Review MorseMe: Aplikasi Kode Morse untuk Perangkat BlackBerry

Reading time:
September 23, 2011

Pada zaman dahulu, kode morse merupakan salah satu cara untuk menyampaikan pesan rahasia. Kode tersebut digunakan oleh berbagai negara. Bahkan bila Anda pernah mengikuti sebuah organisasi di sekolah, Pramuka, Anda biasanya akan diajarkan kode morse tersebut. Kini dengan perkembangan teknologi yang terus berkembang pesat, walau kode morse agak sedikit terlupakan, tetapi masih efektif untuk digunakan.

Pertama8

Kode morse adalah sebuah metode transmit tekstual informasi dengan sekumpulan titik yang dapat digunakan dengan berbagai media seperti panjang pendeknya suara dan cahaya yang dapat dimengerti oleh berbagai orang yang telah mempelajarinya. Salah satu fungsional kode morse adalah untuk mengirimkan pesan singkat pada saat keadaan darurat dan menjaga kerahasiaan pesan tersebut. Kini dengan bantuan sebuah produsen software bernama S4BB Limited Anda dapat mengirimkan kode morse melalui perangkat BlackBerry Anda!

Instalasi

Aplikasi ini tidak banyak memakan ruang memory internal BlackBerry Anda, file setup utilities ini hanya sebesar 19 KB. Setelah mengunduhnya dari Blackberry Apps World Anda dapat langsung menjalankannya tanpa harus mengedit application permission-nya terlebih dahulu. Proses instalasi freeware ini mudah dan simple.

Instalasi3

Feature

MorseMe dapat membantu Anda untuk mengirimkan kode morse dengan siapapun yang Anda kehendaki tanpa perlu mempelajarinya terlebih dahulu. Kelebihan inilah yang ditonjolkan oleh S4BB Limited pada produknya kali ini. Berikut beberapa feature yang berada pada MorseMe:

Translate – Setiap key yang terdapat pada keyboard atau virtual keyboard yang terdapat pada perangkat BlackBerry dapat ditranslate dengan mudah. Dengan begitu setiap kalimat yang Anda buat dapat ditranslate ke dalam sederetan kode morse baik dalam bahasa Indonesia ataupun bahasa dunia lainnya.

Spelling Check – Sebelum Anda translate dari huruf alfabet kedalam sandi morse, ada baiknya penulisan dicek terlebih dahulu ejaannya dengan menggunakan feature spelling cek yang tersedia. Feature ini dapat mengecek ejaan bila kalimat yang ditulis ada dalam bahasa Inggris.

Spelling Check

Subscribe Update – Bila Anda mengaktifkan feature ini maka semua berita atau update dari pihak developer akan disampaikan langsung kepada Anda.

Subscribe

Easy to Use – MorseMe merupakan software yang sangat sederhana dan sangat mudah digunakan. Interface aplikasi ini sendiri tidak banyak variasi warna ataupun animasi.

Pengujian

Dari berbagai aplikasi utilities lainnya yang terdapat pada BlackBerry Apps World, aplikasi ini menarik perhatian kami dengan kemampuan yang ditawarkan dalam penulisan pesan. Dengan kode morse yang sudah jarang digunakan oleh khalayak umum, aplikasi ini sangat cocok untuk mengirimkan pesan rahasia. Pada pengujian kali ini kami menemukan beberapa hal menarik seperti berikut:

Easy Translate – Men-translate teks dari berbagai aplikasi sangat mudah dilakukan, cukup dengan memilih teks yang akan dijadikan sandi morse, kemudian klik copy, paste pada area teks pada aplikasi tersebut. Terakhir tekan tombol translate maka Anda akan mendapatkan sandi morse yang diinginkan.

Kebalikan – Sangat disayangkan aplikasi ini tidak dapat mentranslate sandi morse ke huruf alphabet. Bila pihak developer menyertakan feature ini, tentunya aplikasi ini akan lebih sempurna.

Symbol – Setiap simbol yang terdapat pada keyboard atau virtual dapat diterjemahkan kedalam sandi morse sesuai dengan kode yang tersedia

Backlight – Setiap kata atau kalimat yang Anda tulis dapat langsung dijadikan kode morse. Dalam keadaan darurat, Anda bisa menggunakan backlight pada perangkat BlackBerry untuk mengirimkan pesan dalam bentuk kode morse tersebut.

Support

S4BB Limited sebagai pihak developer aplikasi ini mendukung aplikasi tersebut dengan baik sejak 2007. Untuk mendapatkan keterangan lebih lanjut mengenai MorseMe Anda dapat mengunjungi situs resmi yang telah disediakan pada www.s4bb.com. Di sini Anda dapat langsung berinteraksi dengan pihak developer bila menghadapi masalah.

Support4

Personal

Secara pribadi kami menganjurkan aplikasi ini. Dengan kinerja yang baik dan fungsional yang tepat guna, aplikasi ini dapat dijadikan sebagai alat bantu pengirim pesan pada keadaan darurat. Selain itu, aplikasi ini juga dapat Anda gunakan tanpa harus membayar sepeserpun.

Kesimpulan

MorseMe merupakan sebuah aplikasi tepat guna. Dengan mengesampingkan kekurangan yang dimiliki pada aplikasi ini, Anda dapat menggunakannya pada saat darurat atau membutuhkan pertolongan. Untuk kinerja dan feature yang disediakan kami tidak menemukan kendala apapun.

Keterangan

Kategori

Blackberry Apps, Utilities, Sandi Morse

Platform

Blackberry OS 4.5 keatas

Situs Resmi

www.s4bb.com

Vendor

S4BB Limited

Versi

1.1

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…