Gaming Dengan Notebook MSI GT680

Author
David Novan
Reading time:
April 25, 2011

Crysis 2

Crysis 2 merupakan game yang telah lama ditunggu kehadirannya oleh pecinta game action. Reputasi Crysis sebagai seri game yang menampilkan kualitas tampilan tinggi dan permintaan spesifikasi hardware yang luar biasa telah diketahui dengan baik di kalangan gamer PC. Sayangnya, Crysis 2 tidak begitu menakutkan bila dilihat dari spesifikasi PC yang dimintanya. Hal itu disebabkan penggunaan DirectX 9 yang tergolong bersahabat dengan PC mainstream. Selain itu, pengaturan video yang begitu minim membuat game ini tidak dapat diatur dengan bebas.

msi gt680 Crysis2

Namun, apakah permintaan spesifikasi PC yang “bersahabat” itu dapat dijalankan dengan baik di notebook ini? Untuk membuktikannya, game ini dimainkan dengan menggunakan setting tertinggi terlebih dahulu, yaitu resolusi 1920×1080, vsync off, dan spesifikasi graphics pada tingkat Extreme. Hasilnya, game ini berjalan agak lambat dan gerakan mouse untuk membidik terasa tidak nyaman. Tingkat frame rate yang dihasilkan juga tergolong rendah, yaitu berkisar antara 25 hingga 15 fps.

Demi meningkatkan kualitas permainan, setting game diubah ke tingkat very high. Pada setting ini, permainan baru dinyatakan nyaman dan dapat dimainkan dengan baik. Pergerakan mouse untuk membidik menjadi jauh lebih baik, nyaman di mata, dan pada saat bersamaan tidak menghilangkan kualitas tampilannya yang indah. Game ini mampu berjalan pada tingkat frame rate 30 hingga 25 fps.

Kesimpulan: Penggunaan DirectX 9 memang cukup disayangkan untuk game sekelas Crysis 2, tetapi hal ini justru menguntungkan gamer dengan spesifikasi PC yang tidak extreme. Notebook ini mampu menjalankan Crysis 2 dengan baik pada setting very high. Selain nyaman dimainkan, Anda juga masih dapat menikmati kehancuran New York dengan kualitas tampilan yang tinggi.

Need for Speed Shift 2

Need for Speed Shift 2 menjadi game balapan dengan permintaan spesifikasi PC yang tertinggi saat ini. Tampilannya yang mengesankan dan efek permainan yang keren tentu saja sebanding dengan permintaan tersebut. Namun, apakah spesifikasi tersebut masih berada di bawah kemampuan maksimal notebook ini? Atau malah berada di atasnya? Untuk membuktikan siapa yang lebih unggul, game ini dimainkan dengan menggunakan setting tertinggi. Namun, setting anti-aliasing dimatikan terlebih dahulu dan akan ditambahkan begitu notebook ini mampu menangani setting tinggi tersebut.

msi gt680 need for speed shift2

Untuk melihat kemampuan notebook ini, setting diatur pada resolusi 1920×1080, texture high, anisotropic filtering 16x, vsync off, motion blur high, car detail high, track detail high, dan shadow detail high. Kualitas tampilannya sudah pasti sangat bagus. Namun, apakah pengalaman bermain Anda akan terkena imbasnya? Ternyata, game ini dapat berjalan dengan baik dan nyaman. Tingkat frame rate yang dihasilkan ketika menggunakan setting ini berkisar antara 50 hingga 35 fps.

Nah, sekarang saatnya melibatkan anti-aliasing dalam setting game ini. Apakah kenyamanan permainan tersebut masih dapat dipertahankan? Setting anti-aliasing dipatok pada high dengan menggunakan pengaturan tampilan yang sama seperti di atas. Ternyata, performa permainan menurun cukup besar pada setting ini. Walaupun frame rate terpatok di sekitar 25 fps, kenyamanan berubah total menjadi tidak enak dimainkan. Jadi, game ini sebaiknya tetap berada pada setting anti-aliasing dimatikan.

Kesimpulan: Game ini berjalan dengan baik dan nyaman dengan menggunakan setting tertinggi. Selain enak dimainkan, Anda juga masih dapat menikmati kualitas tampilan yang tinggi, efek tampilan yang keren, dan melihat kerusakan yang terjadi pada mobil kesayangan. Namun, jangan gunakan setting anti-aliasing bila ingin tetap nyaman memainkan game ini.

Bagaimana menurut Anda? Apakah notebook gaming ini cukup berharga untuk Anda miliki? Hampir semua game dapat dimainkan dengan menggunakan setting tertinggi dan nyaman dimainkan. Sayangnya, notebook ini masih kurang bagus untuk memainkan game dengan menggunakan DirectX 11 dan di saat bersamaan menggunakan resolusi high definition 1080p. Namun, harga sekitar US$1800 membuat MSI GT680 menjadi notebook gaming yang patut Anda pertimbangkan. Biasanya, kemampuan seperti ini hanya dapat ditemui di notebook gaming seharga di atas US$2500.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Bodi dan Desain Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9) Form Factor…
March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…

Gaming

March 15, 2024 - 0

Baru Rilis, Suicide Squad Sudah Diskon 40% di Steam

Pernahkah Anda melihat kasus dimana sebuah video game yang sudah…
March 15, 2024 - 0

Trailer Teranyar Eiyuden Chronicle: Hundred Heroes Pamer Banyak Karakter Baru

Sangat disayangkan memang bahwa sang penggagas - Murayama-san tidak bisa…
March 15, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Final Fantasy VII: Ever Crisis

Bersama dengan rilisnya Final Fantasy VII Remake beberapa tahun lalu…
March 15, 2024 - 0

Kostum Paling Seksi Stellar Blade Juga Naikkan Tingkat Kesulitan!

Ada dua jenis gamer yang saat ini tengah menantikan kehadiran…