Tips Memproteksi Handphone: Proteksi File

Reading time:
June 17, 2010

Perlindungan terhadap data yang terdapat pada handphone merupakan hal yang sangat diperlukan. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan mempergunakan software proteksi dari   produsen pihak ketiga baik yang berbayar ataupun yang gratisan. Beberapa software yang dapat dipergunakan untuk memproteksi data Anda adalah :

Hide Me

Freeware ini dapat memproteksi file file penting yang ada pada handphone. Konsep dari freeware  ini adalah menyembunyikan file-file yang berada pada handphone Anda. Software ini dapat diperoleh di www.getjar.com. Aplikasi ini dapat berjalan pada OS Symbian, Blackberry, dan OS lainnya yang mendukung J2ME.

Freeware ini dapat dipergunakan untuk handphone yang memiliki File Connection API. User dapat mengakses galery/memory yang tersedia pada handphone.  Hide Me cukup mudah dipergunakan dan cukup familiar.

Synorate File Locker

Para pengguna Window Mobile dapat mempergunakan Synorate File Locker untuk memproteksi file-file yang ada pada pada perangkat Anda. Synorate File Locker ini mendukung file berekstensi jpg, bmp, doc, xls, mp3, wmv, dan pdf. Synorate File Locker dapat dioperasikan dengan mudah. Anda cukup memilih file yang akan diproteksi, beri password, maka file tersebut sudah terproteksi oleh Synorate File Locker

File Locker1 sm

Synorate File locker ini tersedia dalam bentuk trial, Anda diwajibkan untuk membeli aplikasi ini bila ingin mempergunakan seluruh feature yang tersedia. Anda dapat mendownload aplikasi ini di http://www.synorate.com/.  Aplikasi ini cukup kecil dan hanya membutuhkan kapasitas 1 MB saja. Sayangnya, aplikasi ini hanya tersedia untuk pengguna Windows Mobile saja.

Touch Crypto

Touch Crypto adalah sebuah freeware yang diciptakan oleh Kenvast Software (www.kenvast.com), berfungsi untuk memproteksi file. Touch Crypto mempergunakan algoritma 128 AES untuk melindungi data seperti jpg, doc, xls, dan 3gp. Aplikasi ini dapat berjalan pada perangkat berbasis Symbian. Baik yang memiliki thumbs, qwerty keyboard, ataupun touchscreen.

TC GIF

Feature lain yang menarik adalah aplikasi ini dapat meunjukan thumbnail untuk file gambar sehingga memudahkan Anda untuk melakukan proteksi terhadap file yang akan dienkripsi. Untuk saat ini, Touch Crypto baru tersedia hanya untuk OS Symbian saja.

Selain mempergunakan software pihak ketiga untuk mengamankan data, Anda juga dapat melakukan proteksi dengan memperbaiki kebiasaan yang dapat merugikan Anda sendiri. Beberapa cara agar data Anda aman dari para pencuri data adalah dengan cara :

PIN dan PUK

Fasilitas ini dapat dimanfaat kan untuk mengamankan data Anda. Anda cukup mengunci handphone Anda dan memasukkan nomor PIN yang telah Anda tentukan. Bila Anda lupa akan nomor PIN Anda maka Anda dapat memasukan nomor PUK Anda untuk membukanya. Namun, lebih baik Anda tidak melupakan nomor PUK yang telah Anda ketahui, sebab bila Anda melupakannya, akan merepotkan untuk mengaktifkannya kembali.

Dengan mempergunakan PIN lock, handphone Anda cukup aman dari para pencuri data. Sebab pada saat handphone terkunci dengan PIN lock, handphone Anda tidak dapat dipergunakan tanpa memasukan kode PIN yang telah Anda pasang.

Phone Lock

Handphone yang beredar saat ini biasanya memiliki feature ini. Feature phone lock sebenarnya mirip dengan PIN lock, bedanya dengan PIN lock adalah phone lock yang tidak memiliki batas entry kode. Bila terjadi kesalahan entry kode, kartu yang simcard yang ada pada handphone tidak terkunci. Fasiliatas ini dapat dipergunakan sebagai sarana pengamanan handphone Anda dari orang-orang yang ingin mencuri data Anda.

Format

Bila Anda menjual handphone Anda, sudah seharusnya Anda memformat handphone Anda atau mengembalikan handphone ada pada posisi default factory. Hal ini dilakukan untuk melindungi data Anda yang terdapat pada handphone. Kerap kali hal ini sering dilupakan oleh kita, pada saat hal ini terlupakan maka data pribadi dan data penting yang ada pada handphone sudah bocor keluar. Hal seperti ini yang sering terjadi di masyarakat kita.

Back Up

Dengan membackup data Anda, Anda tidak perlu lagi takut kehilangan data Anda secara teknis. Hal ini juga sering terjadi, ketika Anda menjual handphone Anda dan memformatnya. Data yang penting dan masih dibutuhkan dapat Anda kembalikan pada handphone baru Anda. Sehingga pekerjaan yang Anda sedang lakukan tidak terganggu dengan hilangnya data.

Agar data yang terdapat pada handphone Anda tetap aman, ada baiknya untuk mengikuti beberapa tips yang telah dijabarkan di atas. Hal ini dapat dilakukan dengan mudah dan tidak menghabiskan waktu Anda. Data Anda tetap aman dan tentunya Anda terhindar dari persoalan seperti yang sedang terjadi pada video panas mirip Ariel, Luna Maya, dan Cut Tari.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…