Overclocking Review: ASUS ROG Rampage IV Black Edition

RIVBE- The BIOS, Part 2 (Fungsi OC)

Berikut ini salah satu bagian dari UEFI BIOS ASUS RIVBE yang disebut dengan nama ‘Extreme Tweaker‘. Pada bagian ini tersimpan semua opsi-opsi overclocking dan tweaking pada ASUS RIVBE. Silahkan disimak:

*klik untuk memperbesar gambar*

RIVBE_BIOS_02s RIVBE_BIOS_04s RIVBE_BIOS_05s RIVBE_BIOS_06s RIVBE_BIOS_07s RIVBE_BIOS_08s RIVBE_BIOS_09s RIVBE_BIOS_10s RIVBE_BIOS_11s RIVBE_BIOS_12s RIVBE_BIOS_13sRIVBE_BIOS_14s RIVBE_BIOS_15s RIVBE_BIOS_16s RIVBE_BIOS_17s RIVBE_BIOS_18s RIVBE_BIOS_19s RIVBE_BIOS_20s RIVBE_BIOS_21s RIVBE_BIOS_22s

Opsi BIOS untuk tuning pada RIVBE teramat lengkap, bahkan kami yakin tidak mungkin membahas semua opsi-nya satu demi satu karena akan memakan waktu yang lama. Secara umum, berikut ini penjelasan fungsi-fungsi tuning yang kami temukan pada BIOS RIVBE:

  • OC Preset untuk setting overclocking dengan mudah, pada keadaan default dengan LN2 Jumper pada mode nonaktif, anda hanya bisa menemukan Air-cooled Gamer OC Profile, Watercooled Gamer OC Profile, dan beberapa profil untuk mencapai BCLK tinggi.
  • Menu voltase yang lengkap, mencakup VCore, VTT (atau dikenal dengan VccIO), VccSA(system agent voltage), DRAM voltage, CPU PLL Voltage,  PCH Voltage, dan beberapa voltage lain.
  • ASUS RIVBE memiliki beberapa setting voltase unik berdasarkan desain mereka sendiri, misalnya saja mereka membagi jalur voltage VTT (VccIO) menjadi 2 bagian untuk setting voltase yang lebih presisi menyesuaikan dengan kebutuhan sistem, dan juga pada RIVBE ada sebuah pilihan bernama PLL Termination Voltage yang dipercaya bisa membantu pencapaian clock CPU atau membantu kestabilan memory controller saat beroperasi.
  • Tweakers Paradise‘ adalah sebuah pilihan tuning spesial pada RIVBE, dimana opsi-opsi yang ditemukan disini berfungsi untuk melakukan fine tuning pada berbagai clock signal yang terdapat pada sistem(seperti PCIE Clock SkewBCLK SkewCPU I/O Skew, PCH DMI Skew, IMC AB Signal 1, dan lain sebagainya). Pengubahan pada bagian ini memungkinkan para overclockers untuk mencari batas clock termaksimal yang bisa didapatkan dari sistem mereka. Namun perlu diketahui, sweet spot untuk setting ini akan berbeda-beda dari sistem ke sistem, dan tidak ada jalan untuk mengetahui sweet spot ini kecuali menguji-nya sendiri.
  • DIGI+ Power Control memberikan berbagai pengaturan pada VRM(Voltage Regulator) sistem, mulai dari Load-line Calibration, Switching Frequency, Over-temperature protection, Current Capability, Power Duty Control, dan lain sebagainya. Anda bisa mengatur pilihan ini untuk menyesuaikan dengan tingkat overclocking anda, dari overclocking ringan hingga ke extreme overclocking.  Opsi Digi+ Power Control diberikan untuk mengatur setidaknya 5(lima) voltage regulator yang ada di motherboard RIVBE, yakni VRM untuk VCore, VCCSA, VTT, DRAM Voltage, dan PCH Voltage.
  • Terdapat lebih dari 10 DRAM Preset untuk men-setting RAM anda. Setting ini dibuat untuk menyesuaikan timing anda dengan tipe IC DRAM yang anda gunakan. Terdapat Setting untuk tipe IC PSC, Samsung, dan Hynix CFR/BFR/MFR. Selain itu banyak opsi tuning tambahan yang diberikan RIVBE untuk mencapai clock tertinggi dari RAM anda, misalnya tuning Transceiver dan Receiver Slew Rate. Ada pula opsi untuk melakukan enhanced DRAM Training untuk ‘memaksa’ RAM anda supaya bisa booting pada frekuensi tertentu.

 

 

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…