CCleaner: Sang Pembersih PC

Reading time:
February 26, 2011

Seiring dengan berjalannya waktu, kinerja sebuah PC umumnya akan melambat. Banyaknya “sampah” yang menumpuk pada PC dapat menjadi biang kerok melambatnya PC. Dengan mempergunakan CCleaner , PC kita dapat dirawat kembali. Berbagai file sampah seperti file temporer, cookies yang sudah tidak terpakai yang memakan resource cukup besar dapat dibersihkan dari PC kita.

CCleaner ini sendiri merupakan sebuah freeware hasil karya dari sebuah perusahaan di Inggris bernama Piriform. Perusahan ini berusaha untuk mengembangkan berbagai software untuk dapat memaksimalkan PC Anda. CCleaner sendiri dapat Anda download langsung dari website resminya yang beralamat di www.ccleaner.com. Software ini memiliki interface yang mudah untuk dipergunakan. Menu utama terdapat pada sisi kanan dengan icon-icon menarik yang menggambarkan berbagai feature dan fungsi dari CCleaner itu sendiri.

Menu

Software ini menawarkan beberapa menu utama yang sangat menarik, tampil dengan icon-icon yang bergambar mempermudah penggunaan dari software ini. Menu tersebut meliputi:

1. Cleaner

Feature ini tersedia dengan dua pilihan  panel yaitu Windows dan Application. Pada panel Windows, Anda akan menemukan pilihan Internet Explorer, Windows Explorer, System, dan Advance. Keempat submenu ini dapat menganalisa sistem untuk mencari file-file yang tidak diperlukan lagi. Dengan menekan tombol Run Cleaner, file-file yang sudah tidak terpakai tersebut akan dibersihkan.

Untuk menu Application, CCleaner akan mencari berbagai aplikasi yang kurang berguna namun memakan resource besar. Software ini juga dapat menganalisa masalah yang terjadi pada suatu aplikasi dan mencoba untuk memperbaikinya.  kemudian membersihkannya dengan aplikasi ini.

2. Registry

Menu ini berguna untuk menghapus semua registry yang bermasalah. Dengan memilih opsi “Scan for Issues”, registry yang bermasalah akan muncul pada panel di samping. Anda dapat membetulkan registry yang bermasalah tersebut dengan menekan tombol “Fix Selected Issues”.

3. Tools

Pada bagian ini Anda akan menemukan tiga buah menu yaitu “Uninstaller”, “Startup”, dan “System Restore”. Pada menu Uninstaller, Anda dapat melakukan proses uninstall berbagai aplikasi yang telah terinstal pada PC Anda. Sementara itu, pada menu “Startup”, Anda dapat memilih aplikasi apa saja yang hendak Anda jalankan pada saat Windows pertama kali berjalan. Untuk menu “System Restore” Anda dapat mengatur kebutuhan proses backup sistem Anda.

4. Setting

Anda juga dapat melakukan setting aplikasi CCleaner ini sesuai dengan kebutuhan Anda. Pada menu ini, Anda dapat mengatur berbagai hal seperti, pemilihan bahasa yang dipergunakan untuk aplikasi ini, cookies yang hendak Anda hapus atau simpan secara otomatis, file atau folder tambahan yang dapat Anda delete, exclude. CCleaner juga menyediakan opsi Advance Setting bagi Anda yang ingin melakukan konfigurasi secara lebih detail.

Support

CCleaner hanya tersedia untuk platform Windows saja.  Pengguna Windows XP, Windows 2000, Windows Vista, dan Windows 7 dapat mempergunakan CCleaner untuk memaksimalkan sistem Anda. Sementara itu, bagi Anda yang menginginkan support langsung dari Piriform, Anda diwajibkan untuk membeli account support yang tersedia di website CCleaner. Dengan account Support yang Anda miliki, Anda dapat bertanya berbagai masalah teknis seputar software ini.

Piriform menyediakan dua buah jenis account support yaitu “at Home” dan “at Work”. Untuk account support “at Home” per PC dijual dengan harga 24.95 USD untuk masa dukungan selama satu tahun penuh. Untuk account suppor “at Work” tersedia Premium Business Support dengan aplikasi CCleaner Network Edition. Harga support yang ditawarkan beraneka ragam tergantung dengan berapa banyak penggunaan CCleaner itu sendiri. Berikut adalah tabel harga penggunaan CCleaner :

LicenseRegular PriceDiscount PriceOrder
10 Users$250$199Buy Online
25 Users$500$399Buy Online
50 Users$1000$799Buy Online
100 Users$2000$1600Buy Online
500 Users$4000$3200Buy Online
500+ UsersPOAPOAContact Us

Anda akan mendapatkan dukungan penuh bila anda membeli Premium Business Support. Dukungan tersebut meliputi Prioritas Email Support, Perbantuan untuk deployment, Dukungan file instalasi, kustomisasi pembersihan aplikasi, ataupun akses untuk bisnis aplikasi terbaru.

Network Edition

Perawatan PC dalam skala besar memang tidak terlalu mudah. Melihat hal ini, Piriform meluncurkan CCleaner versi Network Edition. Hal ini ditujukan agar para penggunad apat mengelola PC mereka secara terpusat lewat satu server. CCleaner Network Edition sendiri nampaknya lebih cocok digunakan di perkantoran, mengingat perkantoran biasanya menggunakan PC lebih dari 10 unit.

Software Network Edition ini sudah termasuk dalam harga pembelian Premium Business Support. Kelebihan CCleaner Network Edition ini adalah dapat dipergunakan pada networking kecil ataupun besar, analisa terpusat untuk semua komputer di jaringan jaringan, penjadwalan pembersihan atau instalasi melalui satu tempat, serta tingkat keamanan yang tinggi dengan transfer file terenkripsi

Help

Sangat disayangkan panduan penggunaan tidak tersedia secara offline. Namun, bagi Anda yang tidak memiliki account support CCleaner, Anda masih dapat mengakses FAQ di websitenya bila terjadi masalah secara teknis dari software ini.

Kesimpulan

CCleaner adalah sebuah tools software yang dapat membantu mengelola performa PC Anda. Dengan feature yang berlimpah, software ini tersedia dalam bentuk freeware. Namun, bila Anda ingin mempergunakan software ini dengan dukungan penuh, Piriform menawarkan support yang maksimal dengan harga yang relatif murah. Apalagi bila Anda menggunakan software ini untuk kepentingan kantor atau bisnis, Anda disarankan untuk membeli Premium Buisniss Support sehingga Anda dapat memaksimalkan penggunaan software ini. Bila Anda cukup puas dengan versi freewarenya Anda juga dapat berpartisipasi untuk mendonasikan sedikit uang Anda untuk pengembangan software ini ke depannya.

Load Comments

Gadget

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Laptop

November 14, 2020 - 0

Review Infinix Note 8: Murah, Kencang, Besar dan Lengkap

Infinix belakangan ini cukup gencar meluncurkan produk terbaru mereka. Setelah…
November 12, 2020 - 0

[Video] Jawab 25 Pertanyaan Soal Black Shark 3

Setelah sebelumnya kami telah mereview produk Black Shark 3,  dan…
November 12, 2020 - 0

“Mending Rakit PC” Desktop, Pakai Tablet?

Memiliki laptop di rumah mungkin sudah menjadi lumrah bagi sebagian…
November 10, 2020 - 0

Review Realme Narzo 20 Pro: Gaming Kencang, Harga Rp 3 Jutaan

realme kembali merilis seri Narzo terbaru yaitu Narzo 20 dan…

Gaming

November 24, 2020 - 0

Hyrule Warriors: Age of Calamity Jadi Game “Musou” Terlaris Sepanjang  Masa!

Terhitung mengagumkan memang, bahwa untuk game action yang notabene sudah…
November 24, 2020 - 0

Spesifikasi PC untuk Immortals Fenyx Rising

Menggabungkan sensasi open-world yang disukai banyak gamer dari Assassin’s Creed:…
November 24, 2020 - 0

The World Ends with You Dapatkan Seri Baru, Jadi 3D

Meninggalkan kesan yang mendalam untuk banyak gamer yang sempat mencicipinya…
November 24, 2020 - 0

Cyberpunk 2077 Hadirkan Opsi  Sensor Ketelanjangan

Sebuah apresiasi memang pantas diarahkan kepada developer-developer yang atas nama…