Review Android App – Golden Miner: Game Kecil Pengisi Waktu Luang

Reading time:
April 23, 2012

Banyak cara untuk mengusir kejenuhan saat menunggu teman, kolega, keluarga, ataupun urusan lainnya. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan bermain game di perangkat Android.

Pertama8

Salah satunya adalah game bernama Golden Miner. Game ini merupakan salah satu bentuk permainan klasik yang banyak dirilis ulang oleh berbagai produsen dengan berbagai tema dan latar belakang yang berbeda-beda. Aplikasi yang kami uji kali ini merupakan game yang diluncurkan oleh Beijing Tongzhong Technology Co.LTD.

Platform

HTC Aria

2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network:  850/1900 – 900/2100
Dimensi:  103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Instalasi

Seperti biasa, Anda dapat langsung mengunduh aplikasi ini dari Google Play Store atau dari situs resmi pengembangnya di http://gphone.colorme.com.cn/en/about.jsp. Proses instalasi yang kami lakukan berjalan lancar tanpa masalah dan berlangsung kurang dari satu menit. Kapasitas file setup-nya sendiri terhitung cukup besar, yaitu 7.1 MB. Tergolong cukup besar untuk sebuah permainan sederhana.

Alur

Bila mini game pada umumnya memiliki alur yang menarik ataupun sedikit penjelasan mengenai apa yang akan dihadapi di tiap level yang tersedia, di aplikasi ini pihak pengembang tidak menyediakan latar bekalang atau cerita sama sekali. Anda akan langsung dihadapkan kepada sebuah menu berbahasa Inggris dan langsung bisa memainkannya tanpa penjelasan bertele-tele. Golden Miner seperti layaknya sebuah semboyan peranti usb drive, yaitu “Plug and Play”.

What’s in It?

Apa saja yang diperoleh dengan memainkan permainan ini? Tentunya kesenangan! Golden Miner memiliki lima menu utama, yaitu Standard, Expert, Scores, Help, More, dan sebuah menu yang tidak ditampilkan langsung di halaman utama, yaitu shopping. Pihak pengembang mengemas produknya ini dengan dominasi warna kuning yang sesuai dengan tema gold atau emas.

Halaman Utama1

Menu Standard dan Expert memiliki perbedaan tingkat kesulitan. Menu Standard memiliki target nilai yang lebih rendah dibandingkan Expert untuk melewati level yang sedang dimainkan. Scores merupakan perolehan nilai terbaik yang didapat, sedangkan Help berisi panduan singkat, dan More merupakan tempat tersedianya berbagai tawaran game menarik lainnya dari pengembang.

Anda membutuhkan keakuratan dalam mengambil emas atau berlian yang tersedia. Nilai dapat diperoleh dari mengambil emas dari beberapa tingkatan ukuran dan nilai sebesar 50, 100, 250, dan 500. Selain itu, Anda juga dapat memperoleh nilai dari berlian sebesar 600 dan bonus yang ditampilkan adalah sebuah kantung yang bisa menghasilkan nilai, bom, ataupun kekuatan sehingga mempercepat proses pengambilan. Sebagai pengalih perhatian, pihak pengembang menyertakan tikus tanah, tulang belulang, dan batu yang masing-masing memiliki nilai di bawah 50.

Menambang

Rasanya tidak akan menarik apabila level dan tingkat kesulitan yang tersedia kurang menantang. Level dimulai dari 1 sampai 99 di mana terjadi pengulangan mulai dari 1 hingga 30 dan begitu seterusnya berdasarkan kelipatan hingga akhirnya terselesaikan. Sangat menyenangkan ketika mulai memperoleh nilai cukup besar dan bonus yang banyak dari kantung yang telah tersedia.

Menu Shopping yang terpisah dari halaman utama akan selalu hadir setiap sebuah level terselesaikan. Di menu ini, Anda akan memeroleh beberapa barang menarik seperti bom seharga 200 yang maksimal dapat dibeli sebanyak lima buah dan terus bertambah bila mendapatkannya dari bonus. Bom ini berfungsi untuk menghancurkan berbagai barang, baik itu emas, berlian, tikus tanah atau batu sehingga dapat mempercepat proses pengambilan emas dan menghemat waktu.

Shopping

Kedua adalah Strength atau kekuatan yang berguna saat terdapat banyak emas yang harus diambil dengan cara memberikan kekuatan kepada penambang. Sebenarnya, menggunakan fitur ini akan cukup membantu, tetapi waktu yang diperoleh hanya berbeda beberapa detik lebih banyak. Sementara itu, daun kemangi atau clover juga dapat digunakan untuk menambahkan kesempatan atau memperbesar kemungkinan mendapatkan nilai yang lebih tinggi dari kantung bonus.

Animasi

Terdapat dua tokoh utama di aplikasi ini, yaitu seorang penambang dengan peralatannya yang siap mengambil emas atau berlian dari dalam tanah dan seorang wanita yang terdapat di menu Shopping. Sebenarnya, pihak pengembang tidak banyak menyertakan animasi menarik. Pergerakan atau kontrol juga hanya tersedia saat pengambilan emas, yaitu dengan menekan layar di posisi yang tepat.

sCORE

Perpindahan menu atau halaman juga tidak disertakan dengan animasi. Namun, saat menyelesaikan seluruh level, sebuah halaman akan muncul dengan sliding animasi dari atas ke bawah dengan tulisan “Congratulation” yang cukup besar. Selain itu, Anda akan menemukan mata tokoh wanita di menu Shopping berubah berwarna merah ketika memperoleh nilai 666 di tiga angka terakhir.

eXIT

Pihak pengembang menyertakan suara untuk membuat aplikasi ini menjadi lebih menarik. Suara tertawa dari sang penambang akan terdengar berbeda ketika memperoleh nilai yang kecil dan besar. Menurut kami akan jauh lebih baik bila pihak pengembang menyertakani atau musik dengan volume yang dapat diatur dan menyertakan beberapa pilihan untuk mengustomisasi animasi.

Support

Dukungan penuh disertakan oleh pihak pengembang dengan memberikan update di Google Play Store secara berkala dengan berbagai perbaikan atau penambahan fitur. Sayangnya, panduan file yang disertakan secara offline sebenarnya sangat minim. Panduan offline hanya menjelaskan menu Shopping, Throw Bomb, dan Grab things. Kami sendiri merasa bahwa aplikasi ini tidak memerlukan panduan secara khusus karena pengoperasiannya cukup mudah.

HELP

Aplikasi ini memiliki dua buah versi, yaitu gratis yang disertakan dengan sebuah iklan komersial dan versi berbayar seharga US$0.99 tanpa adanya iklan. Minimum requirement hardware harus versi 1.5 (Eclair) ke atas.

Pengembang aplikasi ini juga meluncurkan aplikasi game sejenis, seperti Beertend, Plant Story, dan GManager.

Support5

Kesimpulan

Sebuah permainan yang sangat menarik untuk dimainkan disela-sela menunggu teman atau saat bosan dengan pekerjaan. Walaupun tidak memiliki alur cerita, aplikasi ini tetap dapat membuat gamer kecanduan. Aplikasi ini akan menyedot perhatian dan waktu Anda untuk menyelesaikan setiap level dengan nilai yang memuaskan. Menariknya lagi, aplikasi ini tersedia dala versi gratis yang memungkinkan Anda mengunduhnya tanpa harus membayar sepeser pun.

Keterangan

Kategori
Sport Games

Versi
1.6

Produsen
Beijing Tangzhong Technology Co.LTD

Situs
http://gphone.colorme.com.cn/en/game.jsp

Email
gphone.handcn@gmail.com

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…
March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…