Review GeForce GTX 960: VGA NVIDIA Mainstream Kencang dan Irit

Reading time:
January 22, 2015

Kesimpulan

GeForce GTX 960

118a

GeForce GTX 960 merupakan sebuah jawaban dari NVIDIA bagi gamer yang menginginkan graphics card kencang dan bertenaga dengan harga tidak mencekik kantong. Graphics card tersebut dirancang untuk menghadirkan pengalaman bermain game terbaik dimana pengguna dapat menggunakan setting kualitas grafis “rata kanan” di resolusi Full HD dengan frame rate tinggi sehingga tidak mengurangi kenyamanan. Meskipun memiliki spesifikasi yang bisa dibilang tidak semewah dua saudara tertuanya, seperti penggunakan bandwidth memory 128-bit, GeForce GTX 960 mampu membuktikan hal sebaliknya kemampuan terbaiknya sebagai graphics card di kelas sweetspot bagi gamer yaitu $199 atau 2 jutaan rupiah. Sayangnya untuk pengujian kali ini, kami tidak dapat menghadirkan seperti apakah performa standar sebuah GeForce GTX 960. Walaupun begitu, dengan menggunakan MSI GTX 960 Gaming OC kami mencoba merepresentasikan performa produk GeForce GTX 960 yang kebanyakan akan beredar di pasar Indonesia dimana tampaknya versi overclocking akan sangat mendominasi. Pada sejumlah pengujian yang kami lakukan, graphics card tersebut mampu bersaing dengan saudara dari generasi berbeda yaitu GeForce GTX 760 atau bahkan dengan GeForce GTX 770. GeForce GTX 960 juga mampu bersaing dengan sejumlah model graphics card dari AMD yang memiliki spesifikasi lebih tinggi seperti Radeon R9 280 ataupun Radeon R9 285.

Pada beberapa skenario pengujian dapat terlihat bahwa ukuran bandwidth memory GeForce GTX 960 pada 128-bit bukan menjadi penghalang untuk bisa bersaing dengan Radeon R9 280 dengan 384-bit ataupun Radeon R9 285 dengan 256-bit. Performa menawan yang ditujukan oleh GeForce GTX 960 juga dibarengi dengan sangat rendahnya konsumsi daya graphics card mainstream tersebut. Selain membuat tagihan listrik anda lebih irit, hal ini juga memungkinkan Anda untuk cukup menggunakan power supply dengan keluaran daya minimal 450 Watt dimana dapat menekan pengeluaran Anda saat membangun sebuah sistem.

MSI GTX 960 Gaming OC

MSI GTX 960 Gaming OC diciptakan dengan tujuan untuk membuat sebuah GeForce GTX 960 dengan performa lebih kencang, temperatur lebih rendah , tetapi tetap irit daya. Dilengkapi dengan base clock GPU 90 MHz lebih tinggi dari versi reference-nya membuat GeForce GTX 960 seri Gaming tersebut naik ke tingkat yang lebih tinggi lagi. MSI juga melengkapi graphics card tersebut dengan komponen Military Class 4 untuk ketangguhan lebih saat digunakan serta pendingin TwinFrozr V. Sistem pendingin yang dipasangkan MSI dengan GeForce GTX 960 mereka juga cukup unik dimana kipas bisa berhenti berputar jika graphics card tidak mengerjakan pekerjaan berat dan ada di bawah suhu 60 °C sehingga mampu mengurangi tingkat kebisingan di PC Anda.

DSC09536

Ditenagai chip GPU dengan clock speed 8% lebih tinggi di atas nilai standar, MSI GTX 960 Gaming OC siap memainkan sejumlah judul game kelas AAA dengan tingkat frame rate yang nyaman dimainkan. Anda pun masih bisa mengerahkan performa terbaik graphics card tersebut dengan sangat mudah dengan mengaktifkan OC Profile pada aplikasi MSI Gaming App. Dari hasil pengujian yang kami lakukan, sebagian game bisa dimainkan pada tingkat detail tinggi pada 60 fps atau lebih. Akan tetapi pada beberapa game dengan engine grafis kelas berat (seperti Metro Last Light), Anda perlu menyesuaikan setting kualitas grafis untuk mendapatkan frame rate lebih tinggi.

Menariknya, performa MSI GTX 960 Gaming OC dengan OC profile pada MSI Gaming App mampu bersaing dengan sejumlah graphics card yang memiliki spesifikasi lebih tinggi seperti GeForce GTX 760 ataupun Radeon R9 285. Keunggulan tersebut semakin lengkap dengan rendahnya konsumsi daya MSI GTX 960 Gaming OC dibandingkan kompetitor terdekatnya.

DSC09523

Tidak hanya menghadirkan daya tarik dari segi performa gaming dan konsumsi daya, sistem pendingin bawaan MSI Gaming juga tergolong menarik. Selain dari segi estetika yang mencerminkan kesan “garang”, sistem pendingin tersebut juga sangat baik meredam panas dari chip GPU GM206. Pada kondisi full load, suhu chip GPU tersebut hanya berada pada angka 64 °C sementara idle berada pada 27 °C dengan keadaan kipas tidak berputar. Konsumsi daya dan thermal load yang rendah dari produk GeForce GTX 960 tersebut membuat bermain game ringan dengan kipas tidak berputar (fan speed 0%) menjadi sangat mungkin. Kencang, hemat daya, silent – itulah daya magis yang ditawarkan MSI GTX 960 Gaming OC.

Pengujian di 4K?

4k-Ultra-HD1

Kebanyakan skenario pengujian kami ada di resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) tetapi kami yakin bahwa beberapa di antara Anda sekalian yang membaca artikel ini penasaran akan performa GeForce GTX 960 di resolusi 4K (3840 x 2160 piksel). Sayangnya, kami memutuskan untuk tidak menguji resolusi 4K di artikel kali ini. Mengapa? Karena kami merasa untuk graphics card dengan harga 2 jutaan rupiah, kemampuan memainkan game di resolusi 4K tidak terlalu relevan. Perlu anda ketahui, satu graphics card kelas atas dengan spesifikasi mewah dan kapasitas memori melimpah seperti GeForce GTX 980 dan Radeon R9 290X pun masih memiliki banyak limitasi dalam memainkan game di resolusi 4K dan seringkali harus rela bermain dengan frame rate 30 fps atau lebih rendah. Tentu saja alasan berikutnya adalah harga perangkat display 4K itu sendiri.

20150121_204608
Salah satu harga monitor 4K di toko elektronik di Indonesia.
20150121_204608

Saat artikel ini dirilis, harga monitor 4K paling murah yang pernah kami jumpai berada pada sekitar 8 juta rupiah (untuk membuktikan hal tersebut, di tengah sesi review kami sempat ‘refreshing’ sambil mampir ke beberapa toko elektronik yang menjual perangkat display 4K-ready). Harga monitor 4K yang hampir tiga kali lipat graphics card GeForce GTX 960 tentu saja termasuk tinggi dan tentunya kami agak sulit mempertimbangkan sebuah skenario dimana ada pengguna dengan dana kelas menengah akan membeli monitor 4K. Berdasarkan kasus yang sering kami jumpai, penikmat game yang sudah memiliki monitor 4K, biasanya tidak akan menggunakan graphics card dengan harga sekelas GeForce GTX 960 dan akan langsung memilih graphics card high-end atau bahkan menggunakan solusi multi-GPU.

Mungkin, saat kami menemui perangkat display 4K yang sudah lebih ramah di kantong, kami akan mulai menggunakan resolusi 4K untuk pengujian graphics card kelas mainstream, but not right now :). Tentu saja kami juga berharap graphics card kelas mainstream tersebut juga mampu menjalankan game dengan nyaman di resolusi 4K pada setting kualitas grafis terbaik miliknya.

128-bit dengan 2GB, worth it?!

Saat spesifikasi GeForce GTX 960 bocor di dunia maya, banyak pengguna yang langsung “protes” akan spesifikasi tersebut terutama karena graphics card tersebut dinilai tidak pantas menyandang spesifikasi ukuran bandwidth memory sebesar 128-bit dan Video RAM “hanya” 2GB. Akan tetapi banyak yang melupakan bahwa memory GDDR5 yang dipasangkan di GTX 960 memiliki clock speed sangat tinggi dengan nilai efektif 7010 MHz dimana hal ini jarang terlihat pada graphics card kelas menengah ke bawah. Belum lagi NVIDIA menerapkan Delta Color Compression Engine generasi tiga pada chip GPU GM206 yang membuat GeForce GTX 960 mengonsumsi Video RAM 25% lebih rendah dari arsitektur GPU generasi sebelumnya berkat teknologi kompresi warna tersebut. Hal tersebut membuat bandwidth 7 Gbps yang dimiliki Maxwell generasi dua akan memproses data seefisien arsitektur GPU generasi sebelumnya dengan bandwidth 9,3 Gbps. Kecepatan memori sangat tinggi digabungkan dengan metode kompresi ini pastinya membuat limitasi interface memory 128-bit tidak terlalu terasa pada skenario gaming umumnya. Anda sendiri bisa melihat pada berbagai pengujian kami, GeForce GTX 960 dengan interface memory 128-bit bisa bersaing dengan kebanyakan graphics card lain dengan interface memory lebih besar.

Lalu bagaimana dengan Video RAM 2 GB yang diletakkan di graphics card tersebut? Kami setuju bahwa nilai ini mungkin akan terlihat “kurang” di mata beberapa pengguna yang sudah mengeluarkan dana kurang lebih 3 Juta Rupiah. Pada pengujian game kami yang mengkonsumsi video RAM besar (seperti Watch_Dogs), kami tidak menemukan masalah menggunakan texture quality High. Pada saat texture “Ultra” kami gunakan, berbagai macam “stutter” dan “hiccup” mulai terlihat (karena memang penggunaan Texture Quality Ultra disarankan untuk Video RAM 3GB ke atas). Dengan mulai berkembangnya game yang “rakus” video RAM seperti AC Unity, Shadow Of Mordor, dan juga Watch_Dogs, kami mengerti bahwa ini adalah poin yang terlihat mengkhawatirkan. Untungnya, pada sebagian besar pengujian kami terhadap game modern, nilai Video RAM 2GB ini masih mencukupi.

Jadi apakah memory interface 128-bit dan Video RAM 2GB lantas membuat GeForce GTX 960 layak dibeli? Jawabannya akan sangat tergantung dengan kebutuhan Anda! Jika anda menggunakan graphics card ini untuk bermain game dengan resolusi tidak lebih dari 1080p, tidak berencana untuk membeli sebuah monitor 4K, dan bersedia untuk menurunkan sedikit texture quality pada game-game yang “rakus” video RAM, berarti GeForce GTX 960 cocok untuk Anda. Sebaliknya, kalau Anda memiliki monitor 1440p atau 4K dan selalu menginginkan detail “mentok kanan” pada game Anda, GeForce GTX 960 jelas akan memiliki sejumlah limitasi, sama seperti graphics card lain di kelasnya yang memiliki harga serupa.

GeForce GTX 960 VS …

Pada pengujian kami dengan menggunakan resolusi 1080p, pada beberapa game, GeForce GTX 960 mampu menyalip para kompetitornya tetapi juga terkadang memiliki performa kurang lebih sama. GeForce GTX 960 memang tertinggal cukup jauh di Battlefield 3, tetapi di game lainnya, GeForce GTX 960 sendiri memiliki performa sangat baik bahkan pada beberapa game sanggup menempel GeForce GTX 770 maupun Radeon R9 280x. Performa yang tinggi tersebut juga dibarengi dengan konsumsi daya yang rendah yang tidak dimiliki oleh para graphics card di harga yang sama.

00
R9 285

Saat kami menguji dengan platform Intel Z97 disandingkan dengan Core i7 4790K, konsumsi daya yang dibutuhkan saat menjalankan aplikasi Unigine Heaven (yang tergolong menyiksa), GeForce GTX 960 hanya memakan daya sekitar 182 Watt saja! Harga yang ditawarkan juga masih masuk akal, dan GeForce GTX 960 juga sudah mengadopsi fitur serupa seperti ditemukan pada GeForce GTX 980 dan GeForce GTX 970.

Seperti yang kami sampaikan pada tulisan kami diatas, secara teori GeForce GTX 960 ini berpotensi mengalami kesulitan jika bermain pada resolusi 4K atau saat menggunakan teknik anti-aliasing kelas berat. Akan tetapi belum tentu juga pesaing terdekatnya di kisaran harga sama seperti GeForce GTX 760 dan Radeon R9 280 bisa memberikan performa serupa di skenario yang sama. Akhir kata, jika Anda memang berencana untuk bermain 1080p dengan nyaman tanpa takut memikirkan kebisingan serta konsumsi daya yang tinggi, GeForce GTX 960 seperti dari MSI kali ini bisa menjadi pilihan Anda.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 7, 2024 - 0

Persona 3 Reload Dapat “The Answer”, Rilis Berbayar di September 2024

Apa yang berhasil dilakukan oleh ATLUS dan tim Persona dengan…
March 7, 2024 - 0

Capcom Pamer Gameplay Perdana Kunitsu-Gami: Path of the Goddess

Laporan finansial yang memecahkan rekor selama beberapa tahun terakhir memang…
March 6, 2024 - 0

Ghost of Tsushima Resmi Tuju PC, Rilis Mei 2024!

Perlahan tapi pasti, gamer PC terus menikmati perubahan kebijakan “eksklusivitas”…
March 6, 2024 - 0

Makin Optimal, Tuntutan VGA Minimum Alan Wake 2 versi PC Turun!

  Berbeda dengan konsol yang dibangun dengan hanya satu spesifikasi…