Menjajal Star Legends: MMORPG Android yang Mengagumkan!

Reading time:
September 22, 2011

Star Legends 2

Evolusi mobile phone memang kian memesona dari masa ke masa. Jika pada awalnya, perangkat elektronik ini didesain hanya untuk berkomunikasi dua arah dan memperpendek jarak, kini ia juga berperan sebagai perangkat multimedia bergerak terbaik. Semakin pintar, semakin canggih, dan semakin kompleks, ponsel di masa kini dapat mengerjakan hampir semua tugas yang di masa lampau hanya bisa dilakukan oleh komputer. Tidak heran jika ponsel, smartphones khususnya, mulai bertransformasi menjadi intisari gaya hidup dan “jantung” manusia modern saat ini.

Dari antara semua fungsi multimedia yang bisa dilakukan smartphone saat ini, maka fungsi gaming harus diakui menjadi salah satu daya tarik yang paling unik. Gaming dalam konsep portable sudah pasti akan menjadi sarana yang tepat bagi user untuk menemukan sedikit kesenangan dan mengusir kebosanan. Tak ayal lagi, fitur ini menjadi salah satu pertimbangan utama mengapa seseorang memilih smartphones tertentu. Maka atas dasar itulah, para penyedia perangkat keras dan lunak berlomba-lomba untuk menghadirkan ponsel yang memiliki kemampuan cukup untuk mengakomodir kebutuhan itu. Lomba pun dimulai!

Blackberry menjadi yang terbelakang. Ponsel pintar buatan RIM ini memang difokuskan pada fungsi kerja, sehingga tidak dibangun untuk kemampuan gaming yang mumpuni. Namun tren sudah bergeser, kebutuhan konsumen dan kompetisi yang memanas memaksa RIM untuk mulai memikirkan konsep gaming yang lebih baik. RIM datang dengan solusi yang brilian. Dengan konsep BBM Connected, RIM menggabungkan fitur utamanya, Blackberry Messenger ke dalam aplikasi gaming untuk menghasilkan sebuah pengalaman gaming mobile yang baru. Chat dan gaming online secara bersamaan. Apa yang dipikirkan oleh pengguna Android soal “terobosan” yang satu ini? Mereka pasti tertawa terbahak-bahak. Why? Here is the reason..

Langkah Blackberry memang harus diacungi jempol. Konsep BBM Connected yang mereka usung punya potensi yang besar di masa depan. Masa depan dimana MMORPG dapat dijalankan di sebuah smartphone. Namun, malang bagi mereka, masa depan ini ternyata datang jauh lebih cepat untuk para pengguna smartphone berbasis Android. Pada akhir kuartal kedua 2011 ini, mereka sudah mendapatkan sebuah game MMORPG mumpuni yang memukau. Ketika yang lain masih berencana dan membangun, Android sudah memiliki Star Legends: The Blackstar Chronicles yang dikembangkan oleh Spacetime Studios. Sebuah game yang akan membuat kompetitor lain tak mampu berkata apa-apa.

Sebuah Game Online dalam Genggaman

Star Legends 10
Sebuah game MMORPG mobile? Percayakah Anda?

Menyebut Star Legends: The Blackstar Chronicles sebagai sebuah game MMORPG yang mengagumkan bukanlah sebuah gaya bahasa hiperbola tanpa dasar. Pertama kali mencoba game ini, ada sedikit keraguan bahwa konsep MMORPG yang diusung akan sama dengan konsep yang sering kita lihat lewat perangkat yang lebih kuat, seperti konsol maupun PC. Namun siapa yang menyangka jika masa depan memang datang lebih cepat untuk  para pengguna Android. Star Legends hadir dengan kemampuan dan konsep yang selama ini masih berusaha diwujudkan oleh kompetitor yang lain. Sebuah kemenangan telak untuk Android.

Karakter dan Gameplay

Star Legends 4
Buat karakter yang Anda inginkan.

Layaknya sebuah game MMORPG, gamer punya kebebasan untuk mendesain sendiri karakter yang mereka inginkan. Opsi untuk menghadirkan diferensiasi pada setiap bagian tubuh memang sangat terbatas, namun cukup untuk membuat karakter Anda tampil berbeda dibandingkan yang lainnnya. Bentuk, raut wajah, jenis kelamin, warna kulit, hingga bentuk rambut dapat Anda pilih. Langkah terakhir tentu saja memberi nama karakter Anda.

Star Legends 6
Klik daerah yang Anda inginkan untuk bergerak.
Star Legends 17
Klik musuh untuk menyerang dan icon untuk mengaktifkan skill / item tertentu.

Genre utama yang diusung oleh Star Legends lebih mengarah pada Action RPG. Berperan sebagai salah satu pasukan khusus yang ditugaskan untuk menyelediki keberadaan sebuah koloni alien, Anda akan bertemu dengan beragam ancaman sepanjang permainan. Tak pelak lagi, senjata di tangan menjadi teman yang terbaik. Kontrol gerak yang dihadirkan juga sederhana. Anda tinggal mengklik daerah untuk membuat hero bergerak, mengklik musuh untuk membuatnya menyerang, dan mengklik senjata atau icon skill untuk mengaktifkannya. UI yang dihadirkan juga cukup padat, ringkas dan mudah untuk dipahami.

Star Legends 14
Sistem skill dan equipment.
Star Legends 29
Quest untuk membuat Anda sibuk.

Sebagai sebuah game MMORPG, Star Legends tentu saja hadir dengan berbagai elemen dasar sebuah game RPG. Selain sistem experience points dan leveling up, Anda juga akan menemukan hal standar lain seperti item, equipment, dan skill yang dapat digunakan untuk memperkuat karakter Anda. Proses mengubah dan memilih elemen ini dapat dilakukan hanya dengan melakukan klik. Tidak sulit untuk dikuasai. Sistem quest dihadirkan untuk membuat karakter Anda tetap sibuk. Quest tertentu dapat diaktifkan dengan berbicara pada NPC yang tepat. Elemen-elemen inilah yang kemudian bertindak sebagai pondasi, menghadirkan kesan MMORPG yang sangat kuat pada Star Legends.

Load Comments

Gadget

January 17, 2022 - 0

Install Aplikasi di Smartphone Baru Huawei: Sulit atau Tetap Mudah?

Pada bulan Juli 2020 lalu, kami dari Jagat Review sempat…
January 6, 2022 - 0

Review Infinix Note 11 Pro: Smartphone Gaming Harga Rp 2 Jutaan

Di lab pengujian Jagat Gadget, sudah ada Infinix Note 11…
January 6, 2022 - 0

Review Samsung Galaxy S21 FE 5G: Smartphone Flagship Samsung Termurah di 2022

Smartphone Galaxy Fan Edition, ini dimulai dari Galaxy Note FE…
December 24, 2021 - 0

Smartphone Terbaik 2021 Pilihan Kami di Harga 1-2 Juta Rupiah

Melanjutkan dari video-video sebelumnya, kali ini kami dari Jagat Review…

Laptop

January 24, 2022 - 0

Review Lenovo Legion Slim 7 AMD: Laptop Tipis nan Kencang dengan Ryzen dan GeForce RTX

Terkadang kami sering mendengar berbagai pertanyaan seperti ini: “apakah ada…
January 24, 2022 - 0

Review MSI Delta 15 A5EFK-050ID: Laptop Gaming AMD Advantage yang Kencang dan Tidak Mahal

Standar AMD Advantage memang membuat pilihan Laptop Gaming kelas menengah…
January 22, 2022 - 0

Review Infinix INBook X2: Keren, Terjangkau, dan Lengkap dengan Fitur Baru

Pertengahan tahun lalu, Infinix, yang mungkin lebih dikenal lewat smartphone…
January 20, 2022 - 0

Review Axioo Slimbook 14: Laptop Murah dengan Ryzen 3 dan Ryzen 5

Banyaknya kegiatan online seperti sekolah, kuliah dan WFH membuat banyak…

Gaming

January 28, 2022 - 0

Saingan FIFA – UFL Unjuk Gameplay, Jadikan Cristiano Ronaldo Bintang Utama

Jika kita berbicara soal satu genre yang nyaris tak pernah…
January 28, 2022 - 0

Yu-Gi-Oh! Master Duel Tembus 4 Juta Unduhan dalam 1 Minggu !

Menyenangkan tentu saja melihat nama Konami kembali dibicarakan di industri…
January 28, 2022 - 0

Horizon Forbidden West Rampung

Menjadi salah satu seri sekuel yang paling diantisipasi di tahun…
January 28, 2022 - 0

Ubisoft Akan Matikan Game Battle Royale – Hyper Scape April Ini!

Hampir semua gamer sepertinya memahami bahwa genre battle-royale adalah genre…