in: News | September 17, 2020 | by: Dian Syarifuddin

vmWare Siap Bantu Percepat Adaptasi Jaringan 5G di Asia Tenggara

Hampir di seluruh dunia sedang menyambut kedatangan era jaringan 5G. Untuk di Indonesia sendiri, aktifnya jaringan 5G di Tanah Air bisa dikatakan tinggal menunggu waktu saja. Pemerintah saat ini sudah melakukan berbagai pengkajian serta mempertimbangkan untuk menghadirkan teknologi jaringan 5G di Indonesia. vmWare yang merupakan perusahaan penyedia perangkat lunak untuk infrastruktur digital, hari ini secara resmi mengumumkan penyempurnaan rangkaian portofolio 5G dan Edge mereka.

Dalam pengumuman tersebut, vmWare juga turut meluncurkan 5G Telco Cloud Platform yang merupakan sebuah solusi untuk mendukung CSPs (Communication Service Providers). Platform ini diklaim mampu untuk memenuhi tingginya kebutuhan akan inovasi berbasis teknologi 5G untuk kawasan Asia Tenggara. vmWare 5G Telco Cloud Platform ini juga dirancang dengan cloud-first yang konsisten untuk mendukung infrastruktur cloud native berkelas carrier dengan performa tinggi pada perusahaan-perusahaan CSP guna menyambut kehadiran aplikasi-aplikasi teknologi masa depan.

Sanjay K. Deshmukh,

Sanjay K. Deshmukh, selaku Vice President and Managing Director, Southeast Asia and Korea, vmWare, menyampaikan, “vmWare berkomitmen untuk mempercepat kehadiran portofolio cloud telco dan edge mutakhir, agar mampu mendukung pelanggan dalam menghadapi tantangan-tantangan masa kini dan dalam meraih peluang-peluang masa depan yang sudah ada di depan mata”.

“Dengan dukungan teknologi cloud native yang terdapat pada Telco Cloud Platform, CSP kini dapat mengakselerasi inovasi dalam menluncurkan aplikasi-aplikasi dan layanan baru. Kompleksitas operasional dan total biaya kepemilikan terpangkas secara substansial. Teknologi ini mendukung akselerasi dalam penggelaran jaringan 5G perusahaan, yang pada akhirnya akan turut mendukung pertumbuhan ekonomi digital di kawasan Asia Tenggara”, tambah Sanjay.

Platform multi cloud inovatif milik vmWare menghadirkan simplifikasi dan mampu mempercepat adaptasi terhadap jaringan 5G serta mendukung perusahaan CSP agar lebih fokus dalam menyelami pemanfaatan teknologi cloud native. Peluncuran aplikasi dan layanan inovatif ke pasar akan dapat dilakukan dengan lebih cepat, sehingga mampu memenuhi dinamika kebutuhan pelanggan bisnis yang kian meningkat.

Baru-baru ini, VMware juga mengembangkan program Ready for Telco Cloud sebagai dukungan ekstra untuk VMware Telco Cloud Automation. Program ini ditujukan untuk mendukung akselerasi penggelaran fungsi dan layanan jaringan yang dilakukan oleh CSP. Dengan diluncurkannya VMware Telco Cloud Platform, VMware juga mengembangkan program ini lebih jauh untuk mempercepat kesiapan fungsi jaringan dalam mendukung peluncuruannya nanti.

Kehadiran teknologi 5G diharapkan akan menjadi mesin yang menggerakkan roda-roda pertumbuhan bisnis perusahaan, karena perusahaan-perusahaan CSP membutuhkan jaringan yang unggul, didukung oleh cloud yang telah dimodernisasi. Dalam bisnis, kecepatan dan kegesitan bisnis dalam skala yang luar biasa merupakan kunci. Selain itu, mereka juga dituntut untuk dapat mempertahankan performa, resiliensi, dan kualitas berkelas tinggi yang dibutuhkan pada perusahaan-perusahaan carrier.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES