3DMark Rilis API Overhead Feature Test: Benchmark DirectX 12 Pertama
Update 3DMark yang terbaru telah tiba! Pada update ke versi 1.5.884 ini, benchmark GPU yang sangat popular tersebut menyertakan sebuah Feature Test baru, yang mereka sebut dengan 3DMark API Overhead Feature Test. Test ini menjadi benchmark independen pertama dunia yang bisa membandingkan API DirectX 11, Mantle, dan DirectX 12. Futuremark pun menyebutkan bahwa ini adalah salah satu aplikasi resmi pertama yang mendapat dukungan DirectX 12 secara penuh.
Apa yang Diuji?
Benchmark ini akan menguji kemampuan sebuah API dalam sistem, dalam menangani ‘draw call’. Draw call sendiri adalah sebuah ‘perintah’ dari CPU ke GPU untuk ‘menggambar’ sesuatu ke layar. Sebuah game bisa saja membuat ribuan draw call ke CPU dalam sebuah frame, dan setiap draw call tersebut bisa menyebabkan limitasi performa pada CPU, maupun API.
Singkatnya, 3DMark API Overhead feature test ini akan mengukur performa API(dan secara tidak langsung, CPU) dengan memberikan sejumlah draw call yang akan meningkat terus Hasil test ini adalah jumlah draw call yang bisa dibuat sampai framerate sistem tersebut turun ke 30 FPS.
Anda bisa menyaksikan video-nya berikut ini:
Download Sekarang!
Anda sudah bisa mendownload versi 3DMark terbaru ini pada: http://www.futuremark.com/benchmarks/3dmark
Perhatikan juga bahwa untuk menjalankan API DirectX 12, anda harus memenuhi beberapa syarat berikut ini:
- The DirectX 12 test requires a PC running an up-to-date version of Windows 10 Technical Preview (Build 10041 or later), 4 GB of system memory, and DirectX feature level 11_0 compatible hardware with at least at least 1 GB of graphics memory.
- The Mantle test requires 4 GB of system memory and AMD hardware that supports the Mantle API.
- The DirectX 11 test requires DirectX feature level 11_0 compatible hardware with at least 1 GB of graphics memory and 4 GB of system memory.
Kami akan mengulas lengkap feature test terbaru ini, jadi tunggu pengujian lengkapnya, hanya di JagatReview!