Review Film Captain America: The Winter Soldier – Kaya akan Plot dan Aksi

Reading time:
April 7, 2014
captainamericaposters84758

Setiap tahunnya, Marvel selalu memberikan film superhero yang nantinya memiliki keterkaitan satu dengan yang lainnya. Setelah selesai dengan film The Avengers yang hadir di tahun 2012 lalu, maka kita bisa mengharapkan beberapa film yang akan menjadi bagian dari Marvel Cinematic Universe Phase Two untuk kemudian berlanjut ke film The Avengers: Age of Ultron.

Iron Man dan Thor telah mendapatkan porsi film mereka sendiri. Dan kali ini, giliran Captain America yang dihadirkan kembali untuk menjadi salah satu film yang direncanakan untuk phase kedua ini. Seperti apakah kisah yang dihadirkan untuk menceritakan apa yang dialami oleh Steve Rogers kali ini?

Beradaptasi dengan Perubahan Zaman

captain-america-winter-soldier-trailer-image-24

Selepas dari kejadian di The Avengers, Steve Rogers sang Captain America kini harus hidup membiasakan diri dengan dunia modern abad ke-21. Steve hidup tenang di Washington D.C. dan masih mendedikasikan diri untuk membantu masyarakat dengan menjalankan misi yang diberikan oleh S.H.I.E.L.D. Walau begitu, zaman telah berubah dan ia mulai meragukan dirinya apakah memang ia melakukan hal yang benar untuk bisa menjaga perdamaian dunia yang selalu ia inginkan sejak dahulu.

Di dalam kebimbangan tersebut, ancaman baru pun mulai hadir yang dimulai dengan penyerangan terhadap Nick Fury, pemimpin dari organisasi S.H.I.E.L.D. oleh seorang prajurit yang asing dan memiliki kemampuan tinggi. Tidak hanya mengancam organisasi  S.H.I.E.L.D. semata, ancaman ini juga ternyata berujung mengancam nyawa masyarakat di dunia.

captain-america-winter-soldier-trailer-image-50

Siapa dalang dari seluruh ancaman ini? Dan siapakah sosok sesungguhnya dari prajurit asing, sang Winter Soldier, yang menyerang Nick Fury? Captain America pun harus bekerja sama dengan Agent Natasha Romanoff yang juga dikenal sebagai Black Widow untuk bisa mengungkap siapa musuh mereka sebenarnya, sekaligus menyelamatkan dunia sebelum semuanya terlambat.

Plot Realistis yang Seimbang dengan Porsi Adegan Aksi

Captain-America-The-Winter-Soldier-Chris-Evans-Samuel-L-Jackson

Jika di film Captain America: The First Avenger kita disuguhkan bagaimana asal-muasal Steve Rogers bisa menjadi Captain America, salah satu tokoh ikonik superhero di dunia Marvel bersenjata perisai, maka kali ini kita akan lebih disuguhkan terhadap plot mendalam serta konflik yang terjadi di sekelilingnya.

Menjadi seorang prajurit di dunia modern setelah tertidur lebih dari 70 tahun lamanya membuat Steve Rogers memiliki pemikiran dan konsep berbeda mengenai apa yang perlu dilakukan untuk bisa menyelamatkan masyarakat serta dunia. Hal ini sendiri telah menjadi keraguan serta konflik tersendiri baginya dan ditunjukkan dengan cukup baik sepanjang film berlangsung, terutama dalam hubungannya dengan para peran pendukung film lainnya dan ketika dirinya menjalankan misi dari S.H.I.E.L.D. Tidak hanya memberikan konflik batin dari Captain America, konflik utama yang berporsi berat di aspek politik dari keseluruhan isi film memberikan hal yang cukup nyata dan mungkin dapat terjadi di dalam kehidupan kita sewaktu-waktu.

captain-america-winter-soldier-trailer-image-43

Namun tentu saja, kisah superhero tak lengkap tanpa adegan aksi dan baku hantam yang seru. Seperti biasa, Marvel mengemas adegan baku hantam di film ini dengan cukup baik, dengan memberikan porsi adegan tersebut cukup banyak dan menarik, membuatnya seimbang dengan situasi dan konflik yang terjadi di dalam film. Tidak hanya disuguhkan porsi adegan baku hantam yang dilakukan oleh Captain America, tetapi penonton juga dapat menyaksikan kelihaian para tokoh pendukung dalam melakukan adegan aksi sehingga mampu membuat penonton sedikit menahan nafas dan terpacu adrenalin karenanya. Dan tentunya, visual serta 3D efek yang disuguhkan juga menjadi salah satu daya tarik yang pantas untuk dinikmati dan memanjakan mata sepanjang film berlangsung.

Tapi, mengingat alur yang terdapat Captain America: The Winter Soldier merupakan kelanjutan dari alur film yang terjadi di Captain America: The First Avenger serta The Avengers, bagi mereka yang belum menonton keduanya mungkin akan sedikit kebingungan untuk mengikuti alur plot secara keseluruhan. Namun hal tersebut tidak menjadi masalah yang besar karena kisah yang disajikan cukup jelas dan hampir berdiri sendiri.

captain-america-the-winter-soldier

Alur kisah yang cukup nyata dan bisa kita hubungkan dengan kehidupan modern saat ini, bersanding dengan penjelasan cerita yang mendalam serta plot twist yang cukup tak terduga, ditambah dengan aksi baku hantam seru yang dapat memacu adrenalin membuat film Captain America: The Winter Soldier ini menjadi semakin menarik untuk disimak dan menjadi film superhero yang patut ditonton dalam bulan April ini. Tentu saja, sudah menjadi ciri khas Marvel untuk selalu memberikan hints akan film selanjutnya ketika credits berakhir. Jadi, jangan beranjak keluar dari bioskop terlebih dahulu hingga credits selesai ditayangkan!

Tanggal Rilis: 2 April 2014 (Indonesia)
Genre: Action, Superhero
Durasi: 136 menit
Sutradara: Antony Rosso, Joe Rosso
Pemain: Chris Evans, Scarlett Johansson, Sebastian Stan, Anthony Mackiem, Cobie Smulders, Frank Grillo, Emily VanCamp, Hayley Atwell, Robert Redford, Samuel L. Jackson
Studio: Marvel Studios, Waltz Disney Studios

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…