[Review] Looper: Kehidupan Masa Depan dengan Time Travel, Pembunuh Bayaran, dan Telekinesis

Reading time:
September 29, 2012
Looper Poster

Jika teknologi penjelajahan waktu atau time travel sudah diciptakan, apa yang akan Anda lakukan? Apakah Anda akan mengubah masa lalu untuk harapan masa depan yang lebih baik? Apakah Anda akan mengirim orang-orang yang tidak Anda harapkan ke masa lalu dan membiarkannya meninggal di masa itu? Pertanyaan-pertanyaan di atas merupakan sebagian dari masalah yang diangkat dalam film Looper.

Tiga bulan setelah trailer perdananya mengudara di dunia maya, Looper akhirnya menyambangi bioskop-bioskop tanah air. Film yang dibintangi Joseph Gordon-Levitt (50/50) dan Bruce Willis (The Expendables) mengambil setting di tahun 2044. Pada saat itu, teknologi penjelajahan waktu belum ditemukan, tetapi 30 tahun setelahnya teknologi tersebut sudah tersedia.

53647

Pembunuh bayaran dan teknologi penjelajahan waktu

Meskipun dicap ilegal, gembong kriminal di masa depan kerap menggunakan teknologi penjelajahan waktu untuk mengirim target ke masa lalu. Sampai di tahun 2044, para pembunuh bayaran yang dikenal sebagai Looper mendapat tugas untuk menghabisi dan menghilangkan jejak target-target tersebut. Sayangnya tidak ada pekerjaan yang bersifat permanen.

looper picture07

Ketika para kepala kriminal ingin mengakhiri kontrak, mereka akan mengirim kembali versi tua dari Looper yang bersangkutan untuk dibunuh. Dengan begitu, tidak ada sisa jejak yang dapat menghubungkan organisasinya dengan sang Looper. Namun, membunuh versi masa depan diri sendiri bukanlah hal yang mudah, sedangkan membiarkan target lepas memiliki konsekuensi fatal.

Konflik muncul ketika Joe (Joseph Gordon-Levitt) berhadapan dengan target terakhirnya, yaitu Joe versi tua (Bruce Willis). Berbeda dari target lainnya, tangan Joe tua tidak terikat dan kepalanya tidak tertutup pada saat muncul. Kondisi tersebut memberikan kesempatan bagi Joe tua untuk menghindari tembakan Joe muda dan melarikan diri.

8

Kegagalan itu membuat kedua Joe dikejar-kejar oleh atasannya, Abe (Jeff Daniels). Pelarian tersebut mempertemukan mereka dengan seorang wanita bernama Sara (Emily Blunt) dan anaknya, Cid (Pierce Gagnon). Apa yang hendak dilakukan oleh Joe muda dalam menghadapi situasi tersebut? Apa yang direncanakan oleh Joe tua di tahun 2044? Apa relenvansi Sara dan Cid dalam masalah itu?

Film terbaik tahun ini?

Layaknya film sci-fi, Looper menampilkan sejumlah desain konsep kendaraan dan gadget menarik, seperti sepeda motor yang mampu mengambang dan ponsel mungil yang bentuknya menyerupai brosur. Namun, yang lebih menarik adalah alur cerita yang disuguhkan. Tidak ada momen membosankan dalam film tersebut. Setiap percakapan menyuguhkan informasi baru mengenai dunia Looper atau justru memunculkan misteri dan pertanyaan-pertanyaan baru.

looper tristar pic01

Beragam adegan menegangkan pun disajikan dengan apik, dari baku tembak penuh darah hingga aksi telekinesis sejumlah karakter. Sayangnya tidak semua efek visual dalam Looper tampil dengan sempurna. Adegan Joe mengendarai sepeda motor terbang di tengah padang jagung mengingatkan saya akan adegan kejar-kejaran dengan speeder bike dalam Star Wars Episode VI: Return of the Jedi. Bukan aksi kejar-kejarannya yang serupa, melainkan perpaduan tampilan latar dengan Joe yang tampak tidak nyata.

Berbeda dengan film laga pada umumnya, Looper tidak bersandar kepada kekuatan adegan baku tembak yang disajikan. Alur cerita yang dikembangkan sang sutradara Rian Johnson sendiri mendorong hadirnya unsur-unsur drama yang mengharukan. Penampilan prima masing-masing pemeran, termasuk Paul Dano (Cowboys & Aliens) yang hanya mendapat porsi kecil dalam film, pun memperkuat cerita yang disuguhkan Looper.

53650 looper picture10

Penonton diajak menyelami kehidupan Joe yang terbentang dari tahun 2044 hingga 30 tahun ke depan, dilema yang dihadapi masing-masing karakter, dan kisah mengharukan yang mendorong hidup mereka. Beragam adegan berhasil membuat saya penasaran, serta duduk di ujung kursi menanti sebuah gebrakan atau suara tembakan yang mengejutkan. Yang paling menarik, tidak ada pertanyaan tak terjawab hingga film berakhir. Hanya perasaan puas, terpukau, dan keinginan untuk menontonnya lagi.

looper still08

Kesimpulannya, Looper merupakan film sci-fi dengan suguhan bumbu-bumbu apik yang siap memancing emosi penonton. Jika bukan karena The Dark Knight Rises, saya rasa Looper pantas dianggap sebagai film terbaik tahun ini. Menariknya, Joseph Gordon-Levitt turut ambil bagian dalam kedua film itu.

Tanggal rilis:

28 September 2012

Genre:

Action, thriller, Sci-fi

Durasi:

118 menit

Sutradara:

Rian Johnson

Pemeran:

Joseph Gordon-Levitt, Bruce Willis, Emily Blunt

Studio:

DMG Entertainment, Film District

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 27, 2024 - 0

Review Acer Predator Helios Neo 16 2024: Helios Neo Naik Kelas?

Laptop yang satu ini bukan cuma kenceng buat gaming, tapi…
March 19, 2024 - 0

Review ASUS Zenbook 14 OLED (UX3405): Laptop Ringan Idaman!

Laptop Intel Core Ultra akhirnya mulai dijual di Indonesia. Salah…
March 18, 2024 - 0

Review Huawei MateBook D 14 (2024): Bodi Metal, Kencang dan Terjangkau!

Laptop yang satu ini harusnya sudah tidak terlalu asing lagi…
March 15, 2024 - 0

Review Lenovo Yoga Slim 7i (14IMH9): Daya Tahan Baterai Laptop 2024 Harusnya Begini!

Laptop layar OLED yang satu ini ternyata baterainya irit banget…

Gaming

March 28, 2024 - 0

Relic Entertainment Pisah dari SEGA, Kembali Indie

Sebagian besar dari kita mungkin seringkali salah menyimpulkan bahwa SEGA…
March 28, 2024 - 0

Spesifikasi PC untuk Marvel Rivals

Di atas kertas, ini adalah konsep yang seharusnya bisa menuai…
March 28, 2024 - 0

Embracer Jual Dev. Borderlands ke Take-Two Interactive

Anda yang cukup mengikuti berita game dengan intens sepertinya tidak…
March 28, 2024 - 0

Shift Up: Rambut Panjang EVE Tahan Pengembangan Stellar Blade Satu Tahun

Sebuah fakta yang tidak bisa dibantah bahwa seperti apa yang…