5 Modifikasi Kinect Paling Futuristik

Reading time:
December 24, 2010
kinect hacked

Kinect memang menjadi teknologi motion-sensor yang paling mumpuni saat ini. Kemampuan kamera berteknologi tinggi di dalamnya yang dapat digunakan untuk membaca gerakan dan ruang secara tiga dimensi membuat para gamer dapat memainkan game hanya dengan menggunakan tubuh mereka tanpa perlu peralatan tambahan. Kinect menghadirkan sebuah pengalaman bermain yang sangat menarik dan belum pernah ada sebelumnya.

Microsoft yang menghadirkan teknologi ini untuk konsol besutan mereka, XBOX 360 ternyata tidak mampu melakukan optimalisasi fitur yang mungkin dapat dihasilkan oleh Kinect itu sendiri. Tidak heran jika kemudian para modders di seluruh dunia yang melihat potensi yang mampu dihasilkan oleh perangkat ini berlomba-lomba untuk melakukan modifikasi terhadapnya. Setelah open-source driver nya ditemukan, Kinect menjadi primadona. Tidak hanya karena teknologi yang dibawanya, namun fungsi-fungsi yang sebenarnya mampu ia lakukan. Sebuah pintu untuk menuju kenyataan dari teknologi yang selama ini hanya mampu kita lihat di film-film science fiction belaka.

Dari begitu banyak modifikasi fungsi yang dilakukan pada Kinect, ada lima yang terkesan paling futuristik :

5. Pertunjukan Boneka Interaktif

Kinect puppetry

Salah satu modifikasi yang akan membuat para anak-anak merasa senang dan hidup di dalam mimpi. Modifikasi ini memungkinkan para penggunanya untuk melakukan gesture tertentu dengan menggunakan tangan, yang kemudian akan terbaca oleh Kinect sebagai perintah untuk memunculkan sebuah gambar tertentu ke layar. Dengan menggerakkan tangan kita, sang gambar binatang juga akan bergerak mengikutinya. Jika bisa disimpulkan, ini adalah sebuah pertunjukan bayangan binatang dengan menggunakan Kinect.

4. Membuat Kita Menghilang ala Predator

Kinect Predator

Dengan menggunakan perintah tertentu pada Kinect, perangkat ini dapat digunakan untuk membaca posture dan gesture tubuh kita secara keseluruhan dalam ruang tiga dimensi dan membuatnya tidak tampak dalam kamera. Modifikasi ini membuat Anda seolah menghilang dengan jubah ajaib milik Harry Potter atau seperti menggunakan teknologi menghilang milik Predator. Keren!

3. Membuat Robot Mengenali Lingkungan

Kinect robot

Kinect yang telah dimodifikasi juga dapat diadaptasikan pada robot. Robot akan dapat mengenali lingkungan di sekitarnya dalam ruang lingkup tiga dimensi, mengenali mereka, dan bergerak bebas mengitarinya. Yang membuatnya semakin menarik, Robot ini akan dapat mengenali manusia dari data kedalaman gambar yang didapat dari kamera Kinect membuat potensi perkembangan robot di masa depan yang semakin besar. Menggerakkan robot dengan hanya menggunakan tangan? Why not?

2. Virtual Reality di Dalam Game

Kinect virtual reality

Dengan menggabungkan teknologi bernama HMD dan Kinect yang telah dimodifikasi, kemungkinan untuk menghadirkan sebuah virtual reality di dalam dunia game semakin terbuka lebar. Anda akan dapat memainkan karakter game Anda dari sudut pandang orang pertama, dan menggerakan setiap aspek posture dan gesture dari karakter tersebut menggunakan kinect. Jika Anda menggerakkan kaki, sang karakter utama akan menggerakkan kaki. Jika Anda menari, sang karakter Anda menari mengikuti gerakan Anda. Dan jika Anda berusaha berjalan pelan di atas titian yang tipis, karakter Anda juga akan dapat melakukannya.

1. Teknologi Navigasi Komputer ala Minority Report

Kinect minority report

Dan teknologi futuristik yang paling kita inginkan tentu saja adalah melakukan navigasi pada layar komputer dengan hanya menggerakkan tangan dari kejauhan. Membuka dokumen, memperbesar gambar, membangun model tiga dimensi yang kesemuanya dapat dilakukan dengan hanya sebuah gerakan tangan sederhana. Seperti pada Minority Report atau komputer modern nya Stark di dalam Iron Man.

Walaupun Kinect hadir sebagai teknologi kontroler motion-sensor belaka, dengan melakukan modifikasi terhadapnya, manusia dihadapkan pada potensi kemajuan teknologi yang sangat besar. Jika dalam beberapa bulan saja modifikasi seperti ini sudah dapat dihadirkan, bayangkan apa yang akan dapat diimplementasikan dalam beberapa tahun ke depan. Amazing!

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

July 24, 2021 - 0

Video – Review RedmiBook 15: Laptop Termurah Dengan Core i3 Gen-11

Xiaomi akhirnya resmi merilis laptop pertama mereka di Indonesia, yaitu…
July 19, 2021 - 0

Review ASUS ROG STRIX G15 Advantage Edition (G513QY) : Full AMD dengan Ryzen 9 5900HX + Radeon RX 6800M

ASUS ROG Strix G15 Advantage Edition hadir dengan komponen ‘Full…
July 17, 2021 - 0

Review Lenovo Yoga Duet 7i: Laptop 2-in-1 Detachable dengan Kamera Terbaik

Form factor bisa menjadi penentu yang sangat penting bagi seseorang…
July 14, 2021 - 0

Review Acer Predator Helios 300: Ngebut Banget!

Belakangan ini, laptop berperforma tinggi dengan spesifikasi tinggi, sudah dituntut…

Gaming

July 23, 2021 - 0

Upacara Pembukaan Olimpiade 2020 Diisi Dengan Banyak Musik Video Game!

Olimpiade 2020? Apakah kita baru saja menemukan sebuah mesin waktu…
July 23, 2021 - 0

miHoYo: 7 Benua Genshin Impact Akan Lengkap di 2025!

Dengan gaya distribusi konten yang ia usung, Genshin Impact memang…
July 23, 2021 - 0

Codemasters Umumkan GRID Legends untuk 2022

Menjadi salah satu kunci utama EA untuk terus menelurkan game…
July 23, 2021 - 0

Director Translasi Peringatkan Tema Cerita Berat Lost Judgment

Setting boleh sama, namun pendekatannya benar-benar berbeda. Bukan hanya kita…