Hands-On Review: Huawei E5830s – Router Mobile Sederhana dengan Kemampuan Ekstra

Reading time:
October 18, 2011

Internet Hot-Spot di mana saja, itulah konsep yang diusung Huawei dalam produk E5830s. E5830s merupakan sebuah router + modem 3G portabel yang dapat langsung membagi akses Internet dengan koneksi 3G ke beberapa perangkat lain dengan memanfaatkan WiFi. Lalu, kemampuan apa saja yang diusung oleh produk yang disebut Huawei sebagai “Mobile WiFi” ini? Ikuti ulasannya dalam artikel ini!

Kegunaan dalam Keseharian

Sebuah modem ya modem saja. Oke, yang satu ini bisa menggunakan WiFi sebagai sarana konektivitas, jadi kita tidak perlu menginstalasi software pada notebook. Tapi, kenapa tidak membeli modem biasa yang jauh lebih murah saja? Ada beberapa hal yang patut diperhatikan untuk bisa memahami ‘nilai lebih’ dari modem ini.

Lebih dari 1 device bisa terkoneksi ke modem WiFi ini. Apabila Anda sedang berada di jalan bersama kerabat atau teman-teman yang membawa perangkat dengan konektivitas WiFi, modem ini bisa menjadi Access Point bersama. Cukup 1 SIM card 3G sudah cukup untuk meladeni 5 atau lebih pengguna dengan perangkat ber-WiFi.

Modem ini bisa dimanfaatkan untuk perangkat selain notebook. Jadi, kerabat atau teman Anda yang memakai smartphone atau tablet ber-WiFi bisa ikut menggunakan koneksi Internet dari modem WiFi ini. Bahkan Blackberry yang terkenal ‘pilih-pilih’ untuk urusan koneksi WiFi pun bisa menggunakan konektivitas melalui modem WiFi ini.

Dalam beberapa perjalanan team Jagatreview meliput acara di luar negeri, modem WiFi in sempat kami gunakan untuk konektivitas Blackberry yang kami gunakan. Hanya dengan membeli 1 SIM card dengan layanan 3G, beberapa orang dalam team JagatReview bisa tetap terkoneksi Blackberry Internet Service-nya (BIS) tanpa perlu mengganti SIM card yang kami bawa dari Indonesia atau membayar ekstra untuk roaming. Irit, bukan? Kondisi ini sempat kami coba di Amerika dan Taiwan.

Paket Penjualan

DSC02397 R

E5830s datang dalam kemasan yang sangat sederhana, sebuah box dengan ukuran yang tidak terlalu besar, hanya sedikit lebih besar dari kemasan modem 3G berbasis USB yang ada dipasaran. Hal ini dimungkinkan karena sebagai sebuah wireless router, E5830s memiliki ukuran yang sangat ringkas.

Selain unit E5830s, Huawei menyertakan beberapa perlengkapan pendukung dalam paket penjualan produk tersebut, yaitu sebuah kabel USB to Mini USB, selembar “Copyright and Safety Information”, sebuah buku “Quick Start Guide”, serta sebuah baterai.

DSC02403 R

Berdasarkan informasi yang kami dapatkan dari pihak Huawei, E5830s bisa didapatkan di pasaran dalam paket bundling dengan salah satu operator seluler di Indonesia maupun tanpa paket bundling.

Huawei E5830s

DSC02438 R

Huawei E5830s didesain dengan mengutamakan konsep “Mobile WiFi”, karena itulah, walaupun menyandang gelar sebagai sebuah router, kami tidak menemukan deretan port Ethernet di produk ini. Satu-satunya port yang ditemui di E5830s hanya sebuah port Mini USB yang terletak di sisi bawah perangkat. Port ini dapat digunakan untuk menghubungkan perangkat ke komputer sekaligus mengisi ulang baterai perangkat.

DSC02419 R

Baterai? Ya! E5830s memiliki unit baterai yang terpasang di bagian belakang perangkat yang membuatnya mampu beroperasi tanpa tergantung dengan koneksi langsung ke sumber daya eksternal. Di balik baterai tersebut, terdapat slot untuk memasang SIM Card dari operator seluler yang akan digunakan.

DSC02413 R
Tekan tombol ini dan tarik penutup belakang perangkat untuk menjangkau tempat baterai dan SIM card terpasang.
DSC02407 R
Slot tempat memasukkan SIM card yang akan digunakan. Di dekat slot SIM card, terdapat stiker yang menunjukkan SSID dan password standar yang dapat digunakan untuk terhubung ke WiFi perangkat.

DSC02410 R

DSC02446 R
Stiker informasi SSID dan password WiFi juga terdapat di penutup belakang.

Di sisi kiri perangkat, terdapat sebuah slot untuk microSD. Tersedianya dukungan untuk microSD ini membuat E5830s dapat berfungsi sebagai storage, baik yang dapat digunakan bersama dalam jaringan maupun digunakan layaknya sebuah flash drive.

DSC02429 R

Sementara itu, sisi kanan perangkat diisi oleh tiga buah tombol operasional, yaitu tombol power, WiFi/WPS, dan CONNECT. Tombol power tentunya berfungsi untuk menghidupkan dan mematikan perangkat. Tombol WiFi/WPS berguna untuk mengaktifkan dan menonaktifkan modul WiFi sekaligus untuk mengaktifkan WPS. Sedangkan tombol CONNECT digunakan untuk meminta E5830s menghubungkan diri ke Internet.

DSC02426 R

Sebuah layar terdapat di sisi depan perangkat E5830s. Layar yang mirip dengan layar di perangkat ponsel lama ini akan menampilkan berbagai informasi status ketika perangkat sedang digunakan.

DSC02442 R
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…