Hands-On Review Canon PIXMA Ink Efficient E460: Printer Multifungsi dengan Harga Terjangkau

Reading time:
January 24, 2015

Hasil Pengujian

Performa Print

pixma E460 (3)

Pengujian kecepatan cetak dari Canon PIXMA Ink Efficient E460 diuji ketika mencetak monochrome dan mencetak warna dengan menggunakan kertas A4 standar dan kertas A4 glossy untuk cetak foto. Pengukuran waktu kecepatan diambil sejak printer memulai proses hingga printer selesai mencetak.

Pengujian kecepatan mencetak hitam putih (monochrome) dengan mencetak sebuah dokumen Microsoft Word penuh teks. Dalam percobaannya dengan mencetak 10 lembar kertas dengan kualitas “Draft”, Canon PIXMA Ink Efficient E460 memiliki rata-rata waktu cetak dokumen yang cepat, yaitu 8 detik per halaman. Sementara berbeda pada pengujian dengan menggunakan kualitas “High”, Canon PIXMA Ink Efficient E460 memiliki rata-rata kecepatan cetak dokumen 30 detik per halaman. Walau memiliki perbedaan waktu yang sangat signifikan, printer ini tergolong masih cukup cepat dalam mencetak dokumen teks hitam putih.

Sementara untuk pengujian kecepatan mencetak warna (color) dengan menggunakan sebuah dokumen Microsoft Word penuh teks, dalam percobaannya dengan mencetak 10 lembar kertas dengan kualitas “High”, Canon PIXMA Ink Efficient E460 memiliki rata-rata kecepatan cetak dokumen warna 1 menit 30 detik per halaman. Sedangkan ketika menguji mencetak foto berwarna dengan menggunakan kertas Glossy, printer Canon PIXMA Ink Efficient E460 mampu mencetak dengan rata-rata waktu 2 menit per lembarnya.

Performa Copy dan Scan

Pengujian kecepatan Copy dilakukan dengan dua langkah. Langkah pertama dengan menggunakan dokumen hitam putih penuh teks untuk di-copy, dan Canon PIXMA Ink Efficient E460 mampu melakukan proses Copy dengan rata-rata waktu 10 detik per lembar. Sementara langkah kedua dengan menggunakan dokumen warna, di mana Canon PIXMA Ink Efficient E460 mampu melakukan Copy berwarna dengan waktu rata-rata 46 detik per lembarnya. Walau performa Copy berwarna lebih lambat ketimbang Copy hitam putih, tetap terbukti bahwa Canon PIXMA Ink Efficient E460 mampu melakukan proses Copy secara keseluruhan dengan cukup cepat.

Pengujian kecepatan Scan juga dilakukan dengan menggunakan dokumen hitam putih dan dokumen berwarna. Untuk dokumen hitam putih penuh teks, Canon PIXMA Ink Efficient E460 mampu melakukan proses scan dengan rata-rata waktu 12 detik per halaman. Sementara untuk dokumen berwarna, Canon PIXMA Ink Efficient E460 memiliki rata-rata waktu sekitar 11 detik per halaman untuk kualitas 100dpi, rata-rata waktu 17 detik untuk kualitas 300dpi, dan rata-rata waktu 56 detik per halaman.

Kualitas Print, Copy dan Scan

Kualitas Print dan Copy yang dihasilkan oleh Canon PIXMA Ink Efficient E460 ini dalam mencetak atau menduplikasi dokumen hitam putih tergolong baik. Tulisan yang dihasilkan memiliki garis yang keras dan tegas. Tinta juga cepat kering dan tidak menimbulkan adanya kebocoran tinta ketika proses cetak telah selesai. Sementara untuk kualitas cetak warna yang dihasilkan oleh Canon PIXMA Ink Efficient E460, kualitas yang dihasilkan juga cukup baik. Printer mampu mencetak warna dengan cukup halus dan tajam, serta akurasi beragam warna yang dihasilkan juga tergolong baik.

Yang disayangkan dari Canon PIXMA Ink Efficient E460 ini adalah kualitas hasil scan yang kurang mampu memberikan perbedaan yang signifikan seperti pada gambar contoh. Dari tiga hasil scan yang kami hadirkan di bawah ini, Canon PIXMA Ink Efficient E460 nampaknya kurang mampu untuk menghasilkan scan dengan warna yang tajam dan tegas. Walau begitu, kualitas scan yang dimiliki oleh tipe ini juga bisa dibilang tidak mengecewakan.

100dpi
hasil scan kualitas 100dpi
300dpi
hasil scan kualitas 300dpi
600dpi
hasil scan kualitas 600 dpi

Kesimpulan

pixma E460 (2)

Printer jenis All-in-One seperti yang diberikan oleh Canon ini merupakan salah satu printer yang mampu bekerja dengan cepat terutama dalam mencetak dokumen hitam putih. Sehingga karenanya, pengguna tak perlu harus menunggu lama untuk bisa mencetak dokumen dalam jumlah yang banyak. Selain itu, dikarenakan adanya juga fitur Scan serta Copy, pengguna juga bisa langsung menggunakan Canon PIXMA Ink Efficient E460 untuk berbagai jenis pekerjaan sekaligus tanpa harus memiliki perangkat scanner atau photocopy secara terpisah.

Bentuknya yang pas serta beratnya yang cukup ringan membuat Canon PIXMA Ink Efficient E460 juga mampu ditempatkan di ruang terbatas atau dipindahkan jika diperlukan misalnya untuk pekerjaan di luar kantor. Salah satu keunggulan lainnya dari Canon PIXMA Ink Efficient E460 adalah fitur WiFi atau nirkabel yang memungkinkan pengguna untuk melakukan aktivitas printing melalui perangkat mobile atau aplikasi terpisah yang mendukung dan terhubung dengan internet, membuat pengguna mampu melakukan printing bahkan di luar kantor sekalipun.

Hal yang sedikit disayangkan dari Canon PIXMA Ink Efficient E460 adalah kualitas Scan warna yang tergolong masih kurang tajam untuk memberikan warna yang sesuai dengan warna aslinya. Selain itu, butuh waktu lebih lama untuk pengguna ketika ingin melakukan cetak foto atau dokumen warna dengan kualitas High. Untuk proses Copy maupun Print warna pun juga membutuhkan waktu yang tidak sedikit, tetapi hal ini tidak terlalu signifikan karena umumnya proses Copy atau Print berwarna memang membutuhkan waktu yang lebih lama ketimbang hitam putih.

Walau begitu, dengan kecepatan cetak yang cukup baik dan cepat, serta multifungsi dengan fitur WiFi atau nirkabel serta memiliki harga yang relatif terjangkau untuk printer AIO, Canon PIXMA Ink Efficient E460 bisa menjadi salah satu alternatif produk printer AIO, terutama bagi mereka yang ingin menghemat dana tetapi menginginkan sebuah produk printer dengan performa yang baik.

Kelebihan:

  • Hasil cetak hitam putih dan warna yang tajam
  • Tinta cepat kering
  • Kecepatan cetak yang baik
  • Harga relatif terjangkau untuk printer sejenis

Kekurangan:

  • Hasil Scan warna yang kurang tajam
  • Butuh waktu lebih lama untuk melakukan Print, Scan atau Copy berwarna dengan kualitas High
Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Bukan CGI, Dragon’s Dogma 2 Gunakan Video Daging Asli untuk Animasi Memasak

Apalah arti sebuah game petualangan yang tidak mampu memberikan Anda…
March 7, 2024 - 0

Frostpunk 2 Rilis Juli 2024

Membangun kota seindah dan seefektif mungkin, menatanya serapi yang Anda…
March 7, 2024 - 0

The First Berserker: Khazan Pamer Gameplay Baru, Rasa Souls

Sulit untuk membantah bahwa teaser perdananya di The Game Awards…
March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…