NostalGame: Resident Evil

Author
David Novan
Reading time:
March 19, 2011

Hal Yang Saya Sukai Dari Resident Evil

Sebagai seorang gamer yang sangat menghargai sisi permainan dibandingkan hal lain, Resident Evil tentunya memberikan kenikmatan yang sangat tinggi untuk saya. Berikut saya rangkum beberapa hal yang cukup mengesankan dalam game ini!

Survival Horror

Ungkapan tersebut tidak hanya isapan jempol saja. Tidak seperti game modern dengan genre serupa yang hanya mengandalkan suasana gelap, monster dengan bentuk yang mengerikan, dan cerita yang setaraf film horror Holywood, game ini memberikan kesempatan bagi saya untuk benar-benar bertahan hidup. Kelangkaan peluru, musuh yang sering mengejutkan saya, jebakan yang mematikan, dan keterbatasan benda yang dapat dibawa adalah beberapa dari feature yang membuat game ini begitu menegangkan.

Bermain Dengan Pintar

Segala keterbatasan yang ada dalam game membuat gaya permainan yang saya jalani juga harus berbeda dibandingkan ketika memainkan game action biasa. Saya harus memikirkan saat yang tepat untuk menghindar, menembak, mencari jalan lain untuk melewati sebuah ruangan, dan menentukan benda apa saja yang dibawa. Terus terang, hal tersebut membuat game ini sangat menarik untuk dimainkan!

Keterbatasan Untuk Menyimpan Permainan

Apa yang terjadi ketika Anda mati di dalam game action terbaru saat ini? Anda akan muncul kembali di checkpoint yang telah dilewati, yang biasanya tidak begitu jauh dari posisi Anda mati. Begitu juga dengan fasilitas Quick Save dan Quick Load. Bagaimana dengan Resident Evil? Anda hanya bisa menyimpan permainan dengan menggunakan benda bernama Ink Ribbon! Benda yang sangat penting ini selain jumlahnya terbatas juga cukup sulit ditemukan! Jadi, saya tidak dapat sering menyimpan permainan. Hal ini membuat game menjadi semakin menegangkan. Karena, bila saya mati setelah melawan sebuah boss dan save terakhir kali berada jauh sebelum melawan boss tersebut, maka saya harus mengulang semuanya kembali!

nostalgame resident evil 011
Mau menyimpan permainan? Temukan dulu Ink Ribbon!

Dua Cerita dan Tingkat Kesulitan

Feature untuk memilih karakter yang dimainkan bukan saja memberikan cerita yang berbeda, tetapi juga membuat game menjadi lebih sulit! Karakter Jill yang mendapat banyak bantuan dari Barry serta memiliki kemampuan untuk membuka beberapa jenis kunci menggunakan Lockpick tentu tidak sama cara bermainnya dengan Chris yang mendapatkan sangat sedikit bantuan.

nostalgame resident evil 012
Pilih cerita Anda!

Mode Ekstra

Mode tambahan, dengan bentuk permainan yang lebih menarik setelah berhasil menamatkan game ini, merupakan salah satu ciri khas Resident Evil yang dibawa hingga sekarang. Selain itu, saya juga dapat menemukan senjata baru yang hanya bisa didapatkan dengan menyelesaikan game dalam batas waktu tertentu. Contohnya, untuk mendapatkan Rocket Launcher yang sangat kuat, saya harus menamatkan game ini dalam waktu tiga jam!

Hal Yang Saya Tidak Sukai Dari Resident Evil

Hanya dua hal yang tidak begitu saya sukai dari game ini, yaitu akting yang seadanya dalam Live Action FMV dan voice acting serta sudut kamera yang tidak begitu bagus! Walaupun sebenarnya saya hafal beberapa dialog yang dilontarkan dalam game, tetapi akting yang seperti film murahan membuat cerita yang serius menjadi tidak begitu terasa ketegangannya. Kemudian mengenai sudut kamera yang tidak baik; kamera yang statis memang merupakan keterbatasan PlayStation dan mungkin sebuah usaha untuk membuat game lebih menegangkan. Namun, sangat konyol bila harus mengalami luka karena saya mengambil jalan yang tidak diperlihatkan kamera dan di dalamnya ada zombie menunggu!

nostalgame resident evil 013

Sensasi Saya Ketika Memainkannya Kembali

Saya sangat menikmati game ini seperti ketika pertama kali membelinya dahulu pada tahun 1996! Ternyata, waktu yang begitu lama tidak mampu melunturkan kualitas game ini bila dibandingkan dengan game survival horror terbaru. Resident Evil mampu memberikan ketegangan yang telah lama saya cari dalam game terbaru. Bila boleh jujur, ketika saya memainkan kembali game ini, saya sampai menemui layar Game Over sebanyak tiga kali di satu jam pertama! Padahal, saya tidak pernah mengalami hal ini di game terbaru yang sejenis! Kesimpulannya? Game zaman sekarang dibuat jauh lebih mudah daripada Resident Evil! Bila Anda ingin merasakan game survival horror sejati, mainkan kembali Resident Evil!

Load Comments

Gadget

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…

Laptop

October 22, 2021 - 0

Review OMEN by HP 16-b0064TX: Laptop Gaming HP Kelas Atas yg Paling Murah

Gaming Test Bagaimana performanya jika dipakai untuk bermain game? Ini…
October 21, 2021 - 0

Apa Itu Chromebook? Laptop Unik, Murah, Mudah Digunakan, Feat. Zyrex Chromebook

Chromebook: Terbaik Untuk Anak Ada 2 masalah yang umum dihadapi…
October 18, 2021 - 0

Review MSI GE76 Raider (2021): Monster Gaming dengan Spesifikasi Tinggi dan Layar 360 Hz

Storage Test – CrystalDiskMark Read – 7083 MB/s Write –…
October 16, 2021 - 0

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Laptop EVO Murah dengan RAM 16GB dan SSD Super Kencang

Storage Test CrystalDiskMark Read – 6854 MB/s Write – 5091…

Gaming

October 22, 2021 - 0

GTA The Trilogy: The Definitive Edition Lepas Trailer dan Screenshot Perdana!

Menyebut sebuah produk sebagai “remaster” di industri game tidak selalu…
October 22, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Grand Theft Auto The Trilogy: The Definitive Edition

Abaikan sementara nama super panjang lebar yang entah mengapa, dirasa…
October 22, 2021 - 0

Resident Evil 4 VR Buang Aksi Intip Rok Ashley

Serahkan urusan kepada Capcom dalam upaya untuk membawa salah satu…
October 22, 2021 - 0

Emulator PS3 – RPCS3 Kini Bisa Booting Semua Game Playstation 3

Progress yang diperlihatkan emulator Playstation 3 – RPCS3 selama beberapa…