Bagaimana Kabar Gelang Power Balance Saat Ini?

Reading time:
March 20, 2012
power balance

Teknologi memang diciptakan dengan satu tujuan utama, untuk membuat semua aspek kehidupan manusia bergerak lebih efektif dan efisien, atau dengan kata lain: lebih mudah. Namun nyatanya, ketergantungan manusia pada teknologi justru menimbulkan potensi lain yang berbahaya, salah satunya adalah tindak penipuan. Untuk urusan yang satu ini, selama dua tahun terakhir ini, dunia memang harus diakui telah terperdaya dengan “teknologi” tipuan yang pantas dikategorikan sebagai kebohongan terbesar dekade ini. Benar sekali, kita sedang membicarakan gelang “luar biasa”: Power Balance yang sempat menjadi tren.

Hampir sebagian besar dari kita tentu mengenal gelang yang satu ini. Dengan hologram berkilau yang ada pada dirinya, produk ini diklaim mampu membuat penggunanya lebih gesit, fleksibel, dan seimbang. Dengan menggunakan banyak tokoh publik ternama di bidang olahraga, Power Balance perlahan namun pasti mulai “menakhlukkan” dunia, termasuk di Indonesia. Namun apa yang terjadi? Penelitian yang ada membuktikan bahwa gelang yang satu ini hanyalah sebuah produk penipuan yang sama sekali tidak memberikan khasiat apapun. Sederhananya? Sebuah gelang karet biasa yang dijual dengan harga sekitar USD 30 atau Rp 300.000,- di kala itu. Dunia pun berang dan Power Balance kian mundur.

Dengan ditariknya sebagian besar produk yang berada di pasaran, nama Power Balance seperti tenggelam begitu saja. Jadi, apa kabar gelang yang satu ini? Setelah sempat mengumpulkan keuntungan hingga USD 50 juta di akhir tahun 2010, Power Balance mengalami pukulan telak selama penjualan di tahun 2011 silam. Data terakhir menunjukkan bahwa mereka hanya mampu mengumpulkan keuntungan USD 20 juta di Oktober 2011. Dengan penurunan yang begitu drastis ini, perusahaan ini akhirnyan menyatakan diri bangkrut dan terbuka untuk penawaran. Percaya atau tidak, sebuah perusahaan besar dari China – Contec Corp memutuskan untuk mengakuisisinya dengan harga hanya USD 8 juta.

power balance wear

Walaupun informasi tentang gelang yang satu ini telah menyebar luas di seluruh dunia, namun masyarakat yang tinggal di negara dengan sensor yang  ketat kemungkinan besar bahkan tidak pernah mendengar tentang Power Balance sama sekali, termasuk China. Oleh karena itu, tidak mengherankan jika perusahaan China berniat untuk memboyong produk yang satu ini ke daratan mereka. Dengan informasi yang minim dan kepercayaan yang kental akan pengobatan alternatif, masyarakat China tumbuh menjadi “pasar potensial” bagi kelahiran kembali produk yang satu ini.

Secara legal, keputusan akuisisi ini sendiri sudah disahkan olen Badan Kebangkrutan di Santa Ana, namun publik ternyata terus melawan. Salah satu pengacara yang bergerak di bidang perlindungan konsumen – Fillippo Marchino menyatakan bahwa keputusan ini tidak ubahnya melegalkan Power Balance untuk berpindah dan menipu penduduk China dalam jumlah besar. Minimnya pengawasan konsumen di negara tirai bambu tersebut juga akan membuat langkah ini semakin “berbahaya”. Pihak Power Balance sendiri membela diri dengan mengatakan bahwa produk mereka akan masuk secara legal ke negara tersebut dan mematuhi semua hukum dan ketentuan yang berlaku di sana.

Bagaimana dengan Anda sendiri? Apakah Anda masih sempat melihat gelang-gelang dengan merk yang satu ini terikat jelas di tangan orang-orang yang Anda kenal?

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…