Review Notebook Gaming: Xenom Hercules HC15S

Reading time:
November 11, 2015

The Notebook

Xenom Hercules HC15S Notebook

Xenom Hercules HC15S tampil gagah dalam balutan warna hitam matte pada seluruh permukaan bodi. Xenom Hercules HC15S sendiri memang menggunakan bodi serupa dengan Hercules HC15 terdahulu sehingga membuat penampilan keduanya sangat mirip satu sama lain. Seperti produk notebook gaming dengan komponen kelas high end di dalamnya, ukuran dan bobot memang menjadi sorotan tersendiri tidak terkecuali pada Xenom Hercules HC15S. Dengan bobot hampir mencapai 4,4 kg (notebook dan charger), Xenom Hercules HC15S memang kurang cocok diandalkan sebagai perangkat komputasi mobile harian utama untuk pengguna yang terus berpindah dari satu tempat ke tempat lainnya sepanjang waktu. Akan tetapi jika sistem gaming portable yang Anda inginkan, PC gaming desktop mini-ITX sekalipun akan sulit mengalahkan Xenom Hercules HC15S dalam hal mobilitas.

Xenom Hercules HC15S Top View Xenom Hercules HC15S Rear Left Side

Xenom Hercules HC15S memiliki ukuran bodi sebesar 38,6 x 26,2 cm untuk sisi panjang dan lebar. Sementara itu untuk ketebalan adalah 0,7 untuk sisi paling tipis dan 3,57 untuk sisi paling tebal. Pastikan tas Anda memiliki ruang mencukupi jika ingin “menggendong” notebook gaming ini kemanapun Anda melangkah.

Xenom Hercules HC15S Front Side

Xenom Hercules HC15S dilengkapi layar LCD LED berukuran 15,6 inci dengan permukaan matte alias tidak mengilap sehingga tidak memantulkan keadaan lingkungan sekitar. Penggunaan bahan tersebut tentu saja akan menambah kenyamanan pemakaian bagi penggunanya. Tipe panel yang digunakan adalah IPS (In-plane Switching) dimana panel tersebut sanggup menghasilkan reproduksi warna dan juga sudut penglihatan lebih baik dibandingkan menggunakan panel tipe TN (Twisted Nematic). Resolusi gambar maksimal adalah Full HD alias 1920 x 1080 piksel dengan tingkat refresh rate 60 Hz.

Xenom Hercules HC15S Left Side

Melangkah pada sektor konektivitas, pada sisi kiri Xenom Hercules HC15S dapat ditemukan satu port RJ-45 (Ethernet/LAN), dua port USB 3.0, satu combo port USB 3.1/Thundebolt 3 dengan tipe konektor Type-C, memory card reader dengan dukungan MMC/RSMMC beserta SD/mini SD/SDHC/SDXC (up to UHS-ll), dan satu combo port USB 3.0/eSATA.

Xenom Hercules HC15S Right Side

Sementara itu pada sisi kanan dapat ditemukan satu port USB 3.0,  S/PDIF jackheadphone jack, microphone jack, dan line-in jack. Empat konektor audio tersebut juga memungkinkan Xenom Hercules HC15S untuk menggunakan tata suara 8-channel/7.1-channel.

Xenom Hercules HC15S Rear Side Connectors

Sedangkan pada sisi belakang dapat ditemukan satu konektor HDMI, dua konektor Display Port, dan satu port DC-IN untuk menancapkan komponen power adapter (notebook charger). Tiga konektor display tentu saja membuat Xenom Hercules HC15S dapat menggunakan fitur NVIDIA 3DVision Surround dengan menggunakan hingga empat perangkat display (tiga monitor eksternal dan satu monitor notebook). Hadirnya konektor Display Port juga memungkinkan penggunaan perangkat display dengan resolusi 4K (3840 x 2160 piksel) dan menjalankan fitur NVIDIA G-Sync.

[toggles class=”yourcustomclass”]
[toggle title=”Air Ventilation” class=”in”]Xenom Hercules HC15S Rear Side Vent 01[/toggle]
[toggle title=”Air Ventilation”]Xenom Hercules HC15S Rear Side Vent 02[/toggle]
[/toggles]

Pada sisi belakang juga dapat ditemukan dua ventilasi tempat udara panas dari dalam notebook/laptop di buang keluar. Menariknya, penempatan ventilas udara keluar pada sisi belakang membuat tangan pengguna, baik kidal atau normal, tidak terpapar udara panas pada saat menggunakan perangkat mouse.

Xenom Hercules HC15S Keyboard & Touchpad

Xenom Hercules HC15S dilengkapi perangkat keyboard lengkap dengan tombol numpad (numeric keypad). Tombol ASDW dimana sering digunakan pada game diberi tanda khusus sehingga dapat dengan mudah dibedakan dengan tombol lainnya. Komponen touchpad dilengkapi dua tombol klik kiri dan kanan yang terasa “empuk” dan nyaman saat ditekan. Xenom menempatkan komponen touchpad sejajar dengan tombol spacebar dimana hal ini akan menambah kenyamanan saat mengetik.

Xenom Hercules HC15S Lamps

Keyboard Xenom Hercules HC15S dilengkapi backlit lampu LED sehingga tidak hanya membuat penampilan semakin “keren” tetapi juga memudahkan penggunaan keyboard pada kondisi gelap atau kurang cahaya.

Xenom Hercules HC15S Buttons & Speakers

Tepat pada sisi atas keyboard ditempatkan sejumlah tombol operasional notebook/laptop dan juga lampu indikator. Sementara itu tepat pada sisi atas deretan tombol dan lampu indikator tersebut ditempatkan dua buah speaker dengan nilai RMS masing-masing sebesar 2 Watt pada konfigurasi stereo.

Xenom Hercules HC15S Indicator Lamps

Komponen lampu indikator lainnya dapat ditemukan pada sisi depan notebook/laptop.

Xenom Hercules HC15S Bottom View

Pada sisi bawah dapat ditemukan banyak sekali lubang ventilas tempat udara segar masuk ke dalam notebook/laptop.

Xenom Hercules HC15S Internal Components

Akhirnya tibalah saatnya untuk melihat “jeroan” di dalam Xenom Hercules HC15S. Terlihat pada gambar komponen prosesor dan graphics card memiliki sistem pendingin terpisah untuk menjamin performa pendinginan semaksimal mungkin.

Xenom Hercules HC15S CPU with Cooler Xenom Hercules HC15S CPU Cooler

Pada sisi sebelah kiri dari gambar merupakan sistem pendingin untuk komponen prosesor Core i7 6700K. Tiga buah heatpipe tembaga dalam balutan warna hitam bertugas mengalirkan panas dari prosesor menuju sirip-sirip heatsink. Sebuah kipas tipe blower akan membuang panas yang terkumpul pada sirip-sirip heatsink ke udara bebas melalui sisi belakang notebook/laptop.

Xenom Hercules HC15S GPU with Cooler Xenom Hercules HC15S GPU Cooler

Sementara itu pada sisi sebelah kanan dari gambar merupakan sistem pendingin untuk komponen graphics card GeForce GTX 980M. Tiga buah heatpipe tembaga dalam balutan warna hitam bertugas mengalirkan panas dari graphics card menuju sirip-sirip heatsink. Sebuah kipas tipe blower akan membuang panas yang terkumpul pada sirip-sirip heatsink ke udara bebas melalui sisi belakang notebook/laptop.

Xenom Hercules HC15S Heatpipes

Secara total, sistem pendingin Xenom Hercules HC15S dilengkapi tujuh buah heatpipe. Terlihat dua buah heatpipe menghubungkan baseplate prosesor dan graphics card. Dua buah heatpipe tersebut tampaknya digunakan untuk menyeimbangkan beban kerja. Sistem pendingin dengan beban kerja lebih ringan akan membantu proses pendinginan sistem pendingin dengan beban kerja lebih berat.

Xenom Hercules HC15S Storage Xenom Hercules HC15S M2 Slot

Xenom Hercules HC15S menyediakan empat konektivitas untuk perangkat storage dimana dua merupakan slot M.2 2280 (PCIe 3.0 x4) dan dua konektor SATA III 6Gbps. Dua slot M.2 dapat digunakan untuk memasang perangkat SSD (Solid State Drive) dan dapat dikonfigurasi pada mode RAID 0/1. Sementara itu dua konektor SATA dapat digunakan untuk perangkat storage 2,5 inci baik HDD maupun SSD. Tentu saja dengan melimpahnya konektivitas perangkat storage tersebut membuat pengguna dapat dengan bebas menentukan kombinasi perangkat storage apa yang akan digunakan. Pihak distributor sendiri menawarkan perangkat SSD M.2 dengan pilihan kapasitas hingga 512 GB sementara untuk perangkat HDD/SSD 2,5 inci tersedia hingga kapasitas 1 TB.

Xenom Hercules HC15S Power Adapter

 

Unit pengujian Xenom Hercules HC15S kami dikirimkan beserta perangkat power adapter dengan kemampuan menyuplai daya hingga 230 Watt.

Load Comments

Gadget

March 5, 2024 - 0

Review vivo V30: Lebih Murah, Lebih Kencang dan Irit dengan Snapdragon + 3 Kamera 50 MP

vivo V30 , smartphone ini juga dibawa vivo hadir resmi…
March 5, 2024 - 0

Review realme 12 Pro+ 5G: Smartphone Berkamera Tele Periscope Paling Murah!

Kalau kalian mencari smartphone mid range dengan kamera telephoto terbaik…
January 26, 2024 - 0

Review vivo Y100 5G: Desain Premium, AMOLED 120 Hz, 5G, Snapdragon BARU!

vivo Y100 5G, ini adalah smartphone terbaru dari jajaran vivo…
December 30, 2023 - 0

Review CMF Watch Pro: Smartwatch dengan Layar 1,96 Inci AMOLED dan Desain Unik

CMF Watch Pro dibanderol dengan harga Rp1.149.000. Dengan harga tersebut…

Laptop

March 7, 2024 - 0

Review MSI Prestige 13 AI EVO A1M: Laptop AI PC Super Tipis, Ringan, Kencang & Irit!

Bodi MSI Prestige 13 AI EVO A1M Form Factor Clamshell…
March 6, 2024 - 0

Review Axioo Hype 5 AMD: Laptop 5 Jutaan Sekencang & Selengkap Ini?

Bodi Form Factor Clamshell Material Polycarbonate Warna Blue Terlihat kalau…
March 5, 2024 - 0

Review ASUS Vivobook Pro 16X OLED K6604: Laptopnya Kreator Profesional!

Bodi dan Desain Form Factor Clamshell Material Aluminium untuk punggung…
February 6, 2024 - 0

Rekomendasi Laptop Premium dari HP – Mulai 10 Jutaan

Di Video rekomendasi kali ini, kami coba pilihkan untuk kalian…

Gaming

March 13, 2024 - 0

“THICC” Versi Beda, Modder Jadikan Tifa dan Aerith Berotot di FF VII Remake PC

Berapa banyak dari Anda yang sempat menikmati anime Dorohedoro? Bahwa…
March 13, 2024 - 0

Laku Keras, Stock Versi Fisik Unicorn Overlord Ludes di Jepang

Serahkan kepada Vanillaware untuk meracik video game dengan pendekatan yang…
March 13, 2024 - 0

Review Final Fantasy VII Rebirth: Makin Cinta, Makin Ribet!

Ketika Square Enix mengumumkan untuk pertama kalinya - proyek Final…
March 13, 2024 - 0

Dianggap Mahal dan Rakus, Expansion Persona 3 Reload di Steam Diserang Review Negatif

Pertanyaannya memang tidak pernah berkisar soal akan atau tidak, tetapi…