Hal yang Harus Diperhatikan dalam Memilih Portable Wireless Router

Reading time:
July 21, 2014

Kebutuhan untuk menghubungkan berbagai perangkat yang ada di sekitar kita ke Internet memang terlihat terus meningkat di era saat ini. Berbagai perangkat di sekeliling kita, mulai dari perangkat yang memang biasa untuk dihubungkan ke Internet seperti smartphone, tablet, dan komputer, hingga perangkat yang mungkin tidak terpikir sebelumnya bisa terhubung ke Internet. Untuk Anda yang memiliki mobilitas tinggi, atau di waktu seperti akhir bulan puasa seperti ini, banyak beraktivitas di luar ruangan dan memiliki banyak perangkat yang bisa terhubung ke Internet, Anda pasti akan berpikir untuk membawa perangkat yang bisa membantu menghubungkan perangkat-perangkat lain ke Internet, yaitu portable wireless router.

MiFis

Di pasaran, saat ini banyak sekali portable wireless router yang bisa ditemukan dari berbagai produsen. Anda mungkin akan sedikit kebingungan dalam menentukan pilihan ketika membeli sebuah portable wireless router. Oleh karena itu, kami akan mencoba membantu Anda memilih portable wireless router yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Berikut ini adalah beberapa hal yang perlu Anda perhatikan ketika memilih sebuah portable wireless router!

Jenis Portable Wireless Router

Saat ini, ada banyak sekali portable wireless router yang ada di pasaran dengan cara penggunaannya masing-masing. Ada perangkat all-in-one yang memiliki baterai dan juga slot SIM Card, sehingga bisa beroperasi secara independen tanpa bantuan perangkat lain, ada yang hanya memiliki slot SIM Card dan membutuhkan bantuan perangkat lain untuk digunakan karena tidak memiliki baterai, dan ada pula yang dilengkapi dengan baterai tetapi tidak memiliki slot SIM Card sehingga membutuhkan bantuan modem untuk terhubung ke Internet.

SONY DSC
Salah satu modem++ dari Smartfren yang bisa beroperasi sebagai portable wireless router ketika dihubungkan dengan power bank.

Secara umum, memilih perangkat all-in-one merupakan pilihan yang paling banyak diambil karena praktis. Namun, bukan berarti jenis portable wireless router lain tidak patut dilirik sama sekali. Untuk perangkat tanpa baterai, bila Anda memiliki banyak power bank, Anda bisa menggunakan salah satu power bank yang Anda miliki untuk menjadi pemasok daya bagi portable wireless router tersebut. Sedangkan untuk perangkat tanpa modem, Anda mungkin bisa memanfaatkan USB Modem yang Anda miliki untuk mendukung operasional perangkat tersebut. Satu hal yang perlu diperhatikan untuk jenis terakhir tersebut, pastikan portable wireless router yang digunakan mendukung penggunaan USB Modem yang Anda miliki!

GSM vs CDMA

Sekedar mengingatkan saja, di Indonesia, provider seluler yang ada saat ini masih ada yang menggunakan basis GSM dan CDMA. Jadi, jangan sampai Anda salah memilih portable wireless router yang tidak sesuai dengan provider yang Anda gunakan!

Baterai

Bila pilihan Anda jatuh pada portable wireless router all-in-one, satu hal penting yang harus Anda perhatikan adalah baterai dari perangkat tersebut. Tentunya, Anda tidak ingin portable wireless router yang Anda beli tidak bisa menemani aktivitas Anda di luar ruangan karena kehabisan baterai kan. Umumnya, kapasitas baterai yang lebih besar berbanding lurus dengan waktu penggunaan yang lebih lama. Oleh karena itu, Anda bisa memeriksa kapasitas baterai yang diberikan oleh produsen di situs resmi masing-masing produsen.

Jumper - 05

Selain kapasitas baterai yang lebih besar, hal lain yang harus diperhatikan untuk menghemat baterai dari portable wireless router adalah mengatur penggunaan koneksi Internet untuk tiap-tiap perangkat yang terhubung. Misalnya, Anda sedang tidak membutuhkan koneksi Internet untuk portable game console Anda, Anda bisa memutuskan hubungan wireless network dari perangkat tersebut ke portable wireless router. Hal itu akan membantu menghemat penggunaan baterai portable wireless router.

Locked vs Unlocked

Beberapa portable wireless router yang dijual bersama paket dari provider merupakan perangkat locked. Namun, ada juga yang unlocked.
Beberapa portable wireless router yang dijual bersama paket dari provider merupakan perangkat locked. Namun, ada juga yang unlocked.

Locked dan unlocked di sini mengacu pada apakah portable wireless router yang digunakan hanya bisa menggunakan koneksi Internet dari provider tertentu atau tidak. Umumnya, hal ini hanya berlaku untuk portable wireless router yang memiliki modem terintegrasi (memiliki slot SIM Card).

Portable wireless router yang hanya bisa digunakan untuk Internet dari provider tertentu pastinya menawarkan opsi yang lebih terbatas untuk pengguna. Namun, hal itu bukan berarti portable wireless router jenis ini tidak layak dibeli sama sekali. Bila Anda yakin koneksi dari provider yang bersangkutan memiliki kualitas cukup baik di tempat Anda, Anda bisa saja membelinya. Walaupun begitu, kami tetap lebih menyarankan penggunaan wireless portable router tipe unlocked mengingat masih belum stabilnya sinyal dari berbagai provider yang ada di Indonesia, sehingga mungkin saja Anda harus “mengganti kartu” ketika berpindah dari satu daerah ke daerah lain demi mendapatkan koneksi Internet yang baik.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…