Review ASUS ROG Poseidon GTX 780 Platinum: Kencang dengan Pendingin Ganda

Reading time:
July 17, 2014

Graphics Card

asus rog poseidon gtx 780 platinum card 01

ASUS ROG Poseidon GTX 780 Platinum tampil menawan dengan warna khas seri Republic Of Gamers yang membalut permukaan cover heatsink. Graphics card ini memiliki ukuran bodi sebesar 287 x 137 x 41 mm alias hanya sedikit lebih besar dibandingkan ukuran GeForce GTX 780 reference. Sementara itu penggunaan desain dual-slot cooler memberikan keuntungan pada saat menggunakan konfigurasi multi-GPU dan juga mengurangi jumlah slot ekspansi yang tertutup oleh bodi graphics card.

asus rog poseidon gtx 780 platinum card 03

Graphics card ASUS ROG seri Poseidon menawarkan keistimewaan pada sektor sistem pendingin. Produk GeForce GTX 780 yang satu ini dilengkapi sistem pendingin bernama DirectCU H2o. Sistem pendingin tersebut memiliki keunikan dimana terdapat dua metode pendinginan yaitu dengan media udara dan cairan.

asus rog poseidon gtx 780 platinum cast off 01 asus rog poseidon gtx 780 platinum cast off 02

Sistem pendingin DirectCU H2o terdiri atas sejumlah komponen. Pada lapisan paling bawah terdapat komponen vapor chamber dari bahan tembaga yang bersentuhan langsung dengan chip GPU dan chip memori. Komponen vapor chamber tersebut juga dilengkapi dengan sebuah heatsink ektra untuk mendinginkan komponen VRM graphics card. Sementara itu pada sisi atas komponen vapor chamber terdapat sebuah pipa logam berbentuk huruf “U”, tempat dimana cairan mengalir untuk mendinginkan graphics card.

asus rog poseidon gtx 780 platinum heatpipes

Di sisi atas komponen vapor chamber dapat ditemukan tiga buah heatpipe tembaga berlapis nikel untuk mengalirkan panas menuju area pelepasan panas berupa sirip-sirip heatsink yang terbuat dari bahan alumunium.

asus rog poseidon gtx 780 platinum liquid pipes asus rog poseidon gtx 780 platinum directcu h2o

Mulut pipa tempat cairan pendingin mengalir telah mengggunakan standar G1/4-inch threaded fitting sehingga memudahkan pemilihan komponen pendukungnya. Penggunaan metode pendinginan dengan media cairan diklaim membuat graphics card ini memiliki temperatur kerja 24 °C lebih rendah dibandingkan sistem pendingin GeForce GTX 780 reference.

asus rog poseidon gtx 780 platinum card 02

Untuk melepaskan panas yang telah terkumpul di sirip-sirip heatsink, ASUS menggunakan dua kipas berdiameter @90 mm. ASUS mendesain kipas tersebut dengan bentuk khusus sehingga partikel debu tidak mudah menempel dimana hal tersebut diklaim mampu meningkatkan durabilitas kipas 25% lebih baik dibandingkan kipas konvensional.

Untuk menguji performa sistem pendingin DirectCU H2O milik ASUS ROG Poseidon GTX 780 Platinum, kami menjalankan aplikasi Unigine Heaven dan mendapatkan hasil sebagai berikut. Sayangnya untuk saat ini kami hanya dapat menampilkan hasil pengujian dengan metode air cooling mengingat keterbatasan alat.

ASUS ROG Poseidon GTX 780 Platinum (air cooling)

  • Full-load : 75 °C (fan speed: Auto @60%)
  • Idle : 33 °C (fan speed: Auto @26%)
asus rog poseidon gtx 780 platinum backplate

ASUS melengkapi sisi bawah PCB graphics card mereka dengan pelat alumunium untuk memperkuat PCB sehingga tidak mudah melengkung dan juga melindungi komponen pada permukaan PCB.

asus rog poseidon gtx 780 platinum vrm asus rog poseidon gtx 780 platinum vrm controller

ASUS ROG Poseidon GTX 780 Platinum mengadopsi desain VRM 10-phase power dan dikombinasikan dengan chip PWM tipe digital, DIGI+ VRM. Penggunaan digital PWM menjamin suplai arus lebih akurat pada komponen graphics card sehingga lebih efisien dan meningkatkan kestabilan saat melakukan overclocking. Sementara itu untuk menjamin durabilitas tinggi pada graphics card, ASUS menanamkan sejumlah komponen kualitas tinggi seperti Super Alloy Choke, Super Alloy MOS, Black Metallic Capacitor, dan POSCAPs. Black Metallic Capacitor sendiri diklaim memiliki umur pakai lima kali lipat lebih lama dan daya tahan pada temperatur ekstrim lebih baik dibandingkan solid capacitor pada umumnya.

asus rog poseidon gtx 780 platinum vga hotwire

Pada sisi ekor graphics card dapat ditemukan enam lubang untuk menancapkan kabel yang akan menghubungkan graphics card dengan motherboard ASUS seri ROG. Feature bernama VGA Hotwire tersebut memungkinkan pengguna untuk meningkatkan voltase chip GPU, chip memori, dan PLL graphics card melalui menu UEFI BIOS, OC Panel, OC Key, OSD TweakIt/Monitor, atau TurboV.

asus rog poseidon gtx 780 platinum power connector

ASUS ROG MATRIX GTX 780 Ti Platinum Edition dilengkapi konektor daya PCIe 8-pin + 6-pin dimana konfigurasi tersebut mampu menyuplai daya hingga 300 Watt ke graphics card. ASUS juga melengkapi konektor daya tersebut dengan lampu LED merah dan hijau untuk menandakan apakah konektor daya telah terpasang dengan benar. Tidak hanya itu, seperti sudah menjadi tradisi, konektor daya tersebut diposisikan terbalik untuk memudahkan pengguna dalam membuka kait pada kabel konektor daya dari power supply.

asus rog poseidon gtx 780 platinum sli fingers

Dua buah konektor SLI memungkinkan pengguna untuk mengombinasikan hingga empat buah graphics card serupa, sehingga performa gaming dapat ditingkatkan lebih jauh lagi. Tepat di bawah konektor SLI terdapat logo Republic Of Gamers yang akan memancarkan warna merah saat sistem dinyalakan.

asus rog poseidon gtx 780 platinum display connector

ASUS ROG Poseidon GTX 780 Platinum menyertakan konektor display sebagai berikut:

  • 1x Dual-link DVI-I
  • 1x Dual-link DVI-D
  • 1x HDMI
  • 1x Display Port

Konfigurasi konektor display seperti ini memastikan graphics card tersebut mampu menjalankan konfigurasi multi-monitor NVIDIA 3DVision Surround, G-SYNC (Display Port), serta siap menangani perangkat display dengan resolusi 4K/Ultra HD.

Load Comments

Gadget

June 16, 2021 - 0

Review Tecno Spark 7 Pro: Murah dan Kencang di Harga Rp 1,8 Jutaan

TECNO Mobile, kami sadar kalau dalam beberapa bulan terakhir ini,…
June 9, 2021 - 0

Video Long Term Review Xiaomi Mi 11: Smartphone Xiaomi Terbaik

Awal tahun 2021, Xiaomi akhirnya mengumumkan perangkat Xiaomi Mi 11…
June 5, 2021 - 0

Jawab 30+ Pertanyaan Seputar Poco X3 Pro

Poco telah memperkenalkan Poco X3 Pro di pasar Indonesia sebagai…
June 5, 2021 - 0

Video Review Poco F3: Smartphone PremiumTermurah dan Kencang!

Poco F3 Sudah mulai dijual resmi di Indonesia. Berawal dari…

Laptop

June 14, 2021 - 0

Review HP Envy x360 13-bd0062TU: Laptop 2-in-1 EVO Kelas Premium yang Relatif Terjangkau

Pengujian Performa Terdapat empat preset performa/fan profile pada software HP…
June 10, 2021 - 0

Review Acer Aspire 5 Ryzen 5000: Laptop Kencang yang Mudah Di-Upgrade

Pengujian Performa Terdapat tiga fan profile dapat diubah dengan menekan…
June 9, 2021 - 0

Review HP Pavilion x360 Convertible 14 (dy0061TU): Laptop 2-in-1 Unik, Harga Bersahabat!

Berbekal Intel Core i3 Gen 11th dan layar sentuh plus…
June 3, 2021 - 0

Review Lenovo Ideapad Gaming 3 N1ID: Kencang Buat Gaming dan Edit Video, Cuma Rp 11 Jutaan

Pengujian Performa Terdapat 3 performance profile yang dapat dipilih melalui…

Gaming

June 17, 2021 - 0

JagatPlay: Interview dengan Tom Hegarty & John Ribbins (OlliOlli World)!

Tidak semua gamer mungkin pernah mendengar game yang satu ini,…
June 17, 2021 - 0

Menjajal OlliOlli World: Game Skateboard Imut nan Ekstrim!

Berapa banyak dari Anda yang seringkali melewatkan judul game-game “kecil”…
June 17, 2021 - 0

Nomura Bagi Detail Baru Stranger of Paradise: Final Fantasy Origin

CHAOS! CHAOS! dan CHAOS!, pengumuman yang dijadikan Square Enix sebagai…
June 17, 2021 - 0

Spekulasi Abandoned  Merupakan Game Silent Hill Baru Menguat!

Berapa banyak dari Anda yang masih ingat dengan kasus game…