Review Android App – Kommuta: Aplikasi yang Mempermudah Pengguna Memantau Kesibukan dan Rute Transportasi Umum

Reading time:
April 9, 2012

Ketika berbicara tentang Jakarta, kita tidak akan melupakan berbagai macam masalah yang menyelimuti kota ini. Mulai dari segi kebersihan, polusi kendaraan, samapai dengan kemacetan yang biasa terjadi tiap harinya. Bila Anda salah seorang yang belum mengenal kota metropolitan yang satu ini, ada baiknya melakukan perjalanan berkeliling kota menggunakan transportasi umum yang ada.

Pertama3

Wilayah Jakarta memang cukup luas, tetapi dapat dijangkau dengan berbagai kendaraan umum, seperti bus, taksi atau Transjakarta. Bagi Anda pengguna perangkat Android, akan mendapatkan manfaat lebih karena dapat mengakses jalur transportasi umum di Jakarta melalui aplikasi bernama Komutta. Aplikasi ini akan memandu Anda dalam menggunakan transportasi darat di jalanan Jakarta.

Platform

HTC Aria
2G Network: 850/900/1800/1900
3G Network: 850/1900 – 900/2100
Dimensi: 103.8 x 57.7 x 11.7 mm
Berat: 115g
Display: 320 x 480 pixel, 3.2 Inch
Internal: 512 MB ROM, 384 MB RAM
Eksternal: MicroSD sampai dengan 32 GB
WLAN: WiFi 802.11 b/g
Kecepatan: HSDPA 7.2 Mbps
Bluetooth: Yes v2.1 dengan A2DP
Chipset: Qualcomm MSM7227
GPU: Adreno 200
CPU: 600 MHz ARM 11
GPS: Yes A-GPS
OS: Android OS 2.1 (Eclair) upgradeable to Gingerbread

Instalasi

Proses instalasi berlangsung cukup cepat dan mudah. Kapasitas freeware ini setelah berada di perangkat akan memakan memori internal sebesar 1.75 MB. Aplikasi ini merupakan hasil karya anak bangsa yang tergabung di bawah nama MReunion-Labs dan pengembangannya masih dalam versi 0.7.6

Fitur

Sebagai sebuah aplikasi, Kommuta menyediakan berbagai fitur menarik mengenai transportasi darat yang dipaparkan dengan lengkap. Informasi dan berbagai data lain yang berguna dapat membantu Anda menjelajahi Jakarta. Berikut adalah beberapa keuntungan yang dapat diperoleh saat menggunakan aplikasi ini.

Search Engine – Proses pencarian memiliki sistem yang berbeda di setiap menu yang tersedia. Di sini, Anda akan diminta memasukkan data dari tempat keberangkatan sampai tempat tujuan. Lalu, aplikasi ini yang akan menunjukkan jalannya. Proses pencarian sangat mudah dilakukan dan cukup cepat sehingga pengguna tidak perlu menunggu terlalu lama untuk memperoleh hasilnya.

Buss

Database – Aplikasi ini memiliki database yang tergolong sangat lengkap. Anda dapat memperoleh berbagai keterangan dengan bantuan search engine guna mempersingkat proses pencarian data-data yang telah diinput oleh pihak developer. Dimulai dari berbagai nomor bus yang tersedia sampai dengan rute Transjakarta tersedia dan dihadirkan dengan baik.

Bus database

Favorite – Fitur ini berfungsi untuk mempermudah Anda melihat rute yang digunakan setiap hari baik itu dengan bus umum ataupun Transjakarta sehingga tidak perlu melakukan pencarian berulang kali. Dengan meng-input hasil pencarian ke dalam favorit, Anda dapat mengaksesnya langsung dengan menekan tombol bintang yang berada di pojok atas.

Favorit

Friendly Interface – Pengguna akan sangat mudah memakai aplikasi ini tanpa adanya masalah karena interface yang disediakan memang sangat informatif dan tidak banyak variasi yang dapat mengganggu kenyamanan mata. Di sini disediakan empat buah menu dengan simbol atau ikon berbeda yang sesuai dengan jenis kendaraan yang hendak digunakan.

Routes Maps – Sebagai tambahan, sebuah peta yang menunjukkan jalur yang akan digunakan akan muncul bila menekan tombol peta yang berada di bagian pojok atas di antara tombol home dan favorit. Peta yang disediakan membutuhkan koneksi Internet karena aplikasi ini menggunakan engine Google Maps.

Route Map

Pengujian

Apa jadinya bila Anda berkeliling Jakarta tetapi tidak mengetahui amgkutan umum yang tepat? Hasil yang diperoleh kemungkinan besar adalah tersesat ke dalam hutan rimba Jakarta yang sulit untuk ditembus. Dengan Kommuta, semua itu dapat terhindari karena aplikasi ini memberikan berbagai keterangan yang sangat bermanfaat.

Pertama kali menjalankan aplikas ini, kami menangkap kesan yang sederhana, simple, dan sangat informatif. Tampilan awal didominasi dengan warna putih dan hijau, sepadan dengan empat buah menu yang direpresentatifkan dengan gambar ikon-ikon yang sesuai. Keempat buah ikon tersebut disertakan dengan keterangan yang mempermudah Anda menjelajah aplikasi ini jauh lebih dalam lagi.

Bila Anda memutuskan untuk menggunakan Transjakarta, Anda dapat masuk ke menu Transjakarta Route dan lalu memasukkan data keberangkatan mulai dari nomor koridor yang dapat diinput tanpa harus bersusah payah dengan virtual keyboard. Setiap koridor tersedia di sini dan Anda cukup menekan nomor yang sudah tersedia. Begitu pula dengan tempat yang hendak dituju. Setelah selesai memasukkan data, lalu tekan tombol search. Anda pun akan mendapatkan rute yang Anda inginkan.

TransJakarta

Menu kedua adalah train schedule. Anda juga membutuhkan input data demi memperoleh informasi yang akurat dalam menentukan kereta yang akan digunakan. Para pengguna bahkan dapat memilih keberangkatan berikutnya atau jadwal kereta seharian di rute yang telah ditentukan. Selain itu, keterangan yang diberikan meliputi waktu keberangkatan, nomor KRL, jenis KRL, dan stasiun yang dilewati dan tujuan akhir.

Train Schedule

Di menu ketiga akan ditemukan sederetan daftar taksi yang biasa beredar di Jakarta. Pemesanan dapat langsung dilakukan dengan menentukan pilihan taksi kemudian akan muncul nomor yang dapat dihubungi. Setelah menekan nomor telepon yang muncul secara otomatis akan dibawa ke dialpad yang siap melakukan panggilan. Cukup efisien dan menghemat waktu dibandingkan menyimpan nomor telepon taksi di perangkat yang sudah ada.

Menu terakhir yang tersedia adalah bus. Proses pencarian lebih mudah dilakukan karena cukup dengan memasukan nomor bus atau tempat tujuan maka secara otomatis akan muncul hasil yang diinginkan. Pilihan bus juga terbagi menjadi beberapa kategori, seperti bus ekonomi, AC bus, Mini bus, dan angkot.

Bus Location

Dari pengujian yang kami lakukan, aplikasi ini memang patut untuk digunakan. Hal ini dikarenakan tingkat kestabilan yang baik, database yang sangat lengkap, dan metode penyampaian yang sangat informatif. Salah satu hal kecil yang membuat kami cukup tertarik adalah aplikasi dapat digunakan secara portrait dan landscape tanpa ada kesalahan di I-nya.

Suppot

Sayangnya, aplikasi ini tidak banyak menyediakan keterangan lebih lanjut. Walaupun memang tidak dibutuhkan informasi mengenai pengoperasian aplikasi ini tetapi akan lebih baik bila tetap disertakan. Para user asing tidak perlu khawatir mengenai keterbatasan bahasa karena developer mengembangkan aplikasi ini dengan menyertakan bahasa Inggris dan Indonesia yang dapat dipilih. Bila ingin menyampaikan keluhan, menemukan bugs atau bertukar pesan maka Anda dapat menekan menu setting kemudian send feedback.

Support2

Kesimpulan

Siapa pun yang tinggal di Jakarta dengan berbagai keperluannya meng-instal aplikasi ini ke dalam perangkat Android merupakan sebuah langkah bijaksana. Dengan database mengenai berbagai kendaraan umum yang dapat digunakan, Anda dapat mencapai tujuan dengan persiapan yang lebih matang. Dapat dikatakan aplikasi ini sangat membantu dalam mengelilingi ibu Pertama3kota dengan memberikan informasi yang cukup akurat.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…