Intel Core i 4th Generation Haswell untuk Mobile

Author
Bimanto
Reading time:
June 1, 2013

 

Intel 4th generation

Setelah lamanya penantian sejak awal munculnya berita yang tersebar di dunia maya, akhirnya Intel menunjukkan prosesor terbarunya, Intel 4th Generation dengan nama sandi Haswell. Prosesor terbaru ini akan menggantikan prosesor Intel yang telah ada sebelumnya. Beberapa perbaikan telah dilakukan oleh Intel untuk prosesor Haswell dan dapat dikatakan bahwa prosesor Intel 4th Generation ini adalah penyempurnaan dari prosesor 3rd Generation Ivy Bridge. Nantinya prosesor 4th Generation akan mempunyai beberapa pilihan prosesor dan akan mencakup berbagai kelas notebook.

Prosesor Intel prosesor Haswell juga akan hadir untuk leas entry level, tetapi untuk saat ini Intel hanya akan memperkenalkan prosesor dari Core i Series. Kabar baiknya adalah untuk perangkat mobile kelas entry level akan mempunyai prosesor yang jauh lebih bertenaga dari sebelumnya dengan graphics GPU yang lebih kuat sehingga tidak mungkin Anda dapat menjalankan game 3D dengan baik dengan sebuah notebook dengan harga yang bersahabat.

 

irish haswell

Intel prosesor core i 4th Generation Haswell ini menggunakan fabrikasi 22nm sama seperti yang digunakan dengan prosesor Intel dengan inti Ivy Bridge. Intel menjanjikan peningkatan sekitar 20 persen dibandingkan prosesor generasi sebelumnya. Intel juga menjanjikan kenaikan kinerja GPU yang lebih tinggi dibandingkan dengan kinerja yang lalu. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang GPU Intel HD on prosesor, Anda dapat membaca artikel “Intel Perkenalkan Solusi Grafis Terintegrasi Tertinggi Mereka: ‘Iris™’ dan ‘Iris™ Pro’ Graphics”. Lalu, bagaimana dengan arsitektur serta fitur yang diusung oleh prosesor Intel generasi terbaru ini juga dapat Anda baca pada artikel Teknologi Terbaru di Balik Intel Haswell”

 

mobile prosesor haswell series

Untuk kelas mobile, Intel telah menyediakan empat model prosesor yang nantinya bisa Anda dapatkan pada perangkat notebook, ultrabook dan tablet. Keseluruhan dari seri ini dijanjikan oleh Intel akan mempunyai daya lebih rendah tetapi tetap mempunyai kinerja yang tetap tinggi. Beberapa seri prosesor Intel core i akan mempunyai GPU yang cukup diandalkan untuk bermain game 3D dengan baik.

 

haswell baterai rating

 

Dengan adanya perbaikan dan penyempurnaan  konsumsi daya pada prosesor Intel Haswell menjanjikan daya tahan hidup yang lebih lama dibandingkan generasi sebelumnya. Pada gambar diatas, Anda bisa melihat secara langsung perbedaan yang cukup besar, dan juga dapat membandingkan daya tahan hidup sebuah notebook yang menggunakan Intel Core Ivy Bridge dengan yang menggunakan prosesor Intel Core Haswell.

 

PROCESSOR SKU LINEUPS

Pada tabel di bawah ini, Anda dapat melihat lineup prosesor Intel Core  4th Generation mulai dari seri M, H, U, dan Y. Setiap prosesor akan mempunyai beberapa perbedaan, seperti kecepatan, Turbo Boost, Besar Cache, TDP, seri graphics on prosesor dan lain sebagainya. Untuk prosesor Intel kelas U dan Y lebih di peruntukkan untuk perangkat ultrabook dan tablet. Sedangkan prosesor Intel kelas M dan H lebih di peruntukkan untuk perangkat All in one PC dan notebook. Anda masih belum dapat melihat prosesor untuk entry level pada tabel di bawah, tetapi nantinya Intel akan segera merilis prosesor untuk kelas itu.

 

Intel Haswell M series

 

Intel  haswell H series Intel  hasell U series Intel Haswell Y series

 

 

 Platform Pengujian: MSI GT70

DSC00050

 

Seminggu sebelum Intel mengijinkan untuk memperlihatkan kinerja dari prosesor Intel Haswell ini, kami mendapatkan pinjaman sebuah Notebook gaming dari MSI seri GT70. Tanpa banyak menunggu kami langsung mengeluarkan notebook ini dan melakukan beberapa benchmark yang dapat memberikan hasil angka pada CPU, sehingga kami dapat membandingkan hasil benchmark itu dengan hasil yang didapat dari prosesor seri-seri sebelumnya.

Kami tidak akan membahas terlalu jauh dari notebook MSI GT70 karena kami akan menghadirkan review lengkap dari notebook gaming ini secara terpisah dalam waktu dekat.

 

Spesifikasi MSI GT70
ProcessorIntel Core i7 4930MX
Speed 3GHz up to 3.8Ghz Cache 8MB
MemoriDDR3 16GB
Storage3 x mSSD 120GB Super RAID-0 + Hard disk 750GB 7200RPM
GraphicsIntel HD 4600 + NVIDIA GeForce GTX 780M
Layar17.3″ 16:9 resolusi 1920×1080
InterkoneksiWi-Fi 802.11bgn dan Bluetooth V4.0
USB 2.02
USB 3.03
Display Port1
HDMI1
D-sub1
Audio In/out1
EthernetGigabit
WebcamHD 720P
Card readerSD/SDHC/SDXC/XD/MSPRO/MS/MMC
Operation SystemMicrosoft Windows 8 Pro 64bit
Daya Baterai7800mAh
Ukuran (mm)428 x 288 x 55
Berat (kg)3.97

Notebook ini mengusung spesifikasi monster lebih dari yang Anda dapat bayangkan. Di dalam notebook dengan layar 17″ ini telah tertanam prosesor Intel Core i7 4930MX Haswell berkecepatan 3GHz dengan Turbo Boost hingga mencapai kecepatan 3.8GHz. Penamaan MX di belakang seri prosesor ini menandakan bahwa prosesor ini adalah Mobile Extreme yang mempunyai kinerja seperti desktop tetapi pada sebuah perangkat notebook. Untuk menunjang kinerja prosesor, MSI memberikan memory DDR3 sebesar 16GB dan Anda  akan menemukan 3 unit mSSD dengan kapasitas 120GB yang di konfigurasi Super RAID-0 dengan tambahan storage 750GB 7200RPM untuk penyimpanan data.

Kami tidak dapat menghadirkan kinerja dari GPU on prosesor Intel Haswell. Hal tersebut dikarenakan notebook ini menggunakan GPU dari NVIDIA GeForce GTX 780M. Walaupun mempunyai fitur optimus (switching graphics), kami tidak dapat melakukan benchmark GPU Intel karena langsung di ambil alih oleh NVIDIA. Jadi Anda harus cukup puas kali ini untuk melihat seperti apa kinerja dari CPU Intel Haswell tersebut lewat informasi di bawah ini.

 

 

DSC00048

 Cinebench 11.5

Benchmark Cinebench 11.5 bisa menjadi tolak ukur dari kinerja prosesor, karena pada benchmark ini storage, graphics dan memory tidak mempengaruhi angka yang dihasilkan.

cinebench
*Angka yang dihasilkan, semakin tinggi semakin baik

 

Anda dapat melihat bahwa prosesor Intel Core i7 4930MX mempunyai kinerja yang monster untuk kelas mobile. Kinerja yang dihasilkan hampir menyamai prosesor Intel Core i7 4770K Haswell yang dirancang khusus untuk kelas desktop. Di bandingkan dengan prosesor Intel Core i7 3610M Ivy bridge, peningkatan kinerja yang dihasilkan mencapai 1.5 point pada benchmark ini dan bisa dikatakan cukup tinggi. Bisa dikatakan bahwa notebook ini mempunyai tenaga yang menyamai sebuah PC desktop dengan spesifikasi atas.

 

 

Blender

Pada Benchmark blender ini juga angka yang di hasilkan murni CPU, storage, memory dan GPU tidak mempengaruhinya angka yang di hasilkan.

blender
*Angka yang dihasilkan, semakin kecil semakin baik

Setali tiga uang, angka yang dihasilkan juga tidak berbeda jauh dengan benchmark Cinebench. Angka yang dihasilkan oleh prosesor Intel Core i7 4930MX Haswell hanya terpaut sedikit sekali dengan prosesor Intel Core i7 4770K dan lebih unggul sedikit dibandingkan dengan prosesor Intel Core i5 b4670 yang dirancang untuk desktop.

PCMark7

 

pcmark7
*Angka yang dihasilkan, semakin tinggi semakin baik

Angka yang dihasilkan pada benchmark PCMark7 ini sangat terpengaruh dengan storage yang digunakan. Pada notebook ini telah terpasang 3 unit mSSD dengan kapasitas 120GB dan di konfigurasi Super RAID-0 oleh MSI. Hasil yang didapat pada benchmark ini cukup menakjubkan, mengingat angka yang didapat cukup terpaut jauh dengan prosesor Intel core i7 47770K yang juga menggunakan SSD tanpa konfigurasi RAID.

Media Espresso

mse

 

Seperti seri sebelumnya, Intel tetap menanamkan fitur QuickSync yang berguna ketika Anda melakukan transcoding movie. Pada tabel di atas terlihat bahwa proses transcoding sebuah film berukuran 150MB dengan resolusi 1080p dapat dilakukan lebih cepat prosesor Intel 4th generasi Haswell ini dibandingkan prosesor seri sebelumnya. Hal ini memperlihatkan bahwa prosesor Intel Haswell telah disempurnakan dalam melakukan transcoding.

Kesimpulan: Lebih Bertenaga dan Irit Daya

 

Penyempurnaan prosesor Intel dari 3rd Generation Ivy bridge ke prosesor Intel 4th Generation ini menghadirkan kinerja yang lebih tinggi dengan daya lebih rendah dan GPU yang lebih bertenaga dibandingkan sebelumnya. Penyempurnaan power management juga menghasilkan daya tahan hidup yang lebih lama. Sedikit bocoran, dengan spesifikasi tersebut, kami dapat menghidupkan MSI GT70 ini selama 3.5 jam pada pengetesan baterai untuk browsing dan memutar film HD 720p secara terus-menerus. Hal ini cukup mengejutkan kami, mengingat prosesor-prosesor Intel yang mempunyai kinerja tinggi dengan spesifikasi kelas atas tidak mampu bertahan hidup lebih dari 2 jam.

Hasil yang kami suguhkan untuk Anda untuk kelas mobile belum bisa menjadi patokan untuk menunjukkan kinerja dari prosesor Intel haswell, mengingat prosesor yang kami uji adalah prosesor mobile Extreme yang mungkin jarang sekali bisa Anda dapatkan di perangkat mobile. Namun kami tetap akan menunjukkan kepada Anda dalam review kami mendatang untuk notebook yang menggunakan prosesor Intel 4th generation ini serta perbandingannya dengan prosesor lainnya, sehingga Anda mendapatkan gambaran yang jelas mengenai kinerja Intel Haswell yang sesungguhnya.

 

 

 

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…