[PR] Microsoft Anugerahkan Penghargaan “ASLI AWARD” Pertama di Indonesia kepada Dyandra Promosindo

Author
Cerira
Reading time:
November 4, 2011

Wujudkan terciptanya suatu iklim usaha yang melindungi dan menghormati hak cipta karya intelektual bagi produsen piranti lunak

Photo 2

Jakarta, 4 November 2011 – Microsoft Indonesia anugerahkan penghargaan “ASLI AWARD” kategori Event Organizer Ajang Akbar kepada Dyandra Promosindo dalam ajang Indocomtech 2011 yang digelar di Jakarta. Penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi Microsoft kepada pelaku bisnis di Indonesia yang berkomitmen untuk mendukung penegakkan HAKI.

Director Genuine Software Initiative PT Microsoft Indonesia, Sudimin Mina mengatakan “penghargaan “ASLI AWARD” ini merupakan bentuk penghargaan kami terhadap pelaku bisnis yang senantiasa melindungi dan menghormati hak cipta intelektual piranti lunak maupun program komputer di Indonesia. Kami anugerahkan penghargaan tersebut kepada Dyandra Promosindo, sebagai penyelenggara acara Indocomtech 2011, suatu ajang eksibisi yang mengedepankan perlindungan hak cipta bagi para produsen program komputer.”

Menurut data dari hasil studi “Pembajakan Software Global 2010” yang dikeluarkan oleh Business Software Alliance (BSA), saat ini Indonesia menduduki posisi ke-11 di dunia dalam hal pembajakan piranti lunak. Tingkat pembajakan piranti lunak di Indonesia sepanjang 2010 mencapai 87 persen serta nilai potensi kerugian yang dialami oleh produsen piranti lunak mencapai 1.32 miliar dolar AS.

Studi yang dilakukan oleh BSA juga menyatakan bahwa meng-install satu program legal ke beberapa komputer, menjadi salah satu pemicu terbesar dari pembajakan piranti lunak. Hal ini memiliki implikasi yang luas melebihi sekedar industri piranti lunak, namun juga akan berdampak ke seluruh sektor ekonomi, dimana piranti lunak jelas merupakan alat produktivitas di semua sektor.

Penggunaan piranti lunak yang sesuai kaidah akan memberi keuntungan pada penggunaan fitur, pilihan dan kapabilitas yang diperlukan, untuk memaksimalkan produktivitas. Selain itu juga akan melindungi sistem dari ancaman Trojans, spyware dan bahaya-bahaya lain yang mungkin ditimbulkan dari penggunaan piranti lunak palsu. Pengguna pun dapat menikmati akses luas pada piranti lunak yang terbaru, pada pengembangan produk dan layanan dukungan teknis, serta masih banyak lagi.

Peran penting dari para pelaku bisnis dalam menghargai dan melindungi hak cipta karya intelektual akan membantu mengurangi tinggi nya angka pembajakan piranti lunak di Indonesia serta meningkatkan kesadaran masyarakat terhadap manfaat dari penggunaan piranti lunak asli dan berlisensi.  Edukasi yang menyeluruh dari semua pihak, baik pemerintah, penegak hukum, para pemegang atau pemilik hak cipta atas piranti lunak, maupun pemangku kepentingan lainnya, kepada pengguna piranti lunak baik pribadi maupun pelaku usaha atau bisnis juga sangat dibutuhkan untuk meningkatkan pemahaman tentang penggunaan piranti lunak ilegal dalam segala bentuk dan jenisnya

“Selain edukasi, kesadaran dari pengguna juga sangat diperlukan untuk memahami resiko dan kerugian yang timbul dari penggunaan piranti lunak ilegal tersebut. Di sinilah hukum memegang peran penting di Indonesia terkait dengan penindakan atas  masalah pembajakan piranti lunak. Selain bertujuan melindungi para pemegang hak cipta atas piranti lunak, penegakkan hukum juga diharapkan dapat memberikan efek jera bagi mereka yang melanggar hak cipta sekaligus menekan tingkat penggunaan piranti lunak ilegal,” ujar Ir. Timbul Sinaga, Direktur Hak Cipta Design Industri Tata Letak Sirkuit Terpadu dan Rahasia Dagang, Direktorat Jenderal Hak Kekayaan Intelektual Kementrian Hukum, dan Hak Asasi Manusia RI.

“Kami akan selalu mendukung semua pihak untuk selalu melakukan perlindungan terhadap hak cipta para produsen piranti lunak di Indonesia.  Microsoft berkomitmen untuk selalu berperan aktif dalam mencegah dan mengurangi penggunaan piranti lunak ilegal yang terjadi di Indonesia.,” tutup Sudimin.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 14, 2024 - 0

Aktor Utama Starship Troopers Ingin Terlibat dalam Helldivers 2

Berperang mati-matian melawan robot mematikan dan serangga raksasa atas nama…
March 14, 2024 - 0

Otak Star Wars Jedi Buka Studio Baru – Giant Skull

Jika Anda termasuk gamer yang mencintai game-game action berkualitas, maka…
March 14, 2024 - 0

Embracer Resmi Jual Saber Interactive Sebesar 3,8 Triliun Rupiah

Dari sebuah perusahaan video game yang terlihat seolah punya kekuatan…
March 14, 2024 - 0

Empire of the Ants – Game Strategi Berlatar Koloni Semut dengan VIsual Realistis

Kehidupan para serangga memang misterius. Terkadang hadir dengan kompleksitas mereka…