Gaming VIP: Alexey Pajitnov

Reading time:
July 22, 2011
alexey pajitnov2

Apakah kita otomatis menyandang predikat seorang gamer hanya karena kita senang bermain game? Atau menghabiskan 20 jam perhari untuk menatap layar kaca tanpa bergeming sedikit pun? Beberapa orang mungkin langsung akan menyematkan “jabatan” itu untuk Anda. Namun ketika Anda berhubungan dengan komunitas dan saling berdiskusi, pengetahuan menjadi elemen yang penting untuk menentukan hak Anda tas predikat ini. Gamer bukan hanya soal bermain, tetapi juga mengetahui hal-hal yang berada di baliknya, dari proses, fitur, hingga otak-otak jenius yang berdedikasi untuk mengerjakannya.

Di antara semua genre di dalam jagat game, puzzle mungkin yang paling sedikit mendapatkan perhatian. Hanya karena visualisasi nya yang terkadang begitu sederhana dan monoton, serta kesannya sebagai game casual, banyak gamer yang menghindarinya. Namun, perkembangan industri game sendiri mulai menyulap genre ini dengan tampilan berbeda yang jauh lebih menarik. Lihat saja yang dilakukan Atlus dengan Catherine. Memaksa otak bekerja keras, menyusun strategi, menantang dedikasi, dan gameplay yang seakan tak pernah selesai menjadi nilai jual game puzzle hingga saat ini. Permulaan dari kegilaan ini? Tetris!

Anda tidak bisa disebut sebagai seorang gamer jika Anda belum pernah mengenal atau memainkan Tetris sebelumnya. Game puzzle balok yang lahir di akhir tahun 1980-an ini memang begitu memorable. Sederhana namun begitu menantang, game ini berjasa menjadikan banyak anak muda di masa itu sebagai seorang gamer. Di Indonesia, kita mungkin banyak mengenal game ini dari sistem permainan portable – Game&Watch yang sempat marak di kala itu. Jika Anda begitu terikat dengan Tetris, pernahkah Anda mengenal nama Alexey Pajitnov sebelumnya?

Siapa itu Alexey Pajitnov?

alexey pajitnov1

Alexey Leonidovich Pajitnov adalah pria Russia kelahiran 14 Maret 1956. Tidak banyak yang diketahui tentang masa lalunya sebelum ia bekerja untuk pemerintahan Uni Soviet di pertengahan tahun 1980-an. Ia berprofesi sebagai seorang engineer di Dorodnicyn Computer Centre – Soviet Academy of Sciences, sebuah badan penelitian dan pengembangan yang dikuasai oleh pemerintahan Soviet. Tidak ada yang spesial dengan pria Soviet ini hingga pada tahun 1984, ia melahirkan sesuatu yang fenomenal di terminal komputer buatan Russia, Elektronika 60. Sebuah game yang menjadi permulaan dari evolusi dunia game itu sendiri, khususnya genre puzzle yang terus tumbuh hingga hari ini. Tanggal 6 Juni 1984, Pajitnov memperkenalkan kepada dunia: Tetris.

Sebuah Sejarah Lahir

tetrominoes

Dengan mendasarkan diri pada konsep puzzle yang sudah ada sebelum eksistensi dirinya, Pajitnov menjual kembali konsep Tetrominoes – konsep puzzle balok empat kotak yang sudah dikenal sejak masa kebudayaan Yunani kuno. Bersama dengan temannya, Dmitry Pavlovsky, Tetris diciptakan untuk Elektronika 60. Vadim Gerasimov kemudian mengadaptasikannya ke IBM PC dan memulai kesuksesan Tetris setelahnya. Game ini mendunia dengan cepat.

Selama kurun waktu yang cukup lama, Tetris harus menghadapi beberapa tuntutan hak legal akibat potensi keuntungan yang mampu dimunculkannya. Tetris sempat hijrah di Hungaria dan oleh para programmer di sana, Tetris mendapatkan versi Apple II dan Commodore 64-nya. Banyak perusahaan software yang tertarik untuk mendapatkan hak legal eksklusif atasnya, salah satunya adalah Andromeda dari Inggris. Kekacauan dimulai ketika Andromeda mulai menjual “hak paten” game ini ke berbagai perusahaan di seluruh dunia bahkan sebelum ia meminta izin kepada Pajitnov dan akademinya. Perebutan dan tuntutan hukum saling terjadi hingga awal tahun 1990-an.

tetris nintendo

Keputusan untuk merilis Tetris di dua konsol yang paling digandrungi di masa itu, Atari dan Nintendo semakin melambungkan nama game puzzle ini di dunia. Tercatat jutaan kopi game ini terjual dengan laris di pasaran, membuat perusahaan-perusahaan yang “memegang” hak paten atasnya mendapatkan keuntungan super besar. Nintendo lewat konsolnya di masa itu, NES, tercatat sebagai yang paling diuntungkan dari lahirnya Tetris. Bagaimana dengan si pencipta Pajitnov? Semua pertikaian antar perusahaan ini sama sekali tidak memasukkan namanya sebagai pihak yang paling berhak mendapatkan semua royalti atas penjualan Tetris. Ia hanya mendapatkan sedikit sekali uang dari popularitas Tetris.

Apa yang Membuat Alexey Pajitnov Layak Menjadi Gaming VIP?

alexey pajitnov

Dedikasi dan inovasinya mungkin menjadi alasan yang paling utama menjadi Pajitnov layak menjadi gaming VIP kali ini. Anda mungkin berpikir bahwa Tetris adalah sebuah game sederhana, sebuah game yang mudah sekali untuk dibuat dan dihasilkan. Namun perlu diingat, bahwa Pajitnov menghasilkannya melalui sebuah proses kreatif yang tergolong hebat di masanya. Jika ia tidak pernah mulai membuat Tetris, maka cukup diragukan bahwa industri game akan memiliki genre puzzle sama sekali. Tidak dapat dipungkiri, konsep Tetris menginspirasi ribuan game Puzzle yang lahir setelahnya.

Pajitnov juga pernah mengutarakan kepada media bahwa ia merasa sangat senang bahwa game ciptaannya dapat tersebar dan diterima secara baik oleh seluruh dunia. Royalti yang tidak pernah ia dapatkan tidak menghalangi dirinya untuk berbagi energi positif ini. Bahkan Pajitnov terus mengasah kemampuannya lewat partisipasinya di beberapa game yang rilis setelahnya, sebut saja Yoshi’s Cookie, Pandora’s Box, dan Hexic HD. Ia bahkan sempat mendirikan The Tetris Company di tahun 1996 dan kabarnya secara perlahan mulai mendapaktan haknya kembali.

Apakah Anda gamer yang pernah memainkan Tetris sebelumnya? Ingatlah nama Alexey Pajitnov sebagai pria hebat Russia yang berdiri di belakangnya. Bahkan musiknya yang begitu memorable mengandung elemen khas Russia yang kental. Dedikasi dan kerja keras satu orang inilah yang mencetak begitu banyak gamer di dunia.

Little Trivia Tetris

alexey pajitnov3
  • Sudah dimainkan kurang lebih di 185 negara.
  • Dirilis lebih dari 50 platform.
  • Ditranslasikan ke lebih dari 50 bahasa.
  • Didownload kurang lebih 132 juta kali lewat perangkat mobile.
  • 35 juta unit terjual untuk versi Game Boy.
  • 11 Juta kali dimainkan setiap hari melalui Facebook.
  • Tercatat di Guiness World Records sebagai game yang paling banyak di-port.
  • Pajitnov kini tinggal di Amerika Serikat.
  • TGM merupakan pemain tetris paling hebat di dunia. (Anda bisa lihat sendiri dar video di bawah ini).

Source: WikipediaAtariHQ, Tetris.com

Source Gambar: Google

Source Video: Youtube

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…