Overclocking Review: ASUS ROG Rampage IV Black Edition

RIVBE- The BIOS, Part 2 (Fungsi OC)

Berikut ini salah satu bagian dari UEFI BIOS ASUS RIVBE yang disebut dengan nama ‘Extreme Tweaker‘. Pada bagian ini tersimpan semua opsi-opsi overclocking dan tweaking pada ASUS RIVBE. Silahkan disimak:

*klik untuk memperbesar gambar*

RIVBE_BIOS_02s RIVBE_BIOS_04s RIVBE_BIOS_05s RIVBE_BIOS_06s RIVBE_BIOS_07s RIVBE_BIOS_08s RIVBE_BIOS_09s RIVBE_BIOS_10s RIVBE_BIOS_11s RIVBE_BIOS_12s RIVBE_BIOS_13sRIVBE_BIOS_14s RIVBE_BIOS_15s RIVBE_BIOS_16s RIVBE_BIOS_17s RIVBE_BIOS_18s RIVBE_BIOS_19s RIVBE_BIOS_20s RIVBE_BIOS_21s RIVBE_BIOS_22s

Opsi BIOS untuk tuning pada RIVBE teramat lengkap, bahkan kami yakin tidak mungkin membahas semua opsi-nya satu demi satu karena akan memakan waktu yang lama. Secara umum, berikut ini penjelasan fungsi-fungsi tuning yang kami temukan pada BIOS RIVBE:

  • OC Preset untuk setting overclocking dengan mudah, pada keadaan default dengan LN2 Jumper pada mode nonaktif, anda hanya bisa menemukan Air-cooled Gamer OC Profile, Watercooled Gamer OC Profile, dan beberapa profil untuk mencapai BCLK tinggi.
  • Menu voltase yang lengkap, mencakup VCore, VTT (atau dikenal dengan VccIO), VccSA(system agent voltage), DRAM voltage, CPU PLL Voltage,  PCH Voltage, dan beberapa voltage lain.
  • ASUS RIVBE memiliki beberapa setting voltase unik berdasarkan desain mereka sendiri, misalnya saja mereka membagi jalur voltage VTT (VccIO) menjadi 2 bagian untuk setting voltase yang lebih presisi menyesuaikan dengan kebutuhan sistem, dan juga pada RIVBE ada sebuah pilihan bernama PLL Termination Voltage yang dipercaya bisa membantu pencapaian clock CPU atau membantu kestabilan memory controller saat beroperasi.
  • Tweakers Paradise‘ adalah sebuah pilihan tuning spesial pada RIVBE, dimana opsi-opsi yang ditemukan disini berfungsi untuk melakukan fine tuning pada berbagai clock signal yang terdapat pada sistem(seperti PCIE Clock SkewBCLK SkewCPU I/O Skew, PCH DMI Skew, IMC AB Signal 1, dan lain sebagainya). Pengubahan pada bagian ini memungkinkan para overclockers untuk mencari batas clock termaksimal yang bisa didapatkan dari sistem mereka. Namun perlu diketahui, sweet spot untuk setting ini akan berbeda-beda dari sistem ke sistem, dan tidak ada jalan untuk mengetahui sweet spot ini kecuali menguji-nya sendiri.
  • DIGI+ Power Control memberikan berbagai pengaturan pada VRM(Voltage Regulator) sistem, mulai dari Load-line Calibration, Switching Frequency, Over-temperature protection, Current Capability, Power Duty Control, dan lain sebagainya. Anda bisa mengatur pilihan ini untuk menyesuaikan dengan tingkat overclocking anda, dari overclocking ringan hingga ke extreme overclocking.  Opsi Digi+ Power Control diberikan untuk mengatur setidaknya 5(lima) voltage regulator yang ada di motherboard RIVBE, yakni VRM untuk VCore, VCCSA, VTT, DRAM Voltage, dan PCH Voltage.
  • Terdapat lebih dari 10 DRAM Preset untuk men-setting RAM anda. Setting ini dibuat untuk menyesuaikan timing anda dengan tipe IC DRAM yang anda gunakan. Terdapat Setting untuk tipe IC PSC, Samsung, dan Hynix CFR/BFR/MFR. Selain itu banyak opsi tuning tambahan yang diberikan RIVBE untuk mencapai clock tertinggi dari RAM anda, misalnya tuning Transceiver dan Receiver Slew Rate. Ada pula opsi untuk melakukan enhanced DRAM Training untuk ‘memaksa’ RAM anda supaya bisa booting pada frekuensi tertentu.

 

 

Load Comments

Gadget

October 19, 2021 - 0

Tech Uncensored: Smartphone Belum Lengkap Tanpa Smartwatch dan TWS?

Memiliki satu atau lebih smartphone di masa sekarang nampaknya sudah…
October 18, 2021 - 0

Review Infinix Zero X Pro: Smartphone Aneh dan Gokil!

Sedang mencari smartphone di rentang harga Rp 4 jutaan tetapi…
October 8, 2021 - 0

Review vivo X70 Pro: Dingin, Kencang, Kamera Zeiss, Tipis & Ringan

Vivo baru saja meluncurkan vivo X70 Pro, di mana smartphone…
September 21, 2021 - 0

Review Xiaomi Pad 5: Tablet Android Terbaik di 4.9 Juta!

Selain smartphone, pasar tablet kini sudah semakin memanas dengan berbagai…

Laptop

October 22, 2021 - 0

Review OMEN by HP 16-b0064TX: Laptop Gaming HP Kelas Atas yg Paling Murah

Gaming Test Bagaimana performanya jika dipakai untuk bermain game? Ini…
October 21, 2021 - 0

Apa Itu Chromebook? Laptop Unik, Murah, Mudah Digunakan, Feat. Zyrex Chromebook

Kesimpulan Apa yang kurang optimal menggunakan Chromebook? Tentu ada banyak…
October 18, 2021 - 0

Review MSI GE76 Raider (2021): Monster Gaming dengan Spesifikasi Tinggi dan Layar 360 Hz

Storage Test – CrystalDiskMark Read – 7083 MB/s Write –…
October 16, 2021 - 0

Review Acer Swift 3 Infinity 4: Laptop EVO Murah dengan RAM 16GB dan SSD Super Kencang

Storage Test CrystalDiskMark Read – 6854 MB/s Write – 5091…

Gaming

October 22, 2021 - 0

Spesifikasi PC untuk Grand Theft Auto The Trilogy: The Definitive Edition

Abaikan sementara nama super panjang lebar yang entah mengapa, dirasa…
October 22, 2021 - 0

Resident Evil 4 VR Buang Aksi Intip Rok Ashley

Serahkan urusan kepada Capcom dalam upaya untuk membawa salah satu…
October 22, 2021 - 0

Emulator PS3 – RPCS3 Kini Bisa Booting Semua Game Playstation 3

Progress yang diperlihatkan emulator Playstation 3 – RPCS3 selama beberapa…
October 22, 2021 - 0

PUBG: New State Rilis November 2021

Apakah battle-royale masih jadi genre yang terhitung relevan di industri…