7 Tipe Pengguna iPhone: Yang Manakah Anda?

Reading time:
August 9, 2011

apple logo white

Apple harus diakui merupakan salah satu produsen gadget yang selalu terdepan dalam menghadirkan perangkat yang inovatif. Lihat saja bagaimana mereka berhasil menetapkan standar yang tinggi untuk perangkat pemutar musik melalui iPod, mobile phone melalui iPhone, dan tablet melalui iPad. Semua produk buatan Apple ini menjadi inspirasi utama bagi lahirnya berbagai perangkat yang lahir dari tangan perusahaan kompetitor yang lain. Tidak mengherankan jika Apple selalu berhasil menyedot perhatian para penggila gadget, terlepas perangkat baru apapun yang mereka luncurkan. Dengan desain elegan dan fitur maksimal yang dimilikinya, siapa yang bisa menolak?

Di Indonesia, fenomena kecintaan pada perangkat seperti iPhone dan iPad juga menjadi sebuah fenomena  tersendiri. Basis fans Apple menjadi semakin kuat seiring dengan semakin meluasnya pengetahuan dan kesadaran masyarakat akan perangkat teknologi yang berkualitas. Antri dan berusaha mendapatkan gadget terbaru keluaran Apple menjadi pemandangan yang sudah biasa di Indonesia, walaupun harga yang ditawarkan memang tidak terjangkau untuk sebagian besar kantong masyarakat di sini. Salah satunya adalah iPhone yang kini mulai menggeser posisi Blackberry sebagai ponsel yang prestisius. Ponsel ini kini tak hanya berkembang sebagai alat komunikasi semata tetapi juga lambang prestige dan gaya hidup yang tak dapat terpisahkan.

Semakin maraknya iPhone di tanah air tentu saja melahirkan beberapa golongan pengguna yang memiliki motifnya masing-masing ketika membeli perangkat canggih Apple ini. Dari yang sekadar ikut-ikutan teman sampai yang memang butuh untuk perangkat penunjang mobilitas. Semua variasi pengguna itu ternyata dapat dikelompokkan menjadi tujuh golongan utama. Pertanyaan utamanya, yang manakah Anda?

iphone owner type

Fanboy

worship

Fanboy adalah sebuah kata yang kuat, hanya berjarak beberapa sentimeter dari fanatisme yang berlebihan. Bagi kelompok ini, perangkat Apple adalah yang terbaik dan tidak ada alternatif perangkat lain selain Apple. Bahkan boleh dikatakan, hidup mereka adalah di dalam Apple sendiri. Salah satu ciri yang cukup jelas adalah mereka memiliki hampir semua ponsel iPhone yang sudah lawas, selalu menjadi yang pertama berpindah ke versi terbaru, aktif di berbagai forum Mac, bangga menggunakan baju bertuliskan Apple, dan tentu saja tahu seluk-beluk apapun yang berhubungan dengan Apple. Bagi mereka, Apple tak ubahnya sebuah agama.

Pengikut Tren

shopping

Seperti namanya, golongan ini berisikan pengguna iPhone yang membeli perangkat ini atas dasar tren belaka. Mereka sama sekali tidak peduli dan ambil pusing tentang kemampuan yang mampu dihasilkan oleh sebuah iPhone. Bagi mereka, yang terpenting adalah tampil gaya dan dilihat sebagai seseorang yang terupdate dengan teknologi terkini. Ciri-cirinya adalah mereka menggunakan iPhone hanya untuk telepon dan sms, tidak mengunduh banyak aplikasi, bahkan tidak menggunakannya sebagai pemutar musik. Namun begitu versi terbaru iPhone rilis di pasaran, mereka akan menjadi yang pertama membelinya.

Overuser

iphone toilet

Overuser adalah seorang pengguna iPhone yang berlebih, bahkan melebihi seorang fanboy. Jika fanboy menggunakan perangkatnya untuk tujuan tertentu dan biasanya bekerja secara efektif dan efisien, seorang Overuser menggunakan iPhone hampir untuk semua hal, bahkan termasuk hal-hal yang tidak nyaman untuk dilakukan. Ciri-ciri: ia menggunakan iPhone nya untuk semua hal yang bisa ia lakukan – termasuk bekerja, tidak pernah lepas dari iPhone-nya, selalu melihat layar ponsel ini kemanapun ia pergi, terputus dari kontak dunia luar, bahkan hingga mandi sekalipun.

i-Blackberry

blackberry fruits

Bagi para pengguna yang sudah menggunakan Blackberry, sulit untuk terlepas dari perangkat ini, terutama karena kemampuan dan kemudahan bekerja yang ia tawarkan. Namun, keinginan untuk terus terupdate dengan teknologi terbaru juga membuat para pengguna Blackberry ini membeli perangkat ponsel yang lain sebagai perangkat pendukung. Akibat yang paling jelas? Mereka tetap mengerjakan semua hal dengan Blackberry, dan hanya menggunakan iPhone terbaru mereka untuk memotret dan mendengarkan musik. Sesuatu yang bisa Anda dapatkan dengan iPod yang lebih murah.

Hacker

iphone pirate

Ini mungkin adalah tipe pengguna iPhone paling masif di Indonesia. Begitu menggenggam iPhone barunya untuk pertama kali dan melihat beragam aplikasi berbayar menarik di App Store, golongan ini biasanya langsung melakukan proses jailbreak untuk mendapatkan semua aplikasi tersebut secara gratis. Tidak hanya itu saja, Hacker juga biasanya mengerti tentang aplikasi-aplikasi pendukung yang dapat digunakan untuk kepentingannya pribadi, misalnya mencuri sinyal wi-fi orang lain. Salah satu ciri utamanya adalah sering memaksa para fanboy untuk melakukan proses jailbreak di perangkat mereka.

Orang Tua

old man phone

Tipe ini adalah mungkin yang teraneh di antara yang teraneh. Anda akan melihat banyak orang tua yang memaksakan diri untuk menggunakan perangkat secanggih ini, walaupun mereka sebenarnya tidak mengerti cara untuk memaksimalkannya. Mereka akan mengetik dengan sangat lambat, melihat layar iPhone sebagai layar yang terlalu kecil, berbicara dengan sangat lantang, dan seringkali tidak mendengar bunyi ringtone yang mengalun keras dari saku celana mereka. Golongan ini tentu saja tidak berlaku hanya kepada mereka yang sudah lanjut usia, tetapi juga bagi mereka yang masih muda tetapi berperilaku sama. Untuk apa Anda punya iPhone?

Tukang Komplain

complainer

Pernahkah Anda mendengar seseorang yang selalu mengeluh tentang kelemahan iPhone di depan teman-teman yang lain? Dari sekadar masalah antena, dukungan aplikasi, ketidak nyamanan keyboard virtual, hingga berjuta komplain yang lain. Namun anehnya, golongan ini selalu menggunakan iPhone kemana pun mereka pergi, bertolak belakang dengan apa selalu mereka keluhkan. Walaupun sering mengeluh, golongan ini juga pasti berada di jajaran antrian pertama untuk mendapatkan perangkat terbaru iPhone. Hypocrite?

Dari ketujuh pengguna iPhone di atas, termasuk yang manakah Anda?

Source: visual.ly

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…