in: Notebook / Laptop | September 21, 2020 | by: Friska Suryawinata

Review Lenovo ThinkBook Plus: Laptop 2 Layar Super Unik

Laptop dengan dua layar bukanlah hal yang asing lagi di masa modern saat ini. Tidak sedikti brand yang menawarkan produktivitas tinggi dengan kehadiran dua layar pada satu laptop, Lenovo termasuk salah satunya.

Tak lama ini, Lenovo menghadirkan laptop dua layar yang tergolong cukup unik dan tidak biasanya dilihat, yakni Lenovo ThinkBook Plus. Seperti apa performa dan keunikan yang dimilikinya?

Desain dan Spesifikasi

Lenovo ThinkBook Plus mengusung prosesor Intel Core i7-10510U kode nama Comet Lake yang memiliki fabrikasi 14 nm, 4-Core/8-Thread, dan TDP 15 Watt. Prosesor ini memiliki Base Clock 1.8 GHz dengan Maximum Turbo Boost Clock 4.9 GHz, serta memiliki 8 MB Intel Smart Cache.

RAM yang digunakan untuk laptop ini 16 GB SO-DIMM DDR4 2666 MHz dan hanya terdapat Single Channel, dengan storage menggunakan 512 GB SSD M.2 NVMe PCIe. Laptop ini menggunakan IGP Intel UHD Graphics serta berjalan di Windows 10 Pro.

Bodi utama memiliki form factor clamshell layaknya sebuah laptop klasik, dengan material menggunakan perpadua magnesium dan alumunium, sehingga build quality terasa lebih kokoh dah padat.

Desain dari bodi utama laptop masih menggunakan bentuk bodi khas dari seri Lenovo ThinkBook, di mana memang laptop bisnis paling jarang mendapatkan perubahan desain yang signifikan ketimbang laptop konsumer. Namun demikian, penampilan laptop ini dapat dipersonalisasi karena dilengkapi layar khusus pada bagian sisi luar bodi yang nanti akan kita bahas di dalam artikel ini lebih lanjut.

Laptop yang memiliki pilihan warna Iron Grey ini memiliki dimensi 30.8 x 21.7 x 1.74 cm, dengan berat laptop 1.4 kg dan charger sekitar 193 gram dalam rupa charger 45 Watt yang memiliki konektor Type-C.

Layar utama dari laptop Lenovo ThinkBook Plus ini menggunakan layar 13.3″ Full HD beresolusi 1920 x 1080 piksel dengan refresh rate 60 Hz. Panel menggunakan panel WVA atau dikenal sebagai panel IPS, dengan color gamut 100% sRGB dan brightness 300 nits. Bingkai dari layar bagian kiri dan kanan tergolong tipis, dengan bagian sisi atas lebih tebal untuk kamera 720p @ 30 FPS. Permukaan sudah Anti-Glare dengan engsel layar bisa diluruskan hingga 180 derajat.

Untuk layar keduanya, agak cukup unik karena ditempatkan pada punggung layar utama yang merupakan sisi sebaliknya dari layar utama. Layar kedua dari Lenovo ThinkBook Plus ini menggunakan panel e-Ink (Electronic Ink) yang umumnya digunakan pada perangkat e-Book Reader. Panelnya sendiri merupakan Monochromatic Color dengan 16 Gray Level dan sudah Touch Screen (single touch).

Panel layar kedua ini sendiri memiliki besar 10.8″ dengan resolusi Full HD 1920 x 1080 piksel. Permukaan layar sudah Anti-Glare dan dilapisi dengan Corning Gorilla Glass. Pada paket penjualan, disertakan ThinkBook 13.3″ Plus Sleeve dengan bantalan khusus untuk melindungi laptop dari benturan ketika dibawa bepergiaan. Pada layar kedua ini, terdapat opsi untuk mengganti gambar Wallpaper untuk menjadi Static atau Carousel. Layar e-Ink dapat digunakan ketika laptop dalam kondisi dibuka ataupun ditutup.

Apa saja fungsi yang bisa dipakai untuk layar kedua Lenovo ThinkBook Plus ini?

1. Menampilkan notifikasi untuk

  • Jadwal Kegiatan (Diaktifkan melalui Microsoft Outlook)
  • Email Masuk (Diaktifkan melalui Microsoft Outlook)
  • Kapasitas Baterai Laptop
  • Tanggal dan Jam
  • Kondisi Cuaca
    • Notifikasi hanya ditampilkan saat layar dalam posisi ditutup

2. Menulis atau membuat gambar sketsa

  • Dapat menggunakan jari atau Stylus Lenovo Precision Pen
  • Tulisan atau gambar sketsa yang dibuat dapat disimpan sebagai File di Laptop atau di Autosync ke Microsoft OneNote
  • Aplikasi dapat mengenali hasil tulisan tangan yang dapat di Copy ke aplikasi Text Editor
  • Halaman untuk menulis/menggambar juga dapat diakses langsung dengan menekan tombol di ujung Lenovo Precision Pen

3. Membaca e-Book dengan dukungan Format PDF, TXT, MOBI, dan EPUB

  • Berfungsi penuh sebagai Kindle e-Reader
  • Dapat menambahkan tulisan tangan atau melakukan Editing pada teks di File PDF

Stylus pada Lenovo ThinkBook Plus ini disebut sebagai Lenovo Precision Pen, dan diberikan langsung pada paket pembeliannya. Pen ini memiliki 4096 Levels of Pressure Sensitivity dengan menggunakan baterai AAA yang diklaim memiliki daya tahan baterai hingga 400 hari. Pen ini bisa langsung digunakan tanpa menggunakan konektivitas Bluetooth, tetapi untuk mengaktifkan fungsi tombol dan memeriksa sisa baterai, akan dibutuhkan konektivitas Bluetooth. Lenovo Precision Pen dilengkapi dengan magent sehingga dapat disimpan dengan cara ditempelkan di sisi samping kanan atau kiri layar.

Untuk audio pada Lenovo ThinkBook Plus, menggunakan solusi audio dari Harman yang terdiri dari dua buah speaker dengan posisi di samping bodi menghadap ke bawah. Audio Profile bisa diatur lewat software Dolby Audio.

Untuk konektor, sisi kiri terdapat 1x HDMI, 1x Type-C USB 3.1 Gen 2 yang sekaligus digunakan sebagai konektor DC-In, dan 1x 3.5 mm Audio Combo Jack. Sementara sisi kanan terdapat tombol Power ON/OFF, 1x USB 3.1 Gen 1, serta 1x USB 3.1 Gen 1 yang mendukung fitur Always On. Dan untuk konektivitasnya, Lenovo ThinkBook Plus menggunakan modeul Wi-Fi Intel Wi-Fi 6 AX201 yang mendukung Wi-Fi 6, MU-MIMO, Gigabit Wi-Fi, dan Bluetooth 5.1.

Keyboard pada Lenovo ThinkBook Plus memiliki desain dan layout khas dari laptop Lenovo ThinkBook dengan backlit putih yang memiliki dua tingkat kecerahan. Keyboard memiliki tombol khusus untuk menerima dan menutup panggilan di Skype for Business. Sementara untuk Touchpad, memiliki posisi sejajar dengan tombol Spacebar dan menggunakan Windows Precision Driver. Sebagai laptop untuk bisnis, Lenovo tidak ketinggalan juga memberikan sekuritas berupa Fingerprint Reader yang menjadi satu dengan tombol Power.

Daftar Isi
Pages: 1 2
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES