in: News | October 16, 2020 | by: Gatot Tri Yuwono

Laptop Lenovo Yoga Slim 7i Carbon Dirilis: Super Ringan dengan Intel Core 11th Gen

Baru-baru ini Lenovo memperkenalkan Laptop terbaru mereka Lenovo Yoga Slim 7i Carbon. Melihat nama produknya mungkin diantara Anda bertanya-tanya “Apa bedanya dengan Lenovo Yoga Slim 7i yang telah ada di pasaran selama ini?”. Awalnya kami sempat mengira jika Lenovo Yoga Slim 7i Carbon merupakan produk edisi khusus dari Lenovo Yoga Slim 7i. Akan tetapi dugaan kami ternyata salah.

 

Perbedaan pertama terletak pada spesifikasi Hardware. Berbeda dengan Lenovo Yoga Slim 7i yang menggunakan kombinasi Intel Core 10th Gen “Ice Lake” dan NVIDIA GeForce MX350, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon ditenagai prosesor Intel Core 11th Gen “Tiger Lake” dengan pengolah grafis Intel Iris Xe Graphics. Untuk saat ini kami belum dapat menggambarkan seperti apa performa prosesor Laptop paling canggih dari Intel itu, akan tetapi tampaknya akan ada peningkatan performa grafis yang signifikan dibandingkan pendahulunya.

Prosesor Intel Core 11th Gen “Tiger Lake” pada Lenovo Yoga Slim 7i Carbon akan dipadukan dengan RAM LPDDR4x dan Storage SSD NVMe PCIe. Pilihan kapasitas untuk RAM adalah 8 GB dan 16 GB. Sementara untuk Storage nantinya akan tersedia pilihan mulai dari 256 GB hingga 1 TB. Kami cukup penasaran bagaimanakah konfigurasi yang diberikan Lenovo Indonesia untuk Lenovo Yoga Slim 7i Carbon nantinya jika sudah masuk ke pasar Indonesia.

Selain menggunakan platforma terbaru dari Intel, keistimewaan lain Lenono Yoga Slim 7i Carbon terletak pada materialnya. Sesuai namanya, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon menggunakan material 2nd generation Web-Core 2.0 Carbon Fiber yang diklaim membuat bobot Laptop 40% lebih ringan tetapi dengan tingkat kekokohan bodi 25% lebih kuat. Klaim tersebut memang bukan isapan jempol semata dimana Lenovo Yoga Slim 7i Carbon punya bobot yang sangat ringan mulai dari 966 gram. Daya tahan bodi Lenovo Yoga Slim 7i Carbon juga telah lolos 9 jenis pengujian ketahanan berstandar militer. Lucunya, walaupun menggunakan material Carbon Fibre, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon tidak menggunakan warna hitam melainkan putih Moon White.

Bobot Laptop yang di bawah 1 KG semakin sempurna berkat penggunaan layar 13,3 inci dengan ukuran bodi 29,69 x 20,89 x 1,42~1,5 CM yang membuat Lenovo Yoga Slim 7i Carbon nyaman dibawa kemanapun. Dibalik ukuran layar yang sekecil itu, siapa menyangka panel IPS yang digunakan memiliki resolusi 2560 x 1600 piksel dengan tingkat Color Gamut dan kecerahan 100% sRGB 300 Nits. Tidak ketinggalan bingkai layar dirancang setipis 3 MM yang membuat tingkat Active Area Ratio mencapai 91%.

Lenovo Yoga Slim 7i Carbon juga telah dilengkapi konektor terbaru Thunderbolt 4.0 dengan jumlah dua buah yang dapat digunakan untuk mendongkrak performa grafis dengan eGPU. Tentunya untuk konektivitas nirkabel sudah menggunakan Wi-Fi 6/Wi-Fi ax dengan Bluetooth V5. Tidak ketinggalan fitur khas Lenovo Yoga Slim, AI Camera, tetap tersedia di Laptop ini. Untuk daya tahan baterai, Lenovo Yoga Slim 7i Carbon diklaim mampu bertahan hingga 15 jam untuk skenario pemutaran video.

Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES