Tingkatkan Pengguna Internet Perempuan, XL Luncurkan SISTERNET

Author
Irham
Reading time:
April 23, 2015
DSC02984

Masih dalam suasana bertema hari Kartini, hari ini PT. XL Axiata Tbk meluncurkan layanan platform khusus perempuan, “SISTERNET”, dimana platform ini dihadirkan untuk mendukung gerakan sosial dalam memberdayakan para perempuan Indonesia. SISTERNET hadir sebagai layanan yang memfasilitasi kaum perempuan untuk lebih terbuka dalam penggunaan internet sebagai sumber informasi. Dalam konferensi pers kali ini, dihadiri oleh Dian Siswarini (Presdir dan CEO XL), Ainun Chomsun (Penggagas Akademi Berbagi), Dian Pelangi (Desainer Busana), Dr Suryani Sidik Motik (Ketum Himpunan Pengusaha Pribumi Indonesia) dan Menteri Sosial, Kofifah Indar Parawansa.

Dian Siswarini mengatakan bahwa saat ini riset menunjukan bahwa pengguna internet perempuan di Indonesia masih tertinggal jauh dari dominasi pria. Dibandingkan dengan negara ASEAN lain, pengguna internet perempuan di Indonesia relatif lebih rendah sebanyak 30-40%. Pemanfaatan internet sebagai sumber informasi dan edukasi belum optimal digunakan khususnya bagi kalangan perempuan.

DSC02970

Kendala utama rendahnya optimalisasi internet pada perempuan disebabkan oleh dua hal. Yaitu rasa enggan dari kaum perempuan untuk mencoba dan mengeksplorasi terutama soal urusan teknologi. Dan yang kedua adalah minimnya edukasi pada kaum perempuan untuk bisa memanfaatkan layanan internet sebagai sumber informasi. Umummnya pada lingkungan keluarga, para suami atau anak tidak memiliki waktu untuk memberikan arahan dalam penggunaan internet.

Dalam program SISTERNET ini, XL menyapkan layanan website dan aplikasi SISTERNET yang dapat diakses melalui komputer maupun mobile. Disana akan tersedia berbagai informasi seputar perempuan dari berbagai topik mulai dari kecantikan, kesehatan, seputar anak dan rumah tangga, hobi, hingga promo-promo shopping. Tujuannya agar perempuan Indonesia bisa lebih melek internet dan meningkatkan wawasan serta produktivitas dalam pemanfaatan internet.

Platform SISTERNET bisa dikunjungi oleh semua kalangan, baik para pelanggan provider XL maupun bukan. Namun untuk pelanggan XL, SISTERNET dihadirkan dengan privilage tambahan, dimana juga ditawarkan dengan akses gratis tanpa kena biaya kuota. XL akan menggelar Roadshow ke tiga kota besar diantaranya Jakarta, Bandung dan Surabaya,dimana pada program roadshow tersebut XL akan memberikan edukasi langsung pada para pengguna perempuan, khususnya early-adopted, untuk bisa menggunakan layanan platform SISTERNET ini.

DSC02993

“XL terus berupaya meningkatkan jangkauan service kami ke seluruh Indonesia. Saat ini untuk teknologi 3G kami telah menyebar sebanyak 55% di seluruh Indonesia. Kami juga memiiki teknologi baru 4G LTE, yang tahun ini akan tersebar ke lebih banyak kota,” ujar Dian Siswarinni.

Sementara menteri sosial Kofifah Indar Parawansa menambahkan,”Jika SISTERNET masuk pada komunitas perempuan terutama yang awam internet, tentu nantinya akan memberikan banyak perubahaan. Komunitas perempuan akan menjadi lebih produktif, kesejahteraan meningkat karena mereka mampu menyerap informasi lebih banyak melalui internet.” Namun ia juga menyebutkan bahwa kemajuan internet juga memiliki nilai positif dan negatif. Diharapkan SISTERNET mampu memberikan lebih banyak nilai positif bagi perempuan Indonesia.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Kali ini kita kedatangan salah satu “AI PC” dari MSI.…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Laptop murah yang harganya 5 jutaan ini ternyata kuat juga…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Laptop ini cocok banget untuk cari duit terlebih bagi kalangan…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 8, 2024 - 0

Game Fighting Hunter x Hunter Dipastikan 2D!

Gamer mana yang tidak bergembira mendengar bahwa akhirnya, anime /…
March 8, 2024 - 0

Command & Conquer: Generals Kini Tersedia di Steam!

Sepertinya sulit untuk membicarakan game RTS dengan elemen militer kental…
March 8, 2024 - 0

Overwatch 2 Kolaborasi dengan Cowboy Bebop, Hadirkan Trailer Keren!

Kolaborasi antara dua buah franchise yang hadir di media yang…
March 8, 2024 - 0

Kreator Dragon Ball – Akira Toriyama Meninggal Dunia

Hampir semua anak-anak Indonesia yang sempat tumbuh besar di era…