Review Fujitsu Esprimo EH300: All in One PC yang Hemat Daya

Author
Bimanto
Reading time:
July 11, 2011
Fujitsu Esprimo EH300 1

Menurut kaca mata kami, All In One (AIO) PC  merupakan sebuah jenis produk yang sangat menarik. Berbagai keuntungan akan Anda dapatkan dengan menggunakan produk AIO ini. Hemat tempat karena layar dan komponen PC dijadikan satu, hemat daya (dapat dikatakan daya yang diperlukan untuk menghidupkan sebuah AIO PC mendekati sebuah notebook), pemasangannya mudah dilakukan mulai dari dikeluarkan dari kotak hingga siap digunakan di meja, tidak ada kabel yang berseliweran di meja untuk yang menggunakan keyboard dan mouse wireless, merupakan beberapa alasan mengapa kami menyukai jenis produk PC ini. Sayangnya produk AIO di Indonesia masih sedikit peminatnya.

AIO PC tidak hanya menguntungkan bagi kalangan pengguna rumahan tetapi juga bagi kalangan perkantoran, bisa Anda bayangkan bila mana di dalam ruang lingkup sebuah perusahaan yang menggunakan 100 PC yang menghabiskan sekitar 150watt untuk menyalakan PC dan monitor, lalu di gantikan dengan AIO yang hanya menghabiskan listrik lebih kecil 50 persen. Anda bisa hitung penghematan yang dilakukan oleh perusahaan dengan menggunakan AIO ini. Untuk kalangan perumahan juga sudah pasti menguntungkan apa lagi bila mempunyai ruangan terbatas.

Kali ini, kami kedatangan sebuah AIO PC dari Fujitsu. Produk tersebut adalah Fujitsu Esprimo EH300. Bagaimana dengan performa perangkat ini? Bagaimana dengan konsumsi daya dari perangkat Esprimo EH300 ini? Simak review kinerjanya di bawah ini!

Fujitsu Esprimo EH300 2
Keyboard dan mouse wireless.

AIO PC Fujitsu Esprimo EH300 yang hadir di meja pengujian kami bisa dikatakan menarik karena biasanya AIO menggunakan finishing dengan warna hitam. Namun Fujitsu Esprimo EH300 menggunakan warna putih dengan finishing piano dengan garis mika transparant di sekeliling layarnya. Anda bisa bayangkan bagaimana penampakannya bila sebuah kantor menggunakan AIO ini semua di meja stafnya, kantor Anda akan terlihat memesona. Dengan desain tersebut, AIO ini dapat Anda tempatkan dimana saja tanpa akan merusak pemandangan ruangan Anda, malah akan membuatnya semakin menawan.

Dalam paket penjualannya, Fujitsu Esprimo EH300 disertakan dengan keyboard dan mouse wireless dengan warna dan finishing senada. Sayangnya receiver yang digunakan untuk menyambungkan kedua peralatan itu terpisah dengan AIO sehingga Anda harus merelakan salah satu dari 6 port USB yang dberikan untuk receiver tersebut. Kinerja keyboard cukup baik dengan desain tuts chicklet yang cukup empuk ketika ditekan dan digunakan untuk mengetik. Mouse optical walaupun hanya menggunakan dua fungsi klik dan scroll dapat diandalkan untuk penggunaan setiap hari.

Fujitsu Esprimo EH300 3
Bagian depan: Webcam dan tombol settingan monitor.

Bentuk dari AIO ini bisa dikatakan cukup besar karena mengunakan layar sebesar 20″ (resolusi 1600×900) sehingga ruangan Anda untuk membuka berbagai aplikasi semakin luas dan nyaman. Berbicara soal layar, Fujitsu Esprimo EH300 menggunakan finishing layar glossy yang cukup baik. Brightness-nya terasa cukup baik dan tidak membuat mata lelah bila digunakan dalam waktu lama. Viewing angle-nya juga tergolong baik karena layar tidak mengalami perubahan degradasi warna yang berlebihan jika dilihat dari sisi kiri dan kanan. Layar akan mengalami perubahan degradasi warna apabila Anda melihatnya dari sisi atas dan bawah

Fujitsu Esprimo EH300 4
Bagian belakang: power port, Ethernet, dan USB2.0.

Fujitsu Esprimo EH300 menggunakan prosesor AMD Fusion terbaru E-350 atau yang dikenal sebagai Brazos dengan memori DDR3 SODIMM sebesar 4GB sebagai sumber tenaganya. Urusan graphics tidak bisa ditawar lagi karena prosesor AMD E-350 ini telah ter-integrated dengan ATI Radeon HD6330M di dalam die prosesornya. Sebenarnya, kami sedikit pesimis dengan graphics ini. Berdasarkan pengalaman kami dalam menguji produk dengan prosesor yang sama, Brazos kurang mumpuni untuk menjalankan game 3D. Namun kemampuan graphics dalam prosesor ini dapat menjalankan konten film full HD dengan lancar. Bila Anda hanya menggunakan graphics ini untuk bermain game RPG kelas menengah, prosesor ini masih dapat diandalkan.

Kapasitas penyimpanan data cukup besar, di dalam Fujitsu Esprimo EH300 telah tertanam hard disk sebesar 500GB dengan putaran 7200RPM yang siap menampung berbagai data dan file multimedia Anda. Port konektivitas pada AIO ini juga lengkap, Anda mendapatkan wifi yang mensupport draft b/g/n dan bluetooth serta Ethernet card bila Anda ingin menyambungkan AIO ini melalui kabel LAN.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…