in: Notebook / Laptop | September 7, 2020 | by: Friska Suryawinata

Review Lenovo Legion Y7000SE: Laptop Murah Cocok untuk Edit Video, Foto, Content Creator, dan Coding

Ketika mendengar kata “laptop gaming” atau “laptop content creator”, biasanya yang terlintas di benak adalah sebuah laptop yang memiliki spesifikasi tinggi, tetapi juga memiliki harga jual yang tidak kalah tingginya. Namun beberapa waktu belakangan ini, tidak sedikit juga yang akhirnya menawarkan laptop gaming “terjangkau” dengan spesifikasi dan performa yang tinggi, seperti contohnya Lenovo dengan Lenovo Legion Y7000SE.

Lenovo Legion Y7000SE ini merupakan laptop “murah” yang cocok untuk digunakan editing sekaligus gaming, kenapa? Karena laptop yang satu ini memiliki harga yang cukup terjangkau untuks sebuah laptop gaming, dengan harga mulai dari Rp 13 jutaan. Dan dewasa ini, tidak sedikit yang mencari laptop editing atau gaming dengan harga di bawah Rp 15 juta, walau biasanya dikompensasi dengan layar yang kurang pas untuk editing. Tapi, mengapa Lenovo Legion Y7000SE pun disebut oleh kami sebagai laptop yang cocok untuk gaming dan editing?

Desain dan Spesifikasi

Lenovo Legion Y7000SE memiliki dapur pacu utama berupa prosesor Intel Core i5-9300HF berbasis Coffee Lake dengan fabrikasi 14nm, TDP 45 Watt, dan 4-Cores dan 8-Threads. Prosesor ini berbeda dengan Core i5-9300H yang memiliki IGP, di mana varian “HF” ini tidak memiliki IGP.

RAM yang digunakan oleh laptop ini adalah DDR4-2661x 8 GB, tetapi disarankan untuk melakukan upgrade ke 2x 8 GB untuk mendapatkan performa terbaik. Dan storage internal menggunakan SSD M.2 512 GB NVMe PCIe, dengan tersedia port SATA untuk storage 2.5″ tambahan. Sebagai catatan, dalam pengujian kali ini kami menggunakan konfirgurasi RAM dual-channel 2x 8 GB, karena menurut kami ini adalah langkah yang seharusnya dilakukan agar performa laptop bisa lebih maksimal.

GPU pada laptop ini menggunakan GeForce GTX 1650 4 GB GDDR5, dan karena CPU pada laptop ini tidak memiliki IGP, maka display output ke laptop ini terhubung langsung ke GPU diskrit, sehingga memungkinkan laptop untuk menggunakan monitor eksternal dengan NVIDIA G-Sync.

Audio pada Lenovo Legion Y7000SE terdiri dari 2 buah speaker Audio by Harman, dengan terdapat kamera webcam 720p 30 FPS pada posisi bezel bawah layar. Konektivitas menggunakan Intel Wireless-AC 9560 (Wi-Fi 5, Bluetooth).

 

Layar pada Lenovo Legion Y7000SE memiliki besar 15.6″ beresolusi 1920 x 1200 piksel, panel IPS, dengan color gamut 72% NTSC/99% sRGB, serta refresh rate 60 Hz.

 

Bodi utamanya memiliki form factor Clamshell dengan material Polikarbonat dan warna Raven Black. Laptop memiliki dimensi 36 x 26.7 x 2.59 cm dengan bobot 2.21 kg. Untuk keyboard, memiliki layout full-size dengan physical numpad dan backlight merah yang memiliki 2 tingkat brightness.

Konektor pada laptop ini terdiri dari USB 3.1 Gen 1 dan Audio Combo untuk sisi kiri, dan USB 3.1 Gen 1 untuk sisi kanan. Sementara di sisi belakang, terdapat konektorSB Type C, Mini DisplayPort 1.4, USB 3.1 Gen 1, HDMI 2.0, Gigabit Ethernet, dan DC In. Sebagai catatan, di luar monitor laptop ini sendiri, Legion Y7000SE bisa terhubung ke 3 buah monitor, lewat USB Type C, Mini DP, dan HDMI. Ini sangatlah membantu untuk yang membutuhkan kerja multi monitor.

Lenovo memiliki software Lenovo Vantage yang berfungsi untuk mengatur opsi Performance Mode, di mana terdapat tiga opsi yang terdiri dari Quiet Mode, Balanced Mode, dan Performanced Mode.

Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES