Tes Perbandingan 9 Graphics Card GTX 960

Reading time:
March 10, 2015

Penilaian Akhir

Perebutan tempat antar sembilan model GeForce GTX 960 dari enam produsen berbeda berlangsung sengit. Menariknya, sejumlah produsen melengkapi GeForce GTX 960 mereka dengan spesifikasi clock sangat tinggi sehingga menempatkan produk mereka di jajaran terdepan dari segi performa. Ya, salah satu titik berat dari pengujian yang kami lakukan ini adalah mencari siapa yang berhak menyandang gelar sebagai penampil performa terbaik. Namun, banyak faktor lain yang juga diperhitungkan di tes ini.

Feat Image

Secara keseluruhan, para kandidat tes perbandingan kali ini mampu menunjukkan kemampuan sesungguhnya GeForce GTX 960. Game keluaran terbaru, seperti Shadow Of Mordor ataupun Assasin Creed: Unity, mampu dijalankan dengan baik, di frame rate tinggi, oleh GTX 960. Menariknya lagi, konsumsi daya dari seluruh card GTX 960 dalam suatu sistem tidak ada yang melebihi 200 Watt. Angka tertinggi yang kami catat saat konsumsi daya adalah 176 Watt saja untuk sistem secara keseluruhan.

Setelah melalui serangkaian pengujian kepada sembilan peserta tes perbandingan GeForce GTX 960, akhirnya kami mendapatkan graphics card yang memiliki performa terbaik, produk terbaik, dan juga produk terbaik dengan harga terbaik. Siapa sajakah mereka? Inilah hasilnya.

tabel 1 Tabel 2 Tabel 3

Best Performer:

Inno 3D GTX 960 Ultra, Gigabyte GTX 960 2x WindForce, Gigabyte GTX 960 G1 Gaming

Best-Performer---Gigabyte-GTX-960-2x-Windforce Best-Performer---Gigabyte-GTX-960-G1-Gaming Best-Performer---Inno-3D-GTX-960-Ultra

Best Performer, penghargaan ini kami berikan khusus kepada graphics card dengan performa terbaik, tanpa memperhatikan faktor lain. Kami mendapati tiga buah graphics card memiliki performa bisa dikatakan mirip. Ketiga graphics card tersebut adalah Inno 3D GTX 960 Ultra, Gigabyte GTX 960 2x Windforce, dan juga Gigabyte GTX 960 G1 Gaming. Bisa dilihat di tabel hasil pengujian, ketiganya konsisten menampilkan performa tinggi di sepanjang pengujian yang kami lakukan. Tidak mengherankan, ketiganya berhak mendapatkan gelar Best Performer.

Best Product:

Inno 3D GTX 960 Ultra

Best-Product---Inno-3D-GTX-960-Ultra

Best Product, penghargaan ini diberikan dengan mempertimbangkan sejumlah faktor yang ada, seperti performa yang didapatkan ditambah dengan penilaian temperatur yang akan menguji kualitas sistem pendingin yang digunakan. Penilaian konsumsi daya juga kami lakukan dengan cara menilai seberapa efisien graphics card dapat bekerja, dan juga penilaian paket penjualan yang akan menilai seberapa baikkah para peserta pengujian ini memanjakan para penggunanya dengan memberikan ekstra perlengkapan atau bonus tambahan. Karena tidak menyertakan variabel harga, penghargaan Best Product ini memang ditujukan sebagai acuan produk terbaik tanpa mempertimbangkan harganya.

Dengan menghitung seluruh faktor tersebut, penghargaan Best Product berhasil disabet oleh Inno 3D GTX 960 Ultra. Memiliki nilai yang bisa dikatakan sangat baik pada performa, suhu, konsumsi daya, serta perlengkapan, Inno 3D GTX 960 Ultra juga memiliki nilai overall yang paling baik. Graphic card ini hanya mencatatkan suhu sebesar 57°C pada saat kondisi full load. Tetapi performa pendinginan yang cukup impresif ini harus mengorbankan sisi ergonomis dari produk ini. Paket penjualan yang ditawarkan juga cukup menarik, Anda akan mendapatkan kelengkapan yang unik, seperti mouse pad, dan juga obeng untuk membuka pendingin graphics card tersebut agar mudah dibersihkan.

Best Value:

Zotac GTX 960 OC

Best-Value---Zotac-GTX-960-OC

Best Value, penghargaan ini tidak kami berikan kepada produk yang hanya menawarkan harga termurah tetapi kami kepada produk yang mampu menawarkan harga terbaik untuk performa yang dihasilkan. Nilai keseluruhan dari setiap produk kami bandingkan dengan harga yang ditawarkan di pasaran. Dan, penghargaan Best Value ternyata mampu disabet oleh ZOTAC GTX 960. ZOTAC berhasil menawarkan produk GeForce GTX 960 dengan harga sangat kompetitif dengan overall package yang menarik dan performa yang cukup mumpuni.

 

Penutup

Pada akhirnya, dengan mempertimbangkan berbagai faktor di atas, kami telah memilih beberapa card sebagai pemenang di ketiga kelas di atas: Best Performance, Best Value, dan Best Product. Satu hal yang perlu kami tekankan, pilihan akhir kami serahkan kepada Anda semua sebagai pembaca. Kami memang memilih beberapa graphics card sebagai peraih penghargaan, tetapi penilaian personal Anda akan menjadi penentu utamanya. Jadi, jangan terlalu terpaku pada penghargaan saja. Amati dan cermati penjelasan kami untuk menentukan pilihan paling pas untuk Anda. We review, you decide!

Load Comments

Gadget

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 7, 2020 - 0

Smartphone Terbaik 2020: Rp 3 – 4 Juta

Kalian sudah menyaksikan daftar smartphone terbaik 2020 versi kami? Setelah…
November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…

Laptop

January 4, 2021 - 0

Review Samsung Galaxy A12: Kamera Keren, RAM dan Storage Besar

Tidak semua smartphone dirancang untuk menjadi smartphone gaming, seperti yang…
December 7, 2020 - 0

Smartphone Terbaik 2020: Rp 3 – 4 Juta

Kalian sudah menyaksikan daftar smartphone terbaik 2020 versi kami? Setelah…
November 28, 2020 - 0

Review Vivo V20 SE: Desain Mewah, Produktivitas Lengkap

Setelah sebelumnya kami melakukan review untuk produk Vivo V20, kini…
November 26, 2020 - 0

Gaming Test Snapdragon 665: Masih Layakkah di 2020?

Snapdragon 665 adalah SoC kelas menengah yang cukup berjaya di…

Gaming

January 19, 2021 - 0

Ninja Theory Pamerkan Setting Realistis Project: Mara

Berusaha menawarkan sebuah produk yang berhubungan dengan masalah dan kesehatan…
January 19, 2021 - 0

Auto-Chess Umumkan Game MOBA

Sebelum Anda yang memahami judul artikel di atas berujung tertawa…
January 19, 2021 - 0

Mod Genshin Impact untuk Devil May Cry 5 Bermunculan

Kolaborasi antara dua franchise raksasa memang bukan lagi sesuatu yang…
January 19, 2021 - 0

Ace Combat 7: Skies Unknown Tembus 2,5 Juta Kopi

Melegakan dan menggembirakan adalah dua reaksi yang tepat saat menemukan…