Sweet Home 3D: Mendesain Rumah Idaman

Reading time:
June 7, 2011

Sebelum memutuskan untuk membangun atau membeli sebuah rumah, satu hal yang Anda pertimbangkan adalah desainnya yang sesuai keinginan Anda. Beberapa faktor penting, seperti efesiensi ruangan, peletakan peralatan rumah tangga, dan keindahan merupakan sesuatu yang harus dipertimbangkan dengan matang.

Bila memiliki dana lebih, biasanya orang akan menyewa seorang desainer. Namun, bagaimana jika anggaran tidak mencukupi? Tentunyam Anda harus melakukan semuanya sendiri. Dengan begitu, Anda akan mendapatkan dua manfaat sekaligus: menghemat dan mendapatkan tatanan rumah sesuai keinginan. Anda bisa membuat desain rumah impian Anda menggunakan sebuah aplikasi bernama Sweet Home 3D.

pict 41

Sweet Home 3D adalah sebuah freeware yang dikembangkan SourceForge.net di bawah lisensi GNU General Public Lisense. Aplikasi ini dapat digunakan untuk mendesain rumah, mulai dari tahap pembangunan sampai peletakan perabot rumah tangga. Anda dapat mendesainnya dengan format 2D dan melihat hasilnya dalam bentuk 3D.

Feature

Sweet Home 3D merupakan salah satu aplikasi berbasis 3D yang cukup dapat diandalkan. Aplikasi ini memiliki berbagai feature dasar yang cukup menarik.

Blueprint

Menciptakan blueprint mulai dari ruang tamu, dapur, kamar tidur, ruang keluarga, kamar mandi, sampai dengan halaman belakang dapat dilakukan dengan mudah melalui aplikasi ini. Hanya dengan keyboard dan mouse, Anda dapat menggambar tembok lurus, miring, dan bulat dengan dimensi yang akurat. Untuk pintu dan jendela dapat ditambahkan dengan cara drag dan drop ke dalam dinding kemudian biarkan Sweet Home 3D yang melakukan sisanya.

pict211 pict11 600x4331

Funiture Model

Freeware ini dilengkapi dengan 3D furniture model sehingga rumah yang telah dibangun dapat didekorasi sesusai perabotan rumah tangga yang Anda miliki. Lebih dari 75 jenis furnitur tersedia di aplikasi ini, mulai dari meja, bangku, kursi, tempat tidur, TV, komputer, hingga perlengkapan mandi. Tiap furnitur yang disediakan aplikasi ini teroganisasi dengan baik sesuai dengan kategori penempatan yang biasa ada dalam rumah.

Customisasi

Software ini memberikan kebebasan untuk mengkreasikan ide yang ada di kepala Anda. Hampir setiap detail dapat diwujudkan. Andap dapat merotasi posisi furnitur dengan mudah, menambahkan teks sebagai keterangan lebar dan panjang, bahan-bahan yang digunakan, dan lain sebagainya. Untuk melengkapi ide Anda dalam berkreasi, setiap furnitur, tembok, dan langit-langit rumah dapat diubah ukuran, tekstur, dan warnanya.

Photo dan Video

Bukan hanya desain saja yang ditawarkan aplikasi ini. Anda juga dapat mengatur cahaya lampu di dalam rumah, pantulan cahaya di cermin, dan bahkan sinar matahari yang masuk ke dalam rumah. Pengaturan cahaya ditambahkan untuk menghasilkan desain yang nyaris identik dengan kondisi rumah yang sesungguhnya.

pict31

Plugin

Feature yang tersedia dapat dikembangkan lebih jauh dengan menggunakan program Java. Anda dapat mengunduh berbagai plugin yang disediakan atau mengembangkannya sendiri dengan turunan berdasarkan Model View Controller Architecture.

Impor dan Ekspor

Bila Anda memiliki blueprint untuk membangun rumah dengan menggunakan aplikasi lain, Anda dapat mengimpornya ke software ini. Sementara itu, hasil desain Anda dapat diekspor menjadi file pdf, video, dan image dalam ekstensi file standar yang banyak digunakan di berbagai software lainnya.

Pengujian

Tidak ada kata lain yang dapat menggambarkan aplikasi ini kecuali FUNGSIONAL. Ya, software ini memang sangat bermanfaat untuk membantu mendesain sebuah rumah. Berbagai feature yang ditawarkan aplikasi ini dapat berjalan dengan baik. Walaupun masih memiliki beberapa kekurangan yang dirasa cukup mengganggu, secara keseluruhan software ini patut diacungi jempol.

Desain dan Penggunaan

Tampilan yang dipergunakan software ini memang terlihat standar tanpa animasi yang menarik. Sepertinya hal ini sengaja dilakukan oleh pengembang aplikasi ini agar aplikasi ini dapat digunakan dengan semaksimal mungkin, tanpa ada gangguan sepele di bagian animasi dan sejenisnya Utilities ini terbagi menjadi lima bagian. Di bagian atas Anda akan menemukan sederatan toolbar yang berisi tool-tool untuk membuat desain.

Di sisi kiri atas terdapat berbagai kategori mengenai furnitur, jendela, dan pintu, sedangkan di kiri bawah terdapat berbagai keterangan seputar 3D modeling yang bisa digunakan. Sementara itu, di bagian kanan atas tersedia sebuah jendela yang dapat Anda gunakan untuk merencanakan pembangunan rumah dalam format 2D. Hasil desain Anda dapat dilihat di jendela bawah dalam bentuk 3D.

Kompatibilitas

Aplikasi ini memiliki tingkat kompatibilitas yang cukup baik, tidak mudah crash dengan berbagai software lainnya, dan dapat di-install di berbagai platform OS, termak Mac dan Linux.

Kelebihan dan Kekurangan

3D modeling yang disediakan merupakan salah satu kelebihan yang menarik dari aplikas ini. Tidak semua aplikasi gratisan menyediakan fasilitas ini. Kemudahan penggunaan untuk sebuah desain software merupakan kelebihan lainnya. 3D model furnitur yang tersedia juga dapat ditambah dengan mengunduhnya di website resminya. Untuk pengguna umum, aplikasi ini lebih dari cukup. Namun, bagi para profesional user, mungkin feature yang tersedia di aplikasi ini kurang memuaskan. Disarankan untuk menggunakan aplikasi berbayar yang memiliki feature lebih lengkap dan dapat di-update.

Support

Utilities ini tidak menyediakan panduan secara online dan offline. Di website resmi software ini, Anda akan menemukan berbagai dokumentasi dari FAQ, user guide, dan video tutorial. Bila ingin berpartisipasi untuk mengembangkan aplikasi ini, atau ingin belajar untuk membuat plugin, Anda dapat melihat panduan untuk developer yang telah disediakan.

Bila terdapat masalah yang tidak dijelaskan dalam FAQ, video tutorial, ataupun user guide, Anda dapat mengontak pihak pengembang dengan cara mengklik sesi Contact Us di website ataupun dengan mengirimkan email ke info@eteks.com. Balasan email yang dikirimkan cukup cepat dengan informasi yang dapat membantu Anda menyelesaikan masalah.

Website aplikasi ini juga menyediakan support tambahan selain dokumentasi untuk para pengguna. Beberapa dukungan yang tersedia adalah 3D Models, Textures, Forum, Report bugs, Feature Request, dan Donate. Di bagian Feature Request, Anda diizinkan untuk mengajukan feature tambahan yang diinginkan.

Personal

Sweet home 3D merupakan sebuah aplikasi yang lebih dari cukup untuk para pengguna yang tidak memiliki keterampilan dalam menggunakan software 3D Model profesional. Mengingat aplikasi ini adalah sebuah freeware, tidak ada salahnya mendonasikan sedikit uang Anda untuk pengembang software ini sebagai bentuk pengapresiasian hasil karya orang lain.

Kesimpulan

Sebuah aplikasi yang cocok untuk para pengguna yang tidak memiliki keterampilan khusus atau pengalaman menggunakan 3D desain profesional software. Freeware, desain sederhana, dan kemudahan penggunaan adalah daya tarik dari software ini. Sangat ideal untuk mendesain rumah dan menata ulang tampilan interior rumah Anda.

Keterangan

Kategory:
Freeware (3D Desain)

Platform:
Win Xp, Win Vista, Win 7, MacOS, Linux

Website:
http://www.sweethome3d.com/

Kontak:
info@eteks.com

Unduh File:
http://www.sweethome3d.com/download.jsp

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Ryu Ga Gotoku Punya Pengumuman Besar di Hari April Mop

Berbeda dengan sebagian besar belahan dunia yang lain, April Mop…
March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…