in: News | September 7, 2020 | by: Irham

Qualcomm Luncurkan Snapdragon 8cx Gen 2, Spesifikasi Meningkat

Di event tahunan IFA 2020 yang di gelar di Berlin, Qualcomm kembali mengumumkan produk SoC terbaru mereka. Kali ini bukan untuk smartphone, melainkan untuk PC berbasis Windows yaitu Snapdragon 8cx generasi kedua. Tentunya ini merupakan penerus dari Snapdragon 8cx yang telah dirilis sebelumnya. Snapdragon 8cx Gen 2 ini membawa beberapa peningkatan di beberapa aspek, termasuk diantaranya di aspek performa dan juga ketahanan baterai.

Meski tidak menjelaskan peningkatan secara detail dengan produk sebelumnya, namun Qualcomm justru membandingkan produk ini dengan prosesor milik kompetitor yaitu Intel. Dimana SoC ini memiliki performa 18% lebih kencang dibandingkan dengan prosesor Intel Core i5 generasi ke-10 (15W TDP). Selain itu juga memiliki efisiensi yang lebih baik hingga sekitar serta 51% dibandingkan dengan Intel Core i5 Hybrid (Intel Lakefield, TDP 7W).

Spesifikasi Snapdragon 8cx Gen 2

Untuk spesifikasinya, Snapdragon 8cx Gen 2 memiliki TDP sebesar 7W. dimana Qualcomm juga mengklaim kalau SoC ini dapat digunakan pada perangkat PC untuk ketahanan pakai hingga lebih dari 25 jam.

Baca Juga: Redmi Note 10 Series akan Hadir dengan Dimensity 820 dan 720?

SoC ini masih menggunakan fabrikasi 7nm seperti pendahulunya. Untuk prosesornya menggunakan Octa-Core 64Bit Qualcomm Kryo 495, yang disertai dengan GPU berikut Adreno 680.

Spesifikasi Snapdragon 8cx Gen 2

Untuk dukungan memori, Snapdragon 8cx memiliki dukungan RAM LPDDR4x 2.133 MHz, dan juga storage SSD UFS 3.0. Untuk Display, SoC ini mendukung layar eksternal dual monitor dengan resolusi hingga 4K 60fps. Sementara untuk kamera, SoC ini mendukung kamera hingga 32MP.

Adapun dukungan lainnya yang tersedia yaitu WiFi 6, Bluetooth 5.1, serta teknologi audio Qualcomm Aqstic. SoC ini tentunya juga memiliki dukungan 5G, namun tidak menggunakan modem 5G yang terintegerasi.

Kemampuan 5G bisa disesuaikan oleh produsen smartphone yang ingin menghadirkan komponen modem X55 pada perangkat. Sementara untuk modem LTE, Snapdragon 8cx Gen 2 sudah menyediakan modem Snapdragon X24 seperti pendahulunya.

Kapan Hadir di Pasaran?

Snapdragon 8cx akan mulai diadopsi produsen laptop dan tersedia di pasaran di akhir tahun 2020 mendatang. Meskipun belum diketahui secara pasti kapan tanggal dari produsen laptop tersebut akan merilis produk dengan SoC ini.

Baca Juga: Review Lenovo IdeaPad Flex 5i : Laptop Lengkap Untuk Semua

Spesifikasi Snapdragon 8cx Gen 2

Adapun produsen pertama yang akan mengadopsi SoC Snapdragon 8cx Gen 2 ini adalah Acer. Acer akan merilis Acer Spin 7, yang akan menjadi laptop berbasis Windows yang menggunakan SoC tersebut.

 

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES