Radiasi Handphone – Part 3: Dampak Radiasi Terhadap Kesehatan

Reading time:
June 16, 2010

Dari penelitian beberapa tahun lalu, dampak radiasi handphone terhadap manusia masih mitos belaka. FDA sebuah organisasi dunia, melakukan sebuah sebuah penelitian terhadap para pengguna handphone dan menyatakan bahwa dampak tersebut tidak signifikan dan hampir tidak ada. Pernyataan tersebut didasari pada hasil penelitian yang dilakukan terhadap para pemakai handphone yang menggunakannya dalam jangka waktu 3 tahun. Ini tentu saja bukan hasil yang valid karena bibit kanker biasanya tumbuh dalam waktu yang lebih lama.

Tomi Cancer 65
Kanker otak akibat radiasi handphone.

Saat ini, penelitian dampak radiasi handphone terhadap kesehatan semakin gencar dan semakin intensif. WHO sebagai salah satu organisasi besar dunia mensponsori para ilmuwan dunia untuk melakukan penelitian mengenai masalah ini. Hasil yang diperoleh menyatakan memang terdapat benang merah antara radiasi handphone terhadap kesehatan manusia. Beberapa penelitan menyatakan kemungkinan besar manusia terkena kanker otak akibat terlalu sering terkena radiasi handphone.

Berikut beberapa hasil penelitian yang dilakukan para peneliti dunia:

  • Sebuah penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan di Denmark, Finland, Norway, Sweden, dan Inggris menemukan bahwa orang yang menggunakan handphone selama lebih dari 10 tahun memiliki risiko terkena glioma pada bagian kepala yang sering dipergunakan untuk menelepon. (IARC –  International Agency for Research on Cancer; 2008)
  • Ilmuwan dari Prancis dan Jerman melaporkan bahwa penggunaan handpone dalam jangka waktu yang lama dapat memperbesar kemungkinan terkena glioma. (Hours – 2007; Schuz Bohler Berg – 2006)
  • Para pengguna handphone yang telah mempergunakannya selama 10 tahun atau lebih, memiliki resiko yang lebih besar untuk terkena glioma dengan persentase sebesar 90 persen. (Hardell 2009; Kundi 2009)
  • Penggunaan handphone 10 tahun atau lebih secara signifikan meningkatkan resiko terkena acoustic neuroma, semacam tumor otak pada sisi kepala yang digunakan untuk menelepon. (IARC 2008; Schoemaker 2005)
  • Penelitian dari Israel melaporkan bahwa penggunaan handphone dalam jangka waktu panjang dapat menyebabkan tumor. (Sadetzki 2008)

Dari para ilmuwan yang telah melakukan penelitian terhadap masalah radiasi handphone ini, dapat ditarik benang merah. Penggunaan handphone dalam kurun waktu 10 tahun atau lebih dapat meningkatkan risiko terkenanya kanker otak ataupun tumor. Terutama pada sisi kepala yang sering dipergunakan pada saat pembicaraan menggunakan handphone.

Selain kanker otak ataupun tumor, para ilmuwan juga menemukan beberapa indikasi dan kemungkinan penyakit lain.  Para peneliti dunia juga mengungkapkan bahwa bukan hanya kanker otak ataupun tumor yang dapat terjadi pada kesehatan manusia. Penyakit lain seperti penurunan kualitas sperma, vertigo, Alzheimer, dan migrain dapat terjadi akibat dampak dari radiasi handphone. Berikut adalah beberapa hasil yang diperoleh dari penelitian yang dilakukan oleh ilmuwan dunia:

  • Beberapa peneliti dari Denmark mencatat resiko terkena penyakit selain kanker dan tumor dampak dari radiasi handphone adalah migrain dan vertigo. (Schuz 2009)
  • Ilmuwan menemukan kemungkinan terkena penyakit Alzheimer lebih besar akibat radiasi elektromagnetik. (Huss 2009)
  • Penelitian dari U.S, Australia, Jepang, dan Eropa melaporkan bahwa radiasi handphone berpengaruh terhadap jumlah, kualitas, dan daya tahan sperma. (Agarwal 2009; De Luliis 2009; Erogul 2006; Fejes 2005; Salama 2009; Yan 2007)

Para peneliti dari Tanah Air juga meneliti mengenai dampak dari radiasi handphone dapat menyebabkan penurunan kualitas sperma sebesar 30 persen. Dampak dari handphone memang sangat berbahaya terhadap kesehatan manusia. Dampak tersebut lebih besar lagi pengaruhnya terhadap anak-anak. Otak anak-anak lebih rentan terkena penyakit kanker otak dan tumor dibandingkan orang dewasa.

emf brain1emf brain2emf brain3
Penetrasi radiasi handphone terhadap orang dewasa.Penestrasi radiasi handphone pada anak usia 5 tahun.Penestrasi radiasi handphone terhadap anak usia dibawah 5 tahun.

Dari gambar di atas dapat diambil kesimpulan bahaya radiasi handphone jauh lebih berbahaya untuk anak-anak dibandingkan dengan orang dewasa. Berikut adalah beberapa penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan:

  • Penelitian dari University of California, Los Angeles menemukan korelasi antara penestrasi exposure terhadap radiasi handphone dan anak-anak. (Divan 2008).
  • Penelitian yang dilakukan para ilmwuan France Telecom menunjukkan bahwa pengguna handphone pada kondisi standar dapat mengakibatkan pelunakan tulang tengkorak anak dan dewasa. (Wiart 2008)
  • Anak-anak menyerap 2 kali lebih besar dibandingkan orang dewasa terhadap penestrasi radiasi handphone. (Gandhi; 1996; Kang 2002; Wang 2003)
  • Anak anak lebih memiliki risiko yang lebih besar terhadap radiasi handphone dibandingkan dengan generasi orang dewasa saat ini. (NRC 2008b)

Dari penelitian yang dilakukan oleh para ilmuwan, dapat diambil kesimpulan bahwa anak-anak lebih rentan terhadap penetrasi  radiasi handphone dibandingkan dengan orang dewasa. Ilmuwan dari berbagai negara setuju bahwa radiasi handphone memiliki dampak yang berbahaya untuk orang dewasa ataupun untuk anak-anak.

anak2
Penggunaan handphone pada anak-anak.

Radiasi handphone terhadap manusia saat ini sudah menjadi ancaman bagi kesehatan manusia. Sayangnya, standar yang ada saat ini belum “menyentuh” dampak radiasi handphone terhadap anak-anak. Di negara dunia ketiga, masalah radiasi handphone sendiri belum menjadi masalah utama. Indonesia sendiri belum memiliki standar yang mengatur masalah ini.

Handphone tidak hanya memiliki dampak terhadap kesehatan secara fisik saja. Secara psikologis, handphone memiliki dampak tersendiri. Sifat individualis mulai timbul pada saat anak mulai keranjingan  handphone.   Dari penelitian yang dilakukan oleh penulis,  saat ini handphone sudah bukan hanya sebagai alat komunikasi saja. Handphone mulai menjadi barometer status sosial.

anak1
Sifat Individualis dapat timbul akibat penggunaan handphone.

Berikut adalah hasil survey yang dilakukan penulis terhadap 300 orang pengguna handphone yang telah menggunakannya lebih dari 10 tahun dengan intensitas penggunaan yang sangat sering.

  • Migrain. Para pengguna handphone di Indonesia yang mempergunakan handphone dengan jangka waktu yang cukup lama sering kali dihinggapi penyakit migrain.
  • Pendengaran. Para pengguna handphone sering mengeluhkan berkurangnya  pendengaran.

Dari data yang diperoleh, hampir 80 persen penduduk Indonesia tidak mengetahui masalah ini atau kurang peduli akan masalah radiasi handphone. Selain itu, masuknya berbagai jenis handphone ke Indonesia tidak dibarengi dengan penyortiran terhadap tingkat keamanan produk-produk tersebut.

Loh? kok artikel ini sudah part 3 saja? Tenang, Anda dapat membaca seri Radiasi Handphone ini mulai dari Part 1: Specific Absorption Level, dan juga Part 2: EWG Version . Masih ingin mencari artikel terkait dengan Gadget, kunjungi kategori Gadget kami juga!

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…