in: Display | October 5, 2020 | by: Irham

Review Proyektor Mini BenQ GS2: Portable dan Banyak Fitur

Proyektor LED mungkin sudah sering ditemui dipasaran, akan tetapi untuk proyektor portable berukuran mini mungkin masih jarang kita temui. Nah kali ini tim Jagat Review akan membahas sebuah proyektor mini pintar multifungsi yaitu BenQ GS2.

BenQ GS2 adalah Smart Projector, dimana ini adalah proyektor mini portable yang berbasis sistem operasi Android. Tersedia pula fitur yang yang dirancang khusus untuk anak-anak, seperti Eye-Protection Sensor dan Parental Timer.

Penasaran seperti apa produk proyektor mini BenQ GS2? Simak review lengkapnya berikut ini.

Desain

BenQ GS2 memiliki desain yang mini dan portable, membuat perangkat ini mudah dibawa kemana-mana. Tentunya berbeda proyektor konvensional yang membutuhkan tempat khusus untuk memposisikan proyektor, perangkat ini bisa diletakan ruang manapun seperti di ruang keluarga, dapur atau ruang kerja.

review proyektor mini BenQ GS2

Berbentuk hampir seperti kubus, ukuran dimensinya yaitu dengan panjang 144 mm, lebar 139mm dan tinggi 139mm. Bobotnya juga terbilang ringan yaitu hanya 1,6 kg. Dengan material polycarbonate, proyektor mini ini memiliki paduan warna krem pada body belakang dan juga brown di bagian depan.

Di sisi bagain depan, terdapat lensa proyektor yang tentunya perfungsi untuk memancarkan proyeksi gambar. Selain itu juga ada IR receiver untuk remote, Eye-Protection sensor dan kamera untuk auto focus proyeksi layar.

Sedangkan disisi bagian kanan terdapat beberapa port konektor yang dilindungi dengan penutup berbahan silikon. Konektor yang tersedia antara lain

review proyektor mini BenQ GS2

– 1x Port HDMI 1.4a
– 1x USB 2.0 Type-A
– 1x DisplayPort (bentuknya USB Type-C)
– 1x Audio Output 3.5mm
– 1x Port USB (khusus untuk Wireless USB Dongle WDR02U)

Lalu disisi bagian belakang, terdapat beberapa komponen termasuk diantaranya  Speaker 2x 2W,  Ventilasi pembuangan hawa panas, dan Magnetic Power Charger. Ya, untuk pengisian daya perangkat ini menggunakan konektor Pogo dengan sistem magnetik, yang tentunya memudahkan pengguna saat mengisi daya.

review proyektor mini BenQ GS2

review proyektor mini BenQ GS2

Sementara di sisi bagian atas terdapat Tombol power, Lampu indikator power, Sensor Ambient Light (LumiExpert), Tombol lima arah (Kanan, kiri, atas & bawah dan tombol Ok), Tombol Back, Tombol Home dan Tombol Menu Setting.

review proyektor mini BenQ GS2

Sedangkan di sisi bawah juga terdapat ventilasi (In-take), stand proyektor serta lubang mounting untuk dipasang di Tripod.

Pada paket penjualannya, BenQ GS2 dilengkapi dengan:

  • remote control (+ baterai CR-2023 Lithium Coin Cell battery)
  • Adapter Charger
  • 3 Kabel Power
  • Wireless USB Dongle WDR02U (Detachable)
  • Carry Bag (Tas Kecil)
  • Buku garansi & Petunjuk penggunaan

Spesifikasi

Beralih ke spesifikasi, BenQ GS2 memiliki sistem Sistem Proyeksi: DLP (Digital Light Processing) dengan tipe chip DMD (Digital Micromirror Device) berukuran 0.3”. Dengan ukuran tersebut proyektor memiliki ukuran yang lebih compact, namun dengan kualitas proyeksi yang  tajam dan juga akurat.

Tingkat kecerahan maksimal yang didapatkan yaitu mencapai  max. 500 ANSI Lumens . Dengan tingkat kecerahan tersebut, perangkat cocok untuk penggunaan di ruang keluarga. Proyektor ini juga memiliki contrast rasio sebesar 100.000:1. Adapun untuk aspek rasio proyeksi yaitu 16:9, dengan resolusi HD 720p hingga FullHD  1080p.

Refresh rate-nya mencapai 60 Hz, dengan Display Color 1.07 miliar Warna. Gambar tersebut diproyeksikan dengan lampu proyektor yaitu Osram Q8A LED. Lampu proyektor ini  memiliki ketahanan yaitu 20 ribu jam dalam normal mode, dan 30 ribu jam dalam eco mode.

Proyektor mini BenQ GS2 dibekali dengan chipset MStar 648, RAM 2 GB LPDDR3 serta Internal Storage sebesar 8 GB eMMC. Proyektor mini ini juga berjalan menggunakan sistem operasi Android 6.0, sehingga pengguna bisa menginstall aplikasi pada perangkat proyektor melalui Google Playstore.

Untuk konektivitas Wireless, tersedia USB Dongle wireless yang mencakup  WLAN: 802.11 a/b/g/n, 2.4G/5G dan  Bluetooth  v4.0.

Kemampuan proyeksinya, proyektor mini BenQ GS2 memiliki ukuran proyeksi rekomendasi mulai dari 30 inci hingga 100 inci. Untuk menampilkan gambar dengan ukuran diagonal 100 inci dibutuhkan jarak sekitar 2,9 m.

review mini proyektor BenQ GS2
Skala proyeksi mini proyektor BenQ GS2

Sistem proyeksi juga tentunya telah dibekali dengan lensa auto fokus, sehingga pengguna tidak perlu repot-repot mengatur fokus proyektor saat digunakan.  Pengguna bisa mendengarkan audio melalui dua buah speaker dengan output 2W yang tersedia secara built-in.

Beragam mode preset yang tersedia yaitu Bright, Vivid TV, Cinema, Sport, Camp Fire, Bed time, dan User. Lalu juga tersedia beragam mode pencahayaan diantaranya:

  • Normal
    – Brightness lebih cerah
    – Mode ini hanya muncul saat BenQ GS2 terhubung charger
  • Eco(Brightness sedikit diturunkan)
    – Mode ini tidak muncul saat BenQ GS2 tidak terhubung charger
  • Battery Mode
    – Brightness lebih rendah dibanding Mode Normal & Eco

Fitur-fitur Unggulan

Selain unggul secara kualitas proyeksi gambar, proyektor mini BenQ GS2 juga memiliki fitur-fitur unggulan lainnya. Antara lain:

  • Sertifikasi IPX2
    – Splash proof (cipratan air)
    – Shock prrof (dari ketinggian 0,5 meter)
  • Eye-Protection Sensor
    review proyektor mini BenQ GS2

    – Lampu proyektor secara otomatis akan mati ketika ada yang mendekat ke arah lampu proyektor
    – Sensornya mampu membaca objek yang mendekat  dengan jarak sekitar 30-50 cm
  • LumiExpertfor Ambient Light
    – Fitur Ambient Light Sensor yang dapat menangkap kondisi cahaya di sekitar proyektor
    – Bila kondisi ruangan cukup terang, brightness pada layar proyeksi akan meningkat.
    – Sebaliknya, jika kondisi ruangan gelap, brightness pada layar proyeksi akan menurun.
  • Parental Timer
       – Anda dapat melakukan pengaturan waktu penggunaan BenQ GS2 ketika akan digunakan oleh anak
    – Misalnya saat anak ingin menggunakan BenQ GS2 untuk bermain game atau menonton video
  • Aptoide TV

    Aplikasi Aptoide TV sudah tersedia langsung di dalam proyektor BenQ GS2
    – Aptoide TV menyajikan berbagai aplikasi seperti misalnya Aplikasi video Streaming:
    ○ YouTube, Netflix, Vidio, Prime, Viu, AnimeLab  dan lain sebagainya.
    ○ Bahkan termasuk aplikasi game android
Daftar Isi
Pages: 1 2 3
Tags:

Share This:

Comments

RANDOM ARTICLES