Rabbit Hole: Melewati Fase Duka untuk Kehidupan Baru

Reading time:
May 25, 2011

Saat pengumuman Best Actress pada ajang bergengsi Academy Awards 2010 lalu, saya bersorak saat mengetahui bahwa Natalie Portman berhasil menang dan mengungguli empat kandidat lainnya, yaitu Annette Bening (The Kids Are All Right), Jennifer Lawrence (Winter’s Bone), Michelle Williams (Blue Valentine), dan Nicole Kidman (Rabbit Hole). Walau begitu, saya sempat penasaran dengan akting keempat aktris tersebut yang memang sudah lama malang-melintang di dunia perfilman Hollywood.

Dari lima nominasi di atas, dua di antaranya sudah saya nonton filmnya. Pertama, tentunya film psychological thriller Black Swan yang berhasil “menyihir” mental saya hingga film berakhir. Film kedua adalah Rabbit Hole, yang untungnya, akan segera tayang di sini.

rabbit hole movie poster

Rabbit Hole memang bukan film gres karena sudah ditayangkan secara terbatas di beberapa teater di Amerika sejak Desember 2010. Film bergenre drama ini berkisah mengenai kehidupan suami-istri dalam menjalani hidup mereka setelah kehilangan balita semata wayang mereka, Dhany, akibat kecelakaan mobil. Becca (Nicole Kidman) masih belum bisa menerima kepergian anaknya tersebut yang berpengaruh ke hubungan intim dengan Howie (Aaron Eckhart), suaminya. Becca juga menyingkirkan semua hal yang berhubungan dengan Dhany. Bahkan, Becca berniat menjual rumah tempat mereka pernah menghabiskan waktu bersama Dhany. Howie, berusaha sekuat tenaga untuk mempertahankan rumah tangganya dengan mengikuti perkumpulan penyembuhan trauma. Namun, rencana tidak berjalan sesuai rencana dan hubungannya dengan Becca berada dalam tahap terberat yang bisa mendatangkan kehancuran kapan saja.

rabbit hole

Ide cerita film ini hampir sama dengan film The Greatest (2010) yang mengisahkan perjuangan sebuah keluarga untuk menyembuhkan diri dari kehilangan besar salah satu anggota keluarga mereka. Namun, dalam Rabbit Hole, rasa duka difokuskan hanya kepada Becca dan Howie dan cara mereka mempertahankan rumah tangga mereka. Sekilas, cerita ini memang terlihat sederhana dan biasa Nothing special. Namun, yang membuat film ini menjadi begitu “berkelas” adalah penampilan prima Nicole Kidman yang berperan sebagai Becca.  Nicole berhasil membawakan karakter Becca begitu sempurna, membuatnya terlihat layaknya istri normal namun terlihat begitu tertekan di waktu lainnya. Nicole sukses menyajikan kegelisahan yang dirasakan karakter Becca dengan sangat gemilang. Tak heran ia mendapatkan nominasi Best Actress untuk perannya di film ini.

Rabbit Hole Movie Trailer Official HD

Jika Anda memiliki pemikiran bahwa film-film yang lolos Oscar adalah film dengan mutu dan kesulitan tingkat tinggi, begitu juga dengan film ini. Menggunakan genre drama murni, film ini memiliki plot yang cukup lambat dengan deretan adegan yang mungkin akan menyiksa batin penonton yang terbiasa menyaksikan film penuh aksi yang identik dengan sound kencang, car chase, dan high-tech effect. Film ini unggul dengan caranya sendiri, yaitu dengan menyajikan serangkaian adegan penuh makna mengenai perjalanan hubungan sepasang suami-istri yang berupaya sekuat tenaga bangkit dari keterpurukan.

Rabbit Hole awalnya adalah naskah drama yang ditulis oleh David Lindsay-Abaire yang dimainkan pertama kali tahun 2005. Tahun 2007, drama ini mendapatkan Pulitzer Prize untuk kategori drama. Selain Pulitzer Prize, film ini juga berhasil mendapatkan empat nominasi dalam Tony Awards dan berhasil menang di kategori Best Actrees in a Play yang saat itu diperankan oleh Cynthia Nixon.

Tanggal rilis:
20 Desember 2010 (USA)
Genre:
Drama
Durasi:
91 menit
Sutradara:
John Cameron Mitchell
Pemain:
Nicole Kidman, Aaron Eckhart, Dianne Wiest, Tammy Blanchard, Miles Teller
Studio:
Blossom Films

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…