar atau menulis dapat langsung disimpan sebagai File atau disinkronisasi ke Microsoft OneNote. Bahkan hasil tulisan tangan juga dapat dikenali dan diubah menjadi teks di aplikasi Text Editor seperti Notepad atau Word. Dengan menyatukan banyak aktivitas di satu perangkat, Lenovo berharap waktu yang terbuang akibat berpindah aktivitas dapat dikurangi.

Layar e-Ink pada Lenovo ThinkBook Plus juga membuat penampilan Laptop dapat dipersonalisasi. Saat Laptop dimatikan, gambar Wallpaper pada layar e-Ink tetap dapat ditampilkan. Pengguna dapat menggunakan gambar apapun yang membuat penampilan Laptop mereka beda dengan yang lain. Gambar Wallpaper dapat dibuat statis atau berganti setiap waktu.

“Dapur pacu” Lenovo ThinkBook Plus menggunakan prosesor Intel Core 10th Gen “Comet Lake” dengan tipe Core i7 10510U untuk versi tertinggi. Kapasitas RAM adalah 16 GB dengan SSD NVMe PCIe sebesar 512 GB. Layar utama punya ukuran 13,3 inci dengan panel IPS Full HD yang memiliki tingkat Color Gamut 100% sRGB dan kecerahan 300 Nits. Semua komponen itu dikemas di dalam bodi logam yang kokoh dan padat. Sementara untuk keamanan dilengkapi sensor pengenalan sidik jari yang menyatu dengan tombol Power. Untuk konektivitas nirkabel telah menggunakan Wi-Fi 6 yang modern.

Lenovo ThinkBook Plus dijual dengan harga Rp 23.900.000,- dengan masa garansi selama tiga tahun dan dilengkapi layanan Lenovo Premiere Support. Tersedia bonus Lenovo ThinkPad X1 ANC Headset untuk 50 pembeli pertama.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES